Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru
Mencuci Mobil. Sumber: asapmobil.com

Semua jenis kendaraan entah itu motor atau mobil, sangat membutuhkan perawatan untuk bagian luar maupun bagian dalam.

Apalagi ketika musim hujan, selain membuat kendaraan terlihat kotor kamu juga perlu melakukan perawatan kendaraan yang ekstra. Salah satu kendaraan yang perlu penanganan ekstra ketika musim hujan tiba adalah mobil.

Selain body-nya yang terlihat kotor karena sering terkena guyuran air hujan, bagian dalam mobil terkadang juga akan kotor. Karena setiap orang yang keluar masuk ke mobilmu tentu juga akan membuat karpet kotor bukan?

Memang, mobil yang kotor akan membuat semua orang merasa tidak nyaman. Pertama kali yang kamu pikirkan pasti ingin membawanya ke jasa pencucian mobil, kenapa kamu tidak membersihkannya sendiri dulu?

Selain untuk kegiatan mencuci mobil sendiri dirumah juga bisa hemat uang, bukan? Apalagi kalau kamu sudah tahu trik pembersihan dari jasa pencucian mobil atau bisa mencobanya sendiri.

Kalau belum tahu juga caranya, kali ini kami akan memberikan cara membersihkan kendaraan mobilmu dengan baik dan benar. Yuk, simak artikelnya berikut ini!

Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

1. Pastikan Gunakan Shampo khusus Mobil

Shampo khusus Mobil
Sumber: pratamabangunan.com

Ketika ingin mencuci mobil kamu pasti akan berpikir bahwa semua itu terlihat mudah dan simple bukan? Kamu salah!

Cara membersihkan mobil justru harus ekstra berhati-hati. Contohnya saja harus menggunakan shampo khusus mencuci mobil karena bahannya dibuat spesial untuk merawat tampilan mobil agar terlihat lebih seperti baru.

Kamu juga harus ingat, jangan pernah mencuci mobil menggunakan detergen atau bahkan sabun pembersih lainnya selain shampoo mobil. Karena detergen dan sabun pembersih mengandung bahan yang tidak cocok dengan cat mobil sehingga dapat membuat warna cat mobil-mu menjadi rusak.

Harga shampoo mobil memang cukup mahal, tetapi semua itu sebanding dengan hasil yang dihasilkannya.

2. Membersihkan Bagian Luar Mobil

Membersihkan Bagian Luar Mobil
Sumber : futuready.com

Kebanyakan orang belum tahu tentang hal ini, ketika kamu sedang mencuci mobil lebih baik terhindar dari pancaran sinar matahari langsung.

Pastikan kamu membersihkan bodi mobil terlebih dahulu dengan selang, selama 10 sampai 20 detik. Hal ini bertujuan supaya sisa-sisa klorin yang menempel pada bodi mobil bisa hilang dan mobil kembali bersih.

Gunakan spons yang berbahan lembut supaya bisa membersihkan kotoran yang menempel pada mobil dan juga tidak akan menggores cat mobil.

Hal terpenting ketika mencuci mobil yaitu jangan sampai terdapat sisa sabun yang menempel pada bodi mobil. Pastikan semua bersih secara merata dan setelah itu gunakan kanebo untuk mengeringkannya.

3. Membersihkan Mobil Bagian Dalam


Membersihkan Mobil Bagian Dalam
Sumber : mobilku.org.com

Untuk membersihkan bagian dalam mobil caranya sama dengan membersihkan bagian luarnya yakni jangan pernah kamu sekali-kali menggunakan detergen untuk membersihkannya.

Membersihkan karpet mobil yang terkena lumpur gunakan sikat khusus. Jangan sampai meninggalkan jejak lumpur pada karpet hingga mengeras, karena itu akan susah membersihkannya.

Jika kamu mendapati noda membandel gunakan penyemprot khusus untuk membersihkannya. Saat di dalam mobil terdapat bau yang tidak enak buka pintu mobil ketika mencucinya.

Selain untuk menghilangkan bau hal tersebut juga dapat membantu penguapan yang baik disaat melakukan pembersihan.

4. Membersihkan Bagian Mesin Mobil

Membersihkan Bagian Mesin Mobil
Sumber : auto.id.com

Bagian terumit ketika membersihkan mobil terletak pada mesinnya. Disini kamu perlu mengenali beberapa bagian yang tidak boleh terkena air seperti kabel, Accu, Busi dan bagian lainnya yang dapat menghantarkan listrik.

Karena jika bagian tersebut terkena air akan menghasilkan arus pendek yang akan membuat mobil mudah mogok kapan saja.

Untuk kotoran yang menempel pada mesin kebanyakan orang sering menggunakan detergen, karena hal tersebut diperbolehkan selain itu juga sabun cuci atau detergen dapat menghilangkan kotoran oli pada mesin.

5. Membersihkan Bagian Ban Mobil

Membersihkan Bagian Ban Mobil
Sumber : mobil123.com

Ban mobil merupakan salah satu bagian dari mobil yang rawan kotor serta sering berhadapan dengan kotoran, debu, dan lumpur. Gunakanlah pembersih yang tepat dan sesuai dengan warna rim pada ban.

Jangan lupa untuk menggunakan sikat yang bersabut untuk menghilangkan noda membandel di ban. Karena beberapa bagian yang ada di ban bisa saja menutupi kotoran yang menempel, maka dari itu kamu juga perlu ketelitian ketika membersihkannya.

Setelah selesai membersihkannya gunakan semir ban agar tampilan ban di mobilmu terlihat mengkilap dan seperti baru.

Itulah beberapa tips dan cara merawat mobil agar terlihat lebih bersih, mudah bukan? Ayo, rawat mobilmu sendiri mulai dari sekarang!

Thanks for reading Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru | Labels: Ragam, Tips edit this post
0 Komentar untuk "Cara Mencuci Mobil Agar Terlihat Seperti Baru"

Contact Form

Name

Email *

Message *