Cara Membuat Website Mudah dan Praktis

Cara Membuat Website Mudah dan Praktis

Bagi Anda yang mengelola usaha atau bisnis, website di zaman sekarang ini telah menjadi suatu keharusan. Sebenarnya cara membuat website itu tidak sulit, bila Anda tahu shorcut-nya.

Cara Membuat Website Mudah dan Praktis

Manfaat website bagi bisnis Anda adalah sebagai upaya branding untuk mempopulerkan usaha Anda, agar semakin dikenal, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada produk Anda.

Nah, simak ulasan berikut ini.

Cara membuat website untuk pemula

Sebelum mengulas lebih jauh tentang membangun membuat website bagi pemula sangat disarankan untuk menggunakan WordPress serta CMS yang lain.

Alasannya, karena cukup mudah digunakan dan Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membuat website pertama untuk bisnis Anda. Inilah langkah demi langkah membuat website yang bisa segera Anda coba:

#1 Menentukan nama domain

Sebelumnya Anda harus membuat rencana nantinya website yang Anda buat ini diisi dengan konten seperti apa.

Faktanya orang umumnya membuat website tanpa mempunyai tujuan serta perencanaan yang tepat bagi usahanya sehingga terkesan apa adanya. Domain Anda pun akhirnya jadi sia-sia, bukan.

Inilah sebabnya dalam memilih nama domain harus disesuaikan dengan brand atau produk yang hendak Anda tawarkan.

Selain itu, syarat tak tertulis untuk domain sebaiknya yang gampang diingat dan diucapkan oleh pengguna internet.

Domain dengan 5 hingga 9 karakter sudah cukup untuk kebutuhan tersebut. Domain dengan basis TLD perlu Anda ketahui juga dapat memberikan dampak positif akan website Anda terhadap mesin pencari Google.

#2 Menentukan hosting serta website building bagi platform Anda

Langkah berikutnya dalam cara membuat website untuk bisnis Anda adalah memilih hosting yang berkualitas.

Hosting ibarat rumah bagi website Anda sehingga pastikan Anda nyaman menempatinya.

Kriteria hosting yang baik adalah:
  • Unlimited bandwith
  • Mempunyai storage bertipe SSDNVME 
  • Berbasis cloud hosting
  • Harganya terjangkau namun sanggup menyediakan performa terbaik 
#3 Setup, Edit, dan Kostumisasi

Setelah memilih dan membeli hosting berikutnya Anda akan mendapatkan email pemberitahuan dari hosting website yang berisi passwort member area serta login pada hosting. Artinya terlebih dulu Anda harus mengakses member area untuk membuat website Anda aktif.

Setelah sukses mengakses member area, carilah menu service yang berisi c-panel dan bila sudah berhasil login, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Menginstal SSL Certificate

Untuk menginstal SSL sesuai dengan nama domain yang akan Anda install SSL dimulai dari Private keys – Certificate Signing Request – Certificates – Instal and Manage SSL for yoru site.

2. Menginstal CMS (Content Management System)

Untuk setup website Anda disarankan menggunakan softaculus dengan CMS karena prosesnya yang mudah dan singkat.

3. Kostumisasi

Cara membuat website berikutnya adalah melakukan customisasi website dengan theme-theme yang sesuai dengan produk Anda berikut berbagai plugin untuk membuat website Anda semakin menarik.

Untuk melakukan customisasi theme serta plugin sebelumnya kamu harus login dulu ke CMS atau WordPress yang sebelumnya telah Anda install.

Bila Anda menggunakan WordPress, Anda akan melihat menu halaman admin dari website setelah login. Setelah itu Anda dapat menggunakan tema-tema yang cocok atau sesuai dengan keinginan Anda.

Saat ini sudah tersedia banyak penyedia jasa pembuatan website untuk bisnis yang bisa menjadi alternatif, bila Anda merasa tak mempunyai waktu atau kurang mahir untuk membuatnya sendiri.

Website bisnis seharusnya tampak bersih, elegan, dan memberikan kesan terpercaya serta professional.

Website tersebut seharusnya juga user friendly serta memudahnya siapa pun yang mengaksesnya untuk mendapatkan informasi.

Nah, semoga ulasan tentang cara membuat website bermanfaat untuk bisnis Anda.*

Thanks for reading Cara Membuat Website Mudah dan Praktis | Labels: Website edit this post
0 Komentar untuk "Cara Membuat Website Mudah dan Praktis "

Contact Form

Name

Email *

Message *