Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

Cara Custom Domain di Blogspot. Mengubah blogspot menjadi top level domain .com, .net, dsb.

Nama Domain

SEBENARNYA ketika Anda ngeblog di Blogspot/Blogger, Anda sudah membuat nama domain sendiri, yaitu di bagian www.namabloganda.blogspot.com. Hanya saja, masih ada "blogspot.com"-nya.

Lalu bagaimana kalau ingin menghilangkan nama "blogspot.com"-nya?"

Berikut ini Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri, yakni dengan membeli nama domain dan memasangkannya untuk menggantikan nama blog, sehingga yang semula ada "blogspot" menjadi nama domain sendiri.

Misalnya: contohblognih. blogspot.com menjadi contohblog.com.

Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

1. Beli/Sewa Nama Domain di Niagahoster
2. Lakukan Custom Domain.

Untuk Custom Domain, silakan ikuti panduannya. Anda juga bisa live chat untuk minta panduan dan bantuan langsung, real time.

Ini dia cara Membuat Blog di Blogspot dengan Nama Domain Sendiri di Blogspot alias Custom Domain.

Custom Domain dari Google

Panduan dari Google, sang pemilik blogspot/blogger, hanya seperti ini:

  1. Temukan panel kontrol pada situs web pendaftar domain Anda dan tentukan setelan DNS (Sistem Nama Domain) Anda. Untuk menautkan blog anda ke domain ubahsuaian, ikuti petunjuk berikut untuk memasukkan "CNAME" dan "A-records" Anda.
    CNAME
    Untuk mengisi Nama, masukkan saja "www" dan daftarkan ghs.google.com sebagai Nama Inang. Lihat petunjuk terperinci kami tentang menyediakan CNAME untuk beragam pendaftar. Jika milik Anda tidak terdaftar atau jika Anda mengalami kesulitan lain, hubungi pendaftar Anda secara langsung dan mereka dapat membantu Anda.
    A-records (opsional)
    Tindakan berikut menautkan domain pokok Anda (example.com) ke situs sebenarnya (www.example.com). Jika Anda melewatkan langkah ini, pengunjung yang tidak mengetikkan "www" akan melihat laman galat.
    Masukkan nama domain Anda dalam format example.com, lalu masukkan alamat I.P. yang ditampilkan di bawah bagian "A". Anda perlu membuat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Google berbeda.
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
  2. Perbarui setelan Blogger Anda
    Sebelum Anda melanjutkan ke langkah ini, tunggu sekitar satu jam untuk mengaktifkan setelah DNS Anda. Jika Anda mencoba mengubah setelah penerbitan sebelum perubahan DNS aktif, kami akan memberi tahu Anda dengan pesan peringatan.
    Sekarang tiba saatnya memastikan Blogger mengetahui domain ubahsuaian Anda sehingga Google dapat mengarahkan pembaca ke blog Anda. Untuk memulai, klik tab Setelan | Penerbitan pada Blogger.
    Setelan untuk Penerbitan
    Lalu klik tautan yang membuat Anda dapat beralih ke domain ubahsuaian.
    Mengubah Domain
    Setelan Alamat Blogspot sekarang berubah ke Domain Anda. Tuliskan URL baru Anda (www.example.com), dan simpan setelan Anda. Jika Anda tidak memasukkan "www," Anda akan menerima pesan galat.
    Domain Sendiri
    Selamat, Anda berhasil!
Beberapa catatan berguna:
  • Jika domain baru Anda tidak meneruskan ke blog Anda, tunggu satu atau dua hari lagi untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Jika masih tidak bisa, hubungi pendaftar Anda untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan setelah DNS dengan benar.
  • Alamat Blogspot asli Anda akan secara otomatis meneruskan ke domain baru Anda. Dengan demikian, tautan atau bookmarks ke situs Anda saat ini akan tetap dapat digunakan.
  • Gambar yang Anda poskan akan terus ditampilkan di blog Anda.

Blog dengan Custom domain atau Blog dengan Nama Domain Sendiri akan "lebih kredibel" karena tidak terkesan gratisan. Baca: Kelebihan Custom Domain

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri | Labels: Desain Blog edit this post

3 komentar on Cara Custom Domain - Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

  1. Artikel yg bermanfaat :)

    Maaf gan mau nanya nih. Sya punya blog, tp belum daftar Google Adsense, rencananya mau bikin domain dulu di rumahweb, baru setelah itu daftar Google Adsense. Kira2 bisa berhasil ga verifikasi Google Adsense nya? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan klik menu ADSENSE di atas untuk seluk-beluk daftar Google AdSense.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *