February 4, 2024

9 Cara Monetisasi TikTok, Menghasilkan Uang dari TikTok

February 4, 2024

Cara Monetisasi TikTok, Menghasilkan Uang dari TikTok

Media sosial TikTok, sebagaimana medsos lainnya, bisa menghasilkan uang. Selain media berbagi dan hiburan, media sosial telah menjadi andalan banyak orang untuk mendapatkan cuan. Jadi, bermain medsos juga bisa sambil bisnis.

TikTok banyak mengeluarkan kebijakan tentang metode monetisasi. Dengan mengikutinya, maka kreator atau pengguna TikTok akan mendapatkan penghasilan dari platform media sosial terpopuler tersebut. 

Berikut ini Cara Monetisasi TikTok, Menghasilkan Uang dari TikTok. Di profil, klik tiga garis di pojok kanan atas. Pilih creator tools/alat kreator. Scroll ke bagian monetisasi. Di bagian Monetisasi, ada pilihan mulai Creator Marketplace hingga Gaming Interactive Program.

9 Cara Monetisasi TikTok

Ada beberapa cara untuk memonetisasi konten Anda di TikTok:

1. Program Kreatif (TikTok Creative Program)

TikTok menawarkan program yang memungkinkan para kreatornya untuk mendapatkan kompensasi atas konten kreatif mereka. Program ini biasanya tersedia bagi kreator yang memiliki jumlah pengikut tertentu dan konten yang relevan.

2. Kemitraan dengan Merek

Merek sering kali mencari kreator TikTok untuk bermitra dalam kampanye pemasaran. Anda dapat menjalin kemitraan dengan merek yang relevan dengan audiens Anda dan membuat konten yang disesuaikan dengan tujuan kampanye mereka.

Creator Marketplace ini merupakan fitur bagi konten kreator untuk dapat mempromosikan diri mereka supaya bisa berpeluang mendapatkan endorse dari perusahaan untuk produk mereka. Salah satu syaratnya adalah akun Tiktok harus sudah diubah menjadi akun konten kreator atau bisnis dan memiliki Followers minimal 1000.

3. Live Gifting Siaran Langsung

Anda dapat memonetisasi konten dengan melakukan siaran langsung (live streaming) dan mengaktifkan fitur "Live Gifting". Dalam fitur ini, penggemar dapat memberikan hadiah virtual kepada Anda selama siaran langsung, yang kemudian dapat ditukar dengan uang nyata.

4. Live Subscription 

Live Subscription memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan dari orang-orang yang ingin berlangganan live darinya. Untuk memonetisasi akun TikTok melalui fitur tersebut, berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi.
  • Memiliki akses untuk melakukan live. 
  • Telah melakukan live paling tidak 30 menit pada 28 hari terakhir. Memiliki paling tidak 1.000 followers.

5. Melalui Video Gifts 

Jika mengaktifkan fitur ini, kreator TikTok akan mendapatkan penghasilan dari gift yang diberi orang lain atas video yang diunggah. 

Syarat monetisasi untuk video gifts adalah sebagai berikut:
  • Memiliki paling tidak 10.000 followers. 
  • Memiliki akun aktif paling tidak 30 hari terakhir. 
  • Minimal berusia 18 tahun. 
  • Bukan akun pemerintahan, politikus, atau partai politik. 
  • Video tidak melanggar standar komunitas.

6. Tautan Afiliasi

Anda dapat menggunakan tautan (link) afiliasi di deskripsi video Anda untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Jika pengikut Anda membeli produk melalui tautan afiliasi Anda, Anda dapat menerima komisi dari penjualan tersebut.

Program afiliasi adalah program untuk kreator TikTok yang ingin memasarkan produk yang dijual oleh pihak lain. Setiap pembelian produk yang dipromosikan, kreator tersebut akan mendapatkan komisi. 

Adapun syarat untuk mengikuti program tersebut adalah sebagai berikut: 
  • Berusia minimal 18 tahun. 
  • Memiliki KTP atau paspor. 
  • Memiliki akun TikTok yang aktif. 
  • Memiliki rekening bank.

7. Promosi Musik dan Produk Digital

Jika Anda seorang musisi atau pembuat konten digital lainnya, Anda dapat menggunakan TikTok untuk mempromosikan musik atau produk digital Anda. Ini bisa termasuk penjualan musik, merchandise, atau bahkan akses ke konten eksklusif.

Melalui Work With Artists, kreator dapat bekerja sama dengan seniman untuk mempromosikan lagunya. Dalam hal ini, kreator harus membuat video dengan lagu tersebut.

Semakin banyak video ditonton, dibagikan, atau disukai, maka akan semakin banyak pendapatan yang didapatkan sang kreator. Syarat untuk mengikuti salah satu metode monetisasi tersebut adalah sebagai berikut. 
  • Memiliki paling tidak 1.000 followers. 
  • Berusia minimal 18 tahun. 
  • Melewati verifikasi anti-cheating dari TikTok.

8. Donasi

TikTok memiliki fitur "Gift Points" yang memungkinkan penggemar untuk memberikan hadiah virtual kepada kreator mereka. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menerima donasi dari penggemar yang menghargai konten Anda.

9. Penjualan Langsung, TikTok Shop

Anda juga dapat menggunakan TikTok untuk menjual produk fisik langsung kepada pengikut Anda. Ini bisa berupa barang-barang seperti merchandise, seni, atau produk kreatif lainnya melalui TikTok Shop. 

Jika mendaftar sebagai seller, maka kreator juga akan mendapat penghasilan saat menjual produk di TikTok. Namun, untuk mengikuti metode monetisasi tersebut, terdapat beberapa syarat berikut ini yang harus dipenuhi:
  • Berusia minimal 18 tahun. 
  • Memiliki KTP atau paspor. 
  • Memiliki akun TikTok yang aktif. 
  • Melampirkan NIB (khusus untuk perusahaan). 
  • Tidak menjual produk yang melanggar ketentuan.
Penting untuk dicatat bahwa strategi monetisasi yang efektif dapat bervariasi tergantung pada audiens dan konten Anda. Juga, selalu penting untuk mematuhi pedoman dan kebijakan monetisasi yang ditetapkan oleh TikTok. (Sumber)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on 9 Cara Monetisasi TikTok, Menghasilkan Uang dari TikTok

  1. TikTok menawarkan program yang memungkinkan para kreatornya untuk mendapatkan kompensasi atas konten kreatif mereka

    Link

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *