Pengertian Blog untuk Online Marketing Bisnis dan Lembaga


BLOG adalah website pribadi yang biasa dibuat di platform blog seperti Blogger dan WordPress. 


Namun, dalam konteks bisnis, blog adalah halaman khusus atau kategori posting untuk publikasi berita dan artikel sebagai pemasaran konten (content marketing).


Contoh:

Di website bisnis atau lembaga, biasanya ada menu BLOG yang berisi artikel dengan tema umum, bukan berisi produk atau layanan.


Dalam artikel-artikel tentang online marketing atau digital marketing berbahasa Inggris, kita akan sering menemukan istilah "blog posts" atau postingan blog. Maksudnya adalah tulisan kategori non-produk atau non-jasa.


Namun, ada banyak juga yang menyebutkan blog dalam internet marketing dalam arti blogging pada umumnya --membuat dan mengelola blog di platform gratis seperti Blogger dan WordPress.


Contoh, artikel tentang online marketing di Forbes menyebutkan poin #8. Blogging.


Disebutkan di sana, blogging adalah salah satu bentuk pemasaran online terbaik. Ini gratis dan memberi Anda platform untuk membangun audiens dalam jumlah besar selama Anda tidak menyerah. 


Meskipun memulai sebuah blog relatif mudah, sebenarnya menindaklanjuti dan mengembangkan blog itu benar-benar membuat frustrasi dan tampaknya tidak mungkin.


Namun, beberapa blog berpenghasilan tertinggi di dunia menghasilkan kotor jutaan dolar per bulan dengan autopilot. Ini adalah sumber penghasilan pasif yang bagus dan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar darinya. 


Anda tidak perlu jutaan pengunjung per bulan untuk mendapatkan uang, tetapi Anda perlu terhubung dengan audiens Anda dan memiliki kejelasan dalam suara Anda.


Blogging atau posting blog dalam online marketing juga bermakna content marketing. Tulisan di Vital mengistilahkannya dengan "Content Marketing (Blogging & Article Writing)" sebagai salah satu strategi digital marketing.


Laman Hubspot bahkan menyebutkan "Publish a blog" sebagai dasar-dasar marketing (Marketing Basics) nomor satu. 


Inbout Rocket menyebutkan strategi pemasaran konten termudah adalah membuat blog. "Memulai blog adalah salah satu cara termudah untuk berbagi ide dan keahlian Anda dengan dunia," tulisnya.


Dari uraian di atas, jelas, kalangan humas atau public relations dan bagian pemasaran sebuah bisnis atau lembaga dituntut mahir ngeblog. Blogging adalah bagian dari kegiatan pemasaran dan kehumasan.


Content marketing menjadi hal wajib di era digital saat orang-orang mengandalkan internet atau Google untuk mencari informasi apa pun.


Itu dia Pengertian Blog untuk Online Marketing Bisnis dan Lembaga atau dalam konteks kehumasan dan marketing. 


Siap membuat blog khusus marketing dan kehumasan? Anda bisa membuat blog di Blogger dan gunakan template blog SEO friendly untuk kesuksesan blogging Anda. 


Good Luck!


Post a Comment