April 3, 2019

Blog Tools: Daftar Website untuk SEO dan Desain Blogger

April 3, 2019

Daftar Situs Web Sahabat Blogger untuk Perbaikan SEO dan Desain
Daftar Situs Web Sahabat Blogger untuk Perbaikan SEO dan Desain.

BAGI sebagian blogger, ngeblog (blogging) bukan sekadar membuat konten, membuat postingaan, atau menulis artikel, tapi juga utak-atik atau edit tampilan blog (desain template).

Selain desain, banyak blogger juga terus berjuang melakukan Pengoptimalan Mesin Telusur atau SEO (Search Engine Optimization).

Kadang, bahkan sering, waktu juga tenaga dan pikiran terkuras ngurusi SEO dan Desain, sehingga update postingan terabaikan.

Di kalangan klien Layanan Premium CB bahkan ada blogger yang perfectionist. Ada titik saja atau ada elemen yang miring dikit aja langsung ingin diperbaiki. Untungnya, sang blogger itu tidak pelit. Biarin deh rewel, tapi berani bayar :)

Blog Tools: Daftar Website untuk SEO dan Desain Blogger.

Berikut ini daftar situs web yang menjadi sahabat blogger untuk memperbai SEO dan Desain blognya, plus beberapa situs untuk keperluan menulis posting.

  1. Webmaster Tools
  2. PageSpeed Insight
  3. GT Metrix
  4. Structured Data Testing Tools
  5. Mobile-friendly Test
  6. Responsive Test Troy Lab
  7. Am I Responsive
  8. Image Optimizer
  9. CSS Compressor Minifier
  10. Javascript Compressor
  11. Think with Google
  12. HTML Parser
  13. Google Translate
  14. Awesome Font
  15. KBBI Online


Berikut ini penjelasan singkatnya. Tidak semua, hanya beberapa saja. Kita mulai dari fasilitas yang disediakan Google/Blogger.

1. Google Webmaster Tools

Halaman ini wajib digunakan agar blog mudah dan cepat terindeks Google. Google Search Console ini adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau dan mempertahankan keberadaan situs di hasil Google Penelusuran.

Anda tidak perlu mendaftar untuk Search Console agar situs Anda disertakan di hasil penelusuran Google. Namun, mendaftar di Search Console dapat membantu Anda memahami cara Google melihat situs dan mengoptimalkan performanya dalam hasil penelusuran.

Baca: Cara Submit Sitemap Blog

Google Webmaster Tools


Website untuk Pengujian Situs Mobile-Friendly. Halaman milik Google ini untuk melakukan pengecekan blog apakah sudah ramah seluler (mobile-friendly) atau belum.

Kata Google, blog atau website saat ini semakin sering diakses melalui perangkat seluler atau HP. Merancang situs web agar mobile-friendlyakan membuat halaman berfungsi dengan baik di semua perangkat yang digunakan pengguna atau pengunjung blog.

mobile-friendly

Pastikan blog Anda sudah mobile-friendly. Baca: Cara Pasang Template Blog yang Benar.

Selain laman milik Google di atas, kita juga bisa gunakan laman Troy Labs Daum untuk melihat tampilan blog di berbagai ukuran layar Smartphone, termasuk Tablet.

3. Structured Data Testing Tool

Laman khusus yang disediakan Google untuk mengecek structured data markup dan rich snippet, termasuk microformats dan schema.org marked up di microdata.


structured data testing tool

4. Page Speed Insight

Laman khusus Google untuk mengecek kecepatan loading blog atau website. Sulit mencapai skor sempurna 100%. Skor speed 60-70 sudah bagus. Usahakan skor jangan sampai di bawah 60.

page speed insights

Selain PageSpeed Insights, para blogger juga biasa menggunakan GT Metrix untuk mengecek kecepatan loading blog dan melihat saran perbaikannya.

5. Image Optimizer

Halaman ini berguna untuk mengedit gambar/foto sehingga menghasilkan ukuran gambar yang ringan namun jelas (tidak blur).


pengoptimalan gambar

BacaCara Upload Gambar yang Benar untuk Posting Blog.

6. Minify CSS Online

Salah satu cara agar loading blog menjadi ringan dan cepat adalah dengan mengkompres kode CSS dalam template. Kita bisa gunakan laman ini untuk mengecilkan ukuran file CSS sekaligus merapikannya.

Minify CSS Online

7. SEO Centro

Laman ini untuk mengecek meta tags blog kita, apakah sudah memenuhi standar atau tidak. Minimal, template blog harus berisi Meta Title & Meta Description.

cek meta tags

Nah, itu dia daftar Situs Web Sahabat Blogger untuk Perbaikan SEO dan Desain. Tujuh saja sudah berasa banyak. Apalagi kalau lebih. Jadi blogger sukses, memang butuk perjuangan, ketekunan, dan kesabaran.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Blog Tools: Daftar Website untuk SEO dan Desain Blogger

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *