July 11, 2017

Tips SEO: 3 Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google

July 11, 2017

Tips SEO: 3  Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google
Tips SEO: 3  Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google dan Banyak Pengunjung. 

BANYAK sekali tips seo blogger agar blog kita masih terindeks dan tampil di peringkat teratas halaman satu hasil pencarian Google (SERP).

Muncul di peringkat atas halaman hasil pencarian Google/Bing akan membuat blog kita ramai pengunjung, trafiknya tinggi, karena user akan langsung klik link posting yang disajikan Google/Bing di peringkat atas, minimal di halaman satu (page one) Google.

Dari sekian banyak tips, menurut CB ada tiga saja kunci atau rahasia agar blog kita bisa bersaing dengan blog lain dan terindeks Google lebih baik sehingga ada di peringkat #1 Google, yakni:
  1. Posting Berkualitas. 
  2. Template SEO Friendly
  3. Link Building.

#1. Posting Berkualitas

Posting Berkualitas
Google menyebutnya Konten yang Berharga. CB sudah mengulasnya di postingan Cara Membuat Konten Berkualitas.

Di antara ciri posting berkualitas, yang utama adalah UNIK dan LENGKAP.

Unik artinya beda dengan postingan blogger lain, meski tema atau topiknya sama.

Lengkap artinya postingan itu detail, lengkap, disertai gambar bahkan video. Kian lengkap akan makin disukai mesin pencari dan pengunjung.

CB masih percaya, Content is King. Konten atau postingan adalah raja penentu peringkat Google dan sukses blogging.

Jadi, buatlah konten yang unik, lengkap, asli, detail, sehingga akan mudah dan cepat terindeks Google dan postingan blog di Peringkat #1 Google.

Tips Artikel SEO Friendly:

  1. Kata kunci ada di judul, awal paragraf, tengah, dan kalimat terakhir dengan persentase kepadatan kata kunci (keywords density) maksimal 3%. 
  2. Minimal ada satu internal link (tautan ke postingan lain) dan satu eksternal link (tautan ke blog/situs lain)
  3. Lengkapi dengan gambar. Makin banyak gambar makin baik.
  4. Jika perlu, lengkapi pula dengan video.
  5. Artikel  atau postingan minimal 300 kata, jangan terlalu sedikit, namun jangan pula terlalu banyak, antara 300-1500 kata. 
  6. Kata kunci yang digunakan relevan dengan topik


Untuk membuat artike/postingan seo friendly memang butuh "perjuangan", kerja keras, tidak bisa "asal nulis".

Setelah beres menulis postingan, biar cepat terindeks Google, jangan lupa Daftarkan URL-nya ke Google Webmaster Tools.

Itu dia tips pertama Agar Posting Blog di Peringat #1 Google.

#2. Template SEO Friendly

Template SEO Friendly
Template atau tema (theme) blogger SEO Friendly adalah template yang ringan, cepat tampil (fast loading), selain responsive-mobile friendly (ramah seluler) alias mudah diakses di perangkat mobile.

Banyak blog mendatangkan banyak pengunjung berkat desain tampilan blognya yang fast loading.

Mesin telusur dan pengguna sangat suka situs web/blog atau halaman web (web page) yang tampil cepat, di bawah 4 detik saja.

Itulah sebabnya kini banyak template blog simple dan cepat. Itulah sebabnya Twitter merilis Twitter Bootstrap dan Google merilis Accelerated Mobile Pages (AMP) untuk membangun halaman web atau blog yang responsive dan fast loading.

Contoh blog dengan template Bootstrap: CB Bootstrap. Contoh blog dengan template AMP: CB AMP. Minat? Kontak saja cbblogger2014@gmail.com

Template blog yang dibuat dalam tiga tahun terakhir umumnya sudah seo friendly, fast loading, dan responsive, termasuk Template Bawaan Blogger terbaru.

Namun, harus diingat, template seo friendly sifatnya pendukung (supporting), bukan faktor utama, karena Tips Agar Posting Blog di Peringat #1 Google terpenting adalah Posting Berkualitas sebagaimana diulas di atas.

#3. Link Building

Link Building
Sebenarnya faktor seo yang ketiga ini masuk dalam cara pertama (posting berkualitas).

Namun, agar lebih fokus, kita jadikan faktor seo tersendiri agar posting ada di Peringat #1 Google.

Link Building artinya membangun link. Disebut juga Link Baiting.

Link Building identik dengan Backlink Building atau mendapatkan tautan balik.

Namun, dalam ulasan kita ini, kita bedakan antara link building dan backlink.

Membangun atau membuat lini ini terbagi dua:

  1. Internal Link
  2. Eksternal Link
  3. Backlink


Internal link (tautan kedalam) adalah link yang mengarah ke postingan lain di blog kita. Misalnya, link yang ada di tips seo blogger di awal tulisan ini. Itu dinamakan link internal.

Eksternal Link (tautan keluar) adalah link yang mengarah ke postingan atau blog orang lain. Misalnya, dalam postingan ini, link yang ada di achor teks Konten Yang Berharga di bawah tips #1 di atas adalah link eksternal.

Backlink, tentu saja ada sudah paham, adalah tautan balik atau link yang dari blog/situs web orang lain yang mengarah ke postingan atau blog kita.

Backlink disebut juga Inbound Link atau Incoming Link. Mendapatkan backlink butuh kerja keras. Backlik yang didapat harus berkualitas. CB sudah share tentang Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas.

Demikian Tips SEO Blogger meliputi 3  Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google. CB tidak jamin blog Anda ada di halaman satu Google setelah menerapkan tips seo di atas. Wong Google sendiri menyatakan:

Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google. Hati-hati terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki "hubungan khusus" dengan Google, atau mengiklankan "pengiriman prioritas" ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui laman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun. (Dasar SEO Google)

Jangan Lupa, baca juga Panduan SEO dari Google untuk lebih detail tentang  Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Image Credit: waveuc.com, theleadfrog.com, kineticknowledge.com

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Tips SEO: 3 Cara Agar Posting Blog di Peringat #1 Google

Contact Form

Name

Email *

Message *