November 7, 2022

Penyebab Blog di Blogspot Sudah Tidak Populer Lagi

November 7, 2022

Penyebab Blog di Blogspot Sudah Tidak Populer Lagi

Blog, blogging, ngeblog, atau jadi blogger di Blogspot atau platform blog Blogger sudah tidak populer lagi. Setidaknya, tidak sepopuler lima tahun ke belakang. Yang CB rasakan, blog di Blogspot masih populer di tahun 2015-2020. Setelahnya, tenggelam.

Menurunnya popularitas blog di Blogger bisa dilihat dari menurunnya "produksi" template blog. CB juga merasakan penurunan drastis pada orderan di Galeri Template. Dulu hampir tiap hari ada yang beli. Kini seminggu sekali pun tidak!

CB cek juga situs-situs penyedia tema Blogger. Hanya satu-dua yang masih aktif. Para desainer tema Blogger pun pasti merasakan penurunan populeritas blog di Blogspot.

Apa penyebabnya? 

    Penyebab Popularitas Blog di Blogspot Menurun

    Penyebab utama ngeblog di Blogger tidak sepopuler masa jayanya adalah content marketing yang dilakukan situs-situs berita dengan mengambil-alih niche atau topik-topik yang biasa ditulis para blogger.

    Situs-situs berita kini rajin "ngeblog" dengan membuat konten tulisan yang dulu biasa dibuat para blogger, mulai dari cara membuat blog, SEO, hingga topik-topik "ringan" seperti arti kata gaul di medsos dan lirik lagu.

    Jelas, website pribadi alias blog para blogger tersisihkan di Google! Bahkan "niat puasa" atau "niat sholat sunat" pun marak dibuat wartawan media online.

    Penyebab lainnya blog di Blogspot tidak populer lagi adalah media sosial. Para blogger beralih aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan kini TikTok.

    Popularitas metablogging juga otomatis menurun. Trafik mereka terjun bebas, seperti dialami CB juga. Metablog atau metablogging adalah istilah yang merujuk pada blogger yang memilih niche blognya tentang blogging, mulai cara membuat blog, cara memasang template, dll.

    Obrolan tentang Blogging di Quora

    Di forum online Quora ada ulasan tantang Apakah Blogger/Blogspot Sudah Tidak Trendy Lagi. Jawabannya adalah benar sekali. Ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan para blogger.

    Salah satu jawaban menyebutkan, platform Blogger sekarang sudah tidak sepopuler dulu lagi. Harus diakui, Content Management System (CMS) dan kustomisasinya memang cukup buruk.

    Blogspot juga tidak termasuk dalam 100 situs teratas yang paling sering diakses secara global. Rankingnya  kalah sama WordPress dan Medium.

    "Salahnya Google juga sih jarang sekali melakukan pembaruan yang bagus. Aplikasi pendukungnya aja di-takedown satu per satu," tulisnya.

    "Namun uniknya, grafik situsnya mengalami kenaikan. Itu tandanya banyak blogger pemula yang memilihnya sebagai media untuk membuat blog pribadi dan menulis daring saat ini."

    Ada juga yang menjawab kKalau dibilang tidak hit, tidak juga. Blog-blog dengan topik tertentu masih banyak peminatnya. Contohnya blog cari uang di internet dan blog download software. 

    "Yang sekarang setahu saya, mereka sudah memiliki domain sendiri dan mengubah tampilannya mirip situs besar," tulisnya.

    "Jadi, tergantung blognya apa dulu nih. Kalau blog yang tidak pernah di-update, jelas akan sepi pengunjung."

    Blogger Masih Releven

    Ngeblog di Blogspot yang sepenuhnya gratis masih relevan, jika sekadar menyalurkan hobi menulis, mendokumentasikan pengalaman, atau menjadikannya sebagai landing page produk/jasa yang bisa diakses melalui media sosial atau marketplace.

    Namun, jika bloggingnya dimaksudnya mencari uang (bisnis online), sebaiknya menggunakan blog selfhosted WordPress yang lebih kompetitif bahkan bisa bersaing dengan situs-situs besar jika SEO-nya dioptimalkan.

    Jadi, jika tujuannya untuk bisnis atau konten-konten yang cukup berat atau serius, memang sedikit sekali penggunaannya. Hal ini karena kustomisasi dari Blogger sendiri cukup susah. Sedangkan untuk konten-konten tersebut tentunya butuh kustomisasi yang lebih agar bisa menghasilkan hal yang bagus.*

    Previous
    « Prev Post
    Author Image

    CB Blogger

    Recommended Posts

    Related Posts

    Show comments
    Hide comments

    No comments on Penyebab Blog di Blogspot Sudah Tidak Populer Lagi

    Post a Comment

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *