Dasar-Dasar SEO Panduan Google untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Dasar-Dasar SEO Panduan Google untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

JUDUL atau nama blog, deskripsi (meta description), struktur halaman & navigasi, dan konten unik & segar (fresh) adalah elemen terpenting dalam dasar-dasar SEO untuk meningkatkan jumlah pembaca blog.

Dasar-Dasar SEO

Kini banyak sekali tips seo blog yang dishare para blogger. Anda jangan percaya dan menggunakannya begitu saja, sebelum membaca dan memahami Dasar-Dasar SEO Panduan Google ini.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur agar blog atau situs web mudah dirambah, diindeks, dan mendapatkan peringkat atas di halaman hasil pencarian.

Wikipedia Indonesia mengistilahkannya dengan Optimisasi mesin pencari. SEO adalah serangkaian proses sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Penerapan SEO dalam blogging lumayan membutuhkan pemahaman dan "kesabaran". Namun, percayalah, inti dari semua trik dan tips seo adalah isi blog yang baik (berkualitas) karena konten akan selalu menjadi raja (content will always be king)!

Mari kita simak dasar-dasar seo berikut ini yang menunjukkan konten adalah raja, yakni penentu meningkatnya jumlah pengunjung blog.

Dasar-Dasar SEO

Dasar-Dasar SEO Panduan Google

Panduan pengoptimalan blog agar dirambah, diindeks, dan diperingkat dengan baik oleh Google ini sekaligus sebagai cara menyesuaikan dengan Algoritme Google yang terus update.

Berbagai jenis sistem yang diterapkan Google untuk mengindeks dan memeringkat blog berfokus pada konten (isi, posting) dan link (tautan). Semakin berkualitas sebuah postingan, maka kian tinggi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

Berikut ini seo standar Google yang harus kita terapkan untuk menghasilkan konten berkualitas (quality content) yang berdampak pada jumlah pengunjung/pembaca.

1. Judul Halaman

Page Title. Judul halaman yaitu judul tulisan, postingan, judul artikel. Jika halaman web berisi tips blogging, misalnya, maka pastikan judulnya mengandung kata Tips Blogging.

Deskripsikan konten laman dengan akurat! Pemilih judul yang berhubungan dengan konten. Hindari judul halaman blog anda berupa "Untitled" atau "Tanpa Judul".

2. Judul unik untuk setiap halaman

Setiap laman Anda idealnya harus mempunyai tag judul yang unik, berbeda dengan postingan lainnya. Judul unik akan membantu Google untuk mengetahui perbedaan halaman tersebut dengan halaman lainnya pada blog.

3. Buat judul yang singkat namun deskriptif 

Judul hendaknya pendek dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian saja di halaman hasil penelusuran. Sertakan kata kunci dalam judul.

4. Gunakan meta tag "description"

Meta tag deskripsi memberikan Google dan mesin telusur lainnya ringkasan konten suatu laman.

Meta tag deskripsi laman bisa berupa kalimat maupun dua paragraf atau paragraf pendek, sedangkan judul laman bisa berupa beberapa kata atau frasa.

Meta tag deskripsi penting karena Google mungkin menggunakannya sebagai cuplikan untuk laman Anda. Kami mengatakan "mungkin" karena Google dapat memilih untuk menggunakan bagian yang relevan dari teks laman Anda yang terlihat jika kecocokan dengan kueri pengguna sangat baik.

5. Custom Permalink! 

Permalink secara otomatis merujuk pada judul halaman (judul tulisan), namun bisa dioptimalkan dengan meringkasnya dan menghilangkan kata-kata yang masuk kategori stop words.

Kelima dasar SEO panduan Google di atas baru menyangkut judul dan permalink. Masih banyak yang lainnya. Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur selengkapnya bisa disimak di SEO Starter Guide.

Panduan Google untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Penerapan Dasar-Dasar SEO

Dasar-dasar pengoptimalan mesin telusur dari Google di atas kemudian diuraikan lebih detail dan praktis oleh para pakar seo, seperti di laman SEL dan MOZ.

Poin berikut ini merupakan faktor seo terpenting yang tidak boleh diabaikan.

1. Gunakan Template SEO Friendly

Template SEO Friendly adalah tema, desain, atau tampilan blog yang ringan, cepat, ramah seluler (responsive mobile-friendly), dengan data konten yang terstruktur dengan baik. Silakan pilih template blog terbaik di Galeri Template.

2. Penggunaan Kata Kunci 

Perhatikan cara penggunaan atau penulisan kata kunci dalam menulis artikel.

Dalam penggunaan kata kunci (keywords) dikenal istilah "kepadatan kata kunci" (keyword density) dan "penjejalan kata kunci" (keyword stuffing).

Kata kunci hendaknya dimasukkan di judul, awal tulisan, di tengah artikel, dan di bagian akhir. Namun, kepadatannya jangan lebih dari 3% dari jumlah kata dalam naskah tulisan. Jika berlebihan dalam mengulang kata kunci, maka termasuk penjejalan kata kunci yang berbuah penalti Google.

3. Tautan ke posting lain.

Internal Links. Jika di dalam postingan Anda terkait dengan postingan lainnya yang sudah pernah Anda tulis, tautkan postingan yang satu dengan postingan lainnya menggunakan keyword yang kira-kira sama.

4. Tulis artikel berkualitas.

Artikel atau konten berkualitas adalah tulisan yang unik, orisinal, lengkap, mendalam, detail, dan tidak kurang dari 800 kata.

Namun, tulisan pendek pun termasuk berkualitas jika unik, langka, atau belum ditulis oleh blogger lain. Tulislah pengalaman, perasaan, dan hal-hal yang sesuai dengan minat dan topik yang Anda kuasai.

5. Lengkapi artikel dengan gambar dan video.

Gunakan media ke dalam Artikel (Video, Images, Infographics, Map, Chart, dll). Gambar, video, tabel, chart, infographics, map dan lain-lain yang bisa memperkaya dan menambah informatif sebuah tulisan sebaiknya dimasukan ke dalam artikel.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan pembaca, pada saat kita menyajikan informasi yan dibutuhkannya.

Semakin lengkap informasi yang kita sajikan, maka Google akan mendeteksi bahwa artikel tersebut merupakan artikel yang berkualitas.

6. Optimalkan SEO Gambar

Isi Attribut Alt di Image (Gambar). Penggunaan gambar atau image dalam sebuah artikel sangat penting, hal ini digunakan untuk mendukung penjelasan dari artikel tersebut.

Nama file gambar juga berpengaruh terhadap SEO. Google tidak bisa membaca dan menerjemahkan file gambar. Yang dibaca oleh Google dari file gambar tersebut adalah atribut “alt” dan nama filenya.

Atribut ini bertugas menjelaskan arti dari file gambar tersebut kepada robot Google yang melakukan crawling.

Baca: Tips SEO Gambar Postingan Blog

Google secara detail memberikan penjelasan tentang pengoptimalan gambar ini.
  1. Beri nama file yang deskriptif dan deskripsi atribut alt untuk gambar. 
  2. Atribut "alt" memungkinkan Anda menentukan teks alternatif untuk gambar jika teks asli tidak dapat ditampilkan karena beberapa alasan.
  3. Ilustrasi yang menampilkan manfaat teks alternatif yang baik untuk sebuah gambar.
  4. Mengoptimalkan nama file gambar dan teks alt akan mempermudah Google memahami gambar Anda dengan lebih baik.
  5. Gunakan nama file dan teks alt yang singkat namun deskriptif
  6. Hindari penggunaan nama file generik seperti "image1.jpg", "pic.gif", "1.jpg".
7.  Meta Title Tags SEO Friendly

Gunakan tag judul meta ramah mesin telusur dengan memastikan ada kode seperti ini di bagian atas kode template Anda.

<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Kode di atas akan menempatkan judul tulisan di depan nama blog di hasil pencarian. Seperti ini:

judul tulisan di depan nama blog

Tempate blog bawaan blogger baru menggunakan meta title standar ini:

 <title><data:blog.pagetitle/></title>

Hapus dan ganti dengan kode meta title tags seo di atas!

Demikian dasar-dasar SEO untuk mendapatkan dan meningkatkan pengunjung blog. Tips dan trik seo lainnya bisa disimak di halaman label Tips SEO

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Dasar-Dasar SEO Panduan Google untuk Meningkatkan Pengunjung Blog | Labels: Tips SEO edit this post

1 komentar on Dasar-Dasar SEO Panduan Google untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

  1. terima kasih, artikelnya sangat membantu, jangan lupa berkunjung kembali ke Katalog Pedia. saya ada pembahasan tutorial, tips, youtube mp3 converter hingga cek resi, terima kasih.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *