January 11, 2017

Cara Mengatasi Jumlah Posting Halaman Depan Blog Hanya Satu atau Sedikit

January 11, 2017

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu di Homepage Blog.

Cara Mengatasi Jumlah Posting Halaman Depan Blog Hanya Satu atau Sedikit

JUMLAH posting di halaman depan (homepage) kadang bahkan mungkin sering tampil sedikit, tidak sesuai dengan settingan di widget Blog Posts atau jumlah posting yang sebenarnya ditampilkan. Misal, settingannya 8, yang tampil cuma satu, dua, atau tiga judul saja.

Mengapa bisa terjadi? Why Blogger is not Showing Correct Number of Posts per Page?

Pertama-tama, harap diingat, kesalahan jumlah tampilan di halaman depan blog itu bukan masalah template. Sekali lagi, BUKAN MASALAH TEMPLATE, tapi itu default atau bawaan blogger, yang menerapkan sistem "auto pagination" untuk kecepatan loading blog.

Blogger sendiri menyarankan kita hanya menampilkan maksimal 7 posting saja di halaman depan. Lebih sedikit lebih baik untuk kecepatan loading homepage.

"Blogger has introduced a mechanism called "auto pagination" to reduce the loading time of its blogs. This mechanism is to show less Blogger entries per page if it detects that the page is heavy to load," tulis PBT.

Jumlah posting cuma sedikit di halaman depan terutama disebabkan oleh faktor JARANG UPDATE atau sebaliknya, TERLALU SERING update dalam satu hari.

CB juga sering mengalami masalah jumlah posting di halaman depan ini, khususnya ketika posting baru dibuat setelah seminggu-dua minggu.

Mengatasi Masalah Jumlah Posting Halaman Depan Blog

Untuk mengatasi Masalah Jumlah Posting Halaman Depan Blog yang Sedikit atau tidak sesuai dengan jumlah yang disetting, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Gunakan "Insert jump break" saat menulis posting panjang. 

Caranya, arahkan cursor ke akhir alinea pertama atau kedua, lalu klik icon jump break yang ada di barisan menu posting.

jump break

2. Kurangi ukuran gambar. 

Jangan terlalu besar biar gak berat. Baca: Cara Mengoptimalkan Gambar.

3. Hapus widgets yang tidak perlu. 

Baca: Widget yang Tidak Perlu dipasang di Blog.

Penyebab jumlah posting halaman depan cuma satu-dua alias sedikit juga bisa karena saat memasukkan gambar idak meng-upload sendiri melalui "Insert image". Coba upload gambar sendiri, bukan "copy link adress" atau link gambar dari blog lain.

4. Ubah Tanggal atau Buat Posting Baru

Jika keempat cara tersebut tidak berhasil, maka solusi terbaik adalah buat posting baru dalam satu hari itu juga, sesuai dengan jumlah settingan di widget Blog Post, atau UPDATE posting lama dengan mengubah (edit) tanggal postingan/tanggal publikasi.

Sekali lagi, jumlah posting halaman depan blog cuma satu, dua, tiga, alias sedikit, bukan masalah template, tapi itu bawaan blogger.

Solusi terbaik adalah posting sesering mungkin, tiap hari satu posting, dan jangan banyak menulis posting dalam satu hari.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Mengatasi Jumlah Posting Halaman Depan Blog Hanya Satu atau Sedikit

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *