Pengertian dan Jenis-Jenis SEO

Pengertian dan Jenis-Jenis SEO

SEO merupakan bagian dari aktivitas blogging. Apa itu SEO? Apa saja jenis-jenis SEO dan bagaimana menerapkannya di blog? Posting ini mengulasnya secara ringkas.

Pengertian dan Jenis-Jenis SEO

SEO dilakukan agar blog cepat dan mudah terindeks Google. Tujuan akhirnya adalah trafik (traffic), yaitu lalu-lintas pengunjung atau pembaca. 

Jika SEO terbaik berhasil diterapkan, maka blog akan banyak pengunjung, populer, dan bisa menghasilkan uang dengan AdSense ataupun iklan lainnya.

Tips SEO sangat banyak. Google juga menyediakan tips SEO dasar melalui halaman resmi Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur.

Kali ini CB mengulas hal mendasar tentang SEO, yaitu pengertian dan jenis-jenis SEO.

Pengertian SEO

Secara bahasa, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, Search Engine Optimizer, atau Pengoptimalan Mesin Telusur, atau Optimalisasi Mesin Pencari.

Secara istilah dan praktis, pengertian SEO adalah proses pengoptimalan wesbite atau blog agar terindeks mesin pencari –khususnya Google– dengan cepat dan mudah sehingga muncul di peringkat atas halaman hasil pencarian.

SEO adalah upaya menyesuaikan blog dengan cara kerja mesin pencari.

Jenis-Jenis SEO

Secara garis besar ada dua macam SEO:

  1. SEO On-Page
  2. SEO Off-Page.

SEO On-Page adalah optimasi website yang dilakukan di dalam web, menyangkut desain (template) dan konten (isi).

Ada istilah konten adalah raja. Desain ratunya. Content is King. Design is Queen. Dua-duanya penting, namun lebih penting raja, karena ia penguas tertinggi.

Contoh SEO On-Page antara lain kecepatan loading (page speed), meta tags, optimasi gambar (image), link building, permalink, dan penulisan artikel atau konten berkualitas.

SEO On-Page terbaik dimulai dengan memilih nama blog atau nama domain dan Template SEO Friendly.

SEO Off-Page adalah optimasi website yang dilakukan di luar bog (selain desain dan konten), dengan melibatkan website lain.

Contoh SEO Off-Page antara lain backlink building, optimasi media sosial, pasang iklan di blog lain, juga menyebarkan link ke forum-forum, grup whatsapp, dll.

SEO juga disebut Web Marketing berupa SEM, SEA, SMM, SMA, dan SMO.

jenis-jenis seo
Source
Jenis-Jenis Web Marketing menurut gambar di atas:

  • SEM = Search Engine Marketing, yaitu pemasaran melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. SEM terdiri dari SEA dan SEO.
  • SEA = Search Engine Advertising, yaitu memasang iklan di mesin telusur seperti Google, Yahoo, dan Bing.
  • SEO = Search Engine Optimization, Search Engine Optimizer
  • SMM= Social Media Marketing, yaitu pengoptimalan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube, dan lainnya. SMM terdiri dari SMA dan SMO
  • SMA = Social Media Advertising yaitu memasang iklan di media sosial
  • SMO = Social Media Optimization, yaitu promosi blog dengan share posting di media sosial.

Jenis-Jenis SEO Lainnya

Jenis-jenis SEO lainnya adalah sebagai berikut:

  1. White Hat SEO
  2. Black Hat SEO
  3. Grey Hat SEO

White Hat SEO adalah teknik SEO yang baik dan benar sebagaimana disarankan oleh Google, terutama penulisan konten berkalitas, link building, dan optimasi gambar. Intinya, SEO yang tidak melanggar aturan.

Black Hat SEO adalah kebalikan dari teknik white hat SEO, yakni dengan melanggar aturan yang telah ditetapkan Google dan mesin telusur lainnya. Misalnya, pengulangan kata kunci yang terlalu sering (keywords stuffing), link farming, dll.

Grey Hat SEO yaitu teknik optimalisasi yang ada wilayah abu-abu, antara boleh dan tidak atau trik yang kontoversial di kalangan pakar seo atau blogger. Misalnya, soal breadcrumbs dan tanggal posting.

Demikian sekadar pengantar tentang Pengertian dan Jenis-Jenis SEO. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian dan Jenis-Jenis SEO | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis-Jenis SEO"

Contact Form

Name

Email *

Message *