October 28, 2023

Cara Cas Baterai HP yang Benar Jangan Sampai 100%

October 28, 2023

Cara Cas Baterai HP yang Benar

Hayo, siapa yang suka cas (charge) atau mengisi daya baterai HP hingga 100%? CB juga! Haha. Ternyata, menurut para ahli, cara cas baterai yang benar jangan sampai 100% atau full.

Menurut Android Authority, akhiri pengisian daya baterai pada 80-90 persen. Ini akan lebih baik daripada mengisi penuh 100%. 

Selain itu, pengguna HP juga diminta untuk menghindari pengisian baterai penuh yakni dari nol hingga 100%, termasuk mengecas semalaman.

Apa bahaya cas HP sampai 100?

Alasan tidak boleh cas HP sampai 100 persen: tegangan listrik pada baterai akan secara bertahap meningkat hingga daya penuh 100 persen. 

Tegangan listrik yang tinggi dapat membebani baterai dan bisa sedikit mempercepat penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Apakah boleh Cas HP saat 70 persen?

Ini penting diingat. Jangan cas HP saat daya baterainya masih di atas 50%. Dikutip dari Cleverly, saat baterai HP di-charge ketika kapasitasnya masih banyak, misalnya 70 persen, justru akan memperpendek ketahanannya dalam jangka panjang. 

Untuk menghindari kesalahan saat charge HP, sebaiknya isi ulang baterai ketika sudah tinggal 20 persen ke bawah. Tapi jangan juga sampai 1% kecuali memang kepepet alias darurat. Sebaiknya, saat baterai HP 5%, matikan saja HP-nya dan segera cas saat menemukan sumber listrik.

Menurut techadvisor.com, sebaiknya pengguna mengecas baterai ponsel saat sudah di bawah 50 persen. Artinya, pengguna boleh mengisi daya saat baterai HP 40 persen. Pengguna juga harus menjaga baterai agar tetap terisi antara 30 hingga 90 persen, terutama untuk baterai jenis lithium-ion.

Selain jangan menunggu sampai baterai habis total, begitu pula saat Anda melakukan charge. Cara terbaik menjaga baterai lithium-ion atau lithium-polimer pada smartphone bertahan hingga lama adalah mencabut charger sebelum baterai Anda benar-benar penuh dan menjaga baterai di sekitar angka 40-80%.

Kenapa tidak boleh main HP sambil ngecas?

Tak kalah pentingnya, saat baterai HP dicas, jangan digunakan! Sebabnya, menggunakan ponsel saat dicas dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. 

Jika terlalu sering dilakukan, kinerja baterai HP akan menurun lebih cepat dan smartphone menjadi lebih lama untuk mengisi daya hingga penuh.

Itu dia Cara Cas Baterai HP yang Benar Jangan Sampai 100%. Setuju? Googling aja dengan kata kunci cas baterai hp. Biar yakin :)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Cas Baterai HP yang Benar Jangan Sampai 100%

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *