Home » » Tips SEO Blog Terbaru 2016 Sesuai Algoritma Google

Tips SEO Blog Terbaru 2016 Sesuai Algoritma Google

Tips SEO Blog Terbaru 2016
Tips SEO Blog Terbaru 2016 Sesuai Algoritma Google.

OPTIMISASI mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) Blog terbaru 2016 sesuai Algoritma Google ini CB disadur dari Hub Pages dengan tambahan (update) dari Forbes: Top 7 SEO Trends That Will Dominate 2016.

Tips SEO yang fokus untuk strategi SEO Google ini akan relevan untuk tahun 2016 dan seterusnya.
Satu hal terpenting dalam tips SEO Blog terbaru 2016 adalah bahwa Google kian fokus pada indeks dan penyajian konten berkualitas yang relevan dengan kata/istilah yang dicari user. 

Tips SEO Blog Terbaru 2016

Berikut ini Tips SEO Blog Terbaru 2016 yang merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya. Intinya, Google dan mesin pencari lain tetap menguatamakan konten atau kualitas tulisan (posting).

Menurut Forbes, SEO Terbaru akan mengistimewakan konten video. SEO Mobile dan Linkbuilding juga memainkan peran makin penting untuk indeks Google.
  1. Video Content Will Overtake Written Content. 
  2. Mobile-Optimization Will Become More Important
  3. Social Content Will be More Readily Indexed
  4. Deep Links in Apps Will Become More Important
Baca: Tips SEO Blog Lengkap

Kata Kunci (Keyword): Fokus pada Topik Konten

Algoritma Google saat ini dan ke depan akan lebih fokus pada kata kunci pada judul posting, meta tag, URL, kepadatan kata kunci (keyword density), plus relevansi kata kunci dengan topik. Artikel, tulisan, atau posting harus memasukkan lebih banyak kata kunci yang relevan dengan topik posting.

Ini bukan berarti kita harus menuliskan kata kunci sebanyak-banyaknya, tapi harus menggunakan kata kunci yang semakna (sinonom) dengan kata kunci utama dan berkaitan dengan topik.

Kualitas Artikel: Tulisan Panjang dan Bermakna

Sejak Google menerapkan algoritma Google Panda, banyak website yang turun peringkat karena artikelnya (posting) pendek-pendek, sekitar 250 kata. Artinya, kini Google lebih mengutamakan posting yang panjang dan mengabaikan artikel pendek.

Banyak website/blog yang sukses dengan posting sepanjang 1.500 kata. Tapi ingat, posting atau tulisan panjang harus tetap ditulis dengan baik, tata bahasa yang benar, dan berisi hal yang bermakna (bermanfaat) bagi user (pembaca). Artikel harus tetap fokus pada kata kunci dan topik tulisan. Tidak asal panjang.

Meningkatkan Trafik: Konten Segar dan Unik

Guna meningkatkan trafik atau pengungjung, kita harus menulis artikel/posting yang segar dan unik (Unique and Fresh Content). Posting copy paste dari blog lain tentu tidak masuk dalam kriteria konten unik dan segar.

Konten segar dan unik yaitu tulisan yang belum ditulis oleh blogger lain atau topik yang sama tapi dengan sudut pandang atau pendekatan yang berbeda.

Konten segar dan berkualitas akan di-share oleh user ke Google+, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Agar bisa membuat konten segar dan berkualitas, kita harus kreatif, banyak baca, banyak referensi, pandai membaca topik hangat, dan tentu saja bisa menulis dengan baik.

Menghindari Bounce Rate

Semakin betah user membuka blog kita, semakin jauh bounce rate dari blog kita, dan otomatis itu meningkatkan trafik dan ranking blog.

How much time does visitor to your website spent or in other words bounce rate. Well if you are having a meaningful content and giving what visitor wants than he will be spending more time on your webpage. Increasing user engagement on your website can reduce bounce rate and thereby increase the chances of better ranking.

Selain karena konten berkualitas, user juga akan betah dan berlama-lama di blog kita jika desain, tampilan, atau template blog kita SEO Friendly dan User Friendly. 

Layuot (tata letak) yang bagus, jenis huruf yang bagus dan mudah dipindai/dibaca, spasi antar alinea, spasi antar baris, navigasi yang baik, juga keterseiaan link (internal link).

Template Blog SEO Friendly dan User Friendly itu cirinya fast loading, tidak lelet, bersih, simple, tidak banyak warna, ada breadcrum, ada related posts, ada sosial share, dan sebagainya. Untuk itu, gunakan template blog yang SEO Friendly!

Jangan Terlalu Banyak Iklan!

Jangan terlalu banyak iklan di blog Anda. Selain mempengaruhi loading, terlalu banyak iklan juga kurang SEO dan bisa kena penalti Google. Jangan pula berisi iklan yang "menipu" atau membohongi user. Misal, gambar "cantik" padahal isi iklannya lain.

Hindari pula animasi dan iklan pop up. Gambar melayang dan sejenisnya juga tidak disukai Google dan pembaca.

Judul dan Header yang Menarik

Gunakan judul dan header yang menarik, unik, tapi tidan "aneh". Kata kunci tetap harus diperhatikan. Judul harus tetap sesuai dengan isi atau topik tulisan. Daya tarik bisa didukung ukuran dan warna huruf.

Tips SEO Blog Terbaru 2016: Gunakan Meta Deskripsi

Pastikan blog Anda mempunyai Meta Tag (Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword). Kata kunci (keywods) harus relevan dengan judul dan deskripsi. Hindari stuffing, yaitu "penipuan" atau penyimpangan kata kunci.

URLs yang Mudah Dibaca

URL posting sebaiknya sama dengan judul. Di Blogspot, kita bisa mengaturnya di menu Permalink --sebelah kanan kolom tulisan saat kita menulis. 

Gunakan "Custom Permalink". Copas judul posting Anda ke kolom yang disediakan, dan sambungkan kata demi kata dengan tanda strip (-). Hindari juga Stop Words dalam Pemalink.

Fast Loading: Kecepatan Loading Blog

Google menyukai dan menyarankan blog kita tampil cepat (fast loading). Anda bisa posting ini: Cara Agar Blog Fast Loading. Gunakan template yang simple, SEO, dan hindari gambar yang besar.

Blog dengan loading cepat disukai mesin pencari juga user, sehingga mengurangi Bounce Rate sekaligus bisa menaikkan trafik dan ranking blog.

Pastikan Soal Crawl

Blog kita harus mudah di-crawl oleh Google. Gunakan Meta Robots dalam template Anda. Jangan lupa aturan soal nofollow dan dofollow juga. Baca juga: Cara Agar Blog Cepat Terindeks Google. Sekian. Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Tips SEO Blog Terbaru 2016 Sesuai Algoritma Google

Previous
« Prev Post

42 comments:

Comment Page:
  1. Thanks gan atas tips seonya.

    ReplyDelete
  2. Maksud dari judul header itu apa dan yang mana, apa itu judul blog, judul posting, atau yang mana bisa dikasih contoh untuk yang ada diblog ini mana yang disebut judul header unik tapi tidak aneh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul (Title) = Nama Blog. Header = Judul Posting. Header unik tapi tidak aneh, ya seperti posting di atas: "Tips SEO Blog Terbaru 2014 Sesuai Algoritma Google"

      Delete
  3. artikel yang saya cari ditahun ini ternyata agan yg share.....makasih gan.....ikut nyimak artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.. selamat mempraktekkan :)

      Delete
  4. makasih tipsnya, izin di coba sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, selamat mencoba and good luck.... :)

      Delete
  5. makasih gan, informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Makasih Gan Sangat Bermakna Banget Bagi Saya

    Salam Kenal Dari www.bolame.net

    ReplyDelete
  7. Sangat sempurna sekali artikelnya tentang tips seo terbaru 2014, menjadi inspirasi nih kayaknya blog ini, banyak pencerahannya tentang tips blogging di sini, thanks

    ReplyDelete
  8. Mantabz penjelasannya, terima kasih salam blogwalking dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  9. Di ikuti gan......artikel yang bermanfaat dan menambah wawasan dalam kami menulis nanti....thanks, GOD LUCK

    ReplyDelete
  10. Saya akan segera mengikuti tips artikel di atas dan terima kasih atas artikelnya, semoga bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  11. Saya sudah mencoba tips sobat untuk mempercepat loading, tetapi terkadang lambat juga sob, apa karena sinyalnya ya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sinyal/koneksi jelas sangat berpengaruh.....

      Delete
  12. Memang sekarang banyak situs yang tewas..malahan blogspot yg berjaya, kalau diperhatikan artikel panjang memang yg masuk urutan atas..memang bener ini infonya gan mksh byk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, hidup blogspot !!! :)

      Delete
  13. ya saya juga baca di beberapa forum google sekarang ini lebih fokus pada konten. saya juga denger-denger, katanya sekarang ini backling tidak begitu berpengaruh. apakah itu benar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal backlink ada di sini:
      http://contohblognih.blogspot.com/2014/06/jenis-jenis-link-di-blog.html

      Delete
  14. Benar juga ya, menulis yang panjang memang perlukan untuk memperkaya informasi yang ingin dicapai

    ReplyDelete
  15. Emang sih, kayaknya mbah google ini mengaju ke post title ya. Banyak yg ngaco pas sekarang. Apa perasaan aku aja ya, hehe

    thanks ya gan. BTW, mampir ya ke gadgetarian

    ReplyDelete
  16. mantap gan, sekalian konsul dong... ane baru belajar SEO kemarin, ane ngetes2 kw tertentu. awalnya blog ane ada di page 5 sehari kemudian page 3. wah meninggkatkan perjuangan selanjutnya sampe page 1 gemana ya? apa nyebar backlink masih aman di era algoritma gugel sekarang?

    ReplyDelete
  17. wah seo friendly itu sama saja dengan pemahaman apa yang sebenarnya diinginkan user terhadap sebuah website ya gan...

    ReplyDelete
  18. Oke gan tanks infonya, buat referensi optimasi kedepan supaya blog ane gak tereliminasi dr page 1 google

    ReplyDelete
  19. makasih gan infonya , ,, salam kenal . . .

    ReplyDelete
  20. Nanya dong gan, kalo ukuran fast loading yang standar selain pake GTmetrik pake apa lagi ya.

    ReplyDelete
  21. terimakasih atas tipsnya mas..

    ReplyDelete
  22. Setuju ama artikel ini, yang penting harus fresh content jgn yg copy paste

    ReplyDelete
  23. Terimakasih tips seonya..saya baru ngeh soal algoritma google yang baru...

    ReplyDelete
  24. CB, saya pengen saya.
    1. Berapakah nilai persentase bounce rate contohblog saat ini?
    2. Meta deskripsi: Sebaiknya memasukkan judul yang sama dengan judul konten.... atau deskripsi singkat pada umumnya?

    Setuju juga dengan konten yang panjang. Dengan konten yang panjang, kalau kita pintar bagaimana mempraktekannya, kita bisa menanam sedikit kata sinonim yang relevan.

    Sekalian OOT nih..
    Semisal, blog saya saat ini dengan PA 31 dan DA 52 dengan kondisi masih blogspot. Apabila di custom domain, apakah nilai DA dan PA ini akan hilang? Karena dari berbagai blog dan forum, gak ada yang pernah membahas permasalahan ini. Padahal DA dan PA blog itu penting.

    Thanks beratttt :D

    ReplyDelete
  25. Infonya bermanfaat, terima kasih gan

    ReplyDelete
  26. Yah makin sukar berada diatas mas ya

    ReplyDelete
  27. Artikel yang super mantap,terimakasih mas panduannya :)

    ReplyDelete
  28. owhh ternyata banyak kata dalam artikel mempengaruhi penringkat di mata google, ilmu baru gan. Makasih.

    ReplyDelete
  29. Gan CB, bagaimana caranya gambar dalam postingan berada di sisi kanan awal postingan tapi tetap keliatan saat di homepage. Saya menerapkan gambar posting di kanan atas tapi thumbnail di homepage nggak muncul. apa ada artikel penjelasannya? makasih

    ReplyDelete
  30. Ilmu baru buat pemula dalam dunia blogging. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  31. o...... gitu kalau blog ane keywordnya banyak bagus apa gak gan.....

    ReplyDelete
  32. terima kasih masukan dari artikel ini...sangat membantu sekali...saya mau tanya gan? dalam satu artikel ada batasan untuk penggunaan keywords apa tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, maksimal 3% dari jumlah kata dalam tulisan

      Delete
  33. terima kasih gan, very good info

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox