Cara Membuat Blog Pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi
Sebelum ke teknis Cara Membuat Blog Pribadi, kita bahas dulu pengertian blog pribadi (personal blog).

Soalnya, yang namanya blog sebenarnya adalah halaman web pribadi (personal web page) yang dibuat dan dikelola oleh perorangan, individu, bukan lembaga atau tim.

Meski banyak juga blog yang dikelola oleh tim, kelompok, atau lembaga.

Mungkin, yang dimaksud blog pribadi adalah blog milik pribadi, berisi pendapat atau tulisan sendiri tenang berbagai hal -- pengalaman, pengetahuan, atau gagasan.

Pengertian Blog

Ketika mengetikkan kata 'personal blog' di Google, akan ada tulisan tentang blog dari Wikipedia.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. (Wikipedia)

Sejarah panjang blog berawal dari pembuatan laman pribadi oleh Justin Hall tahun 1994 hingga lahirnya WordPress dan akuisisi Blogger oleh Google.

Tempat ngeblog atau membuat blog pribadi paling populer adalah WordPress dan Blogger (Blogspot).

Informasi yang kita cari pun sering ada di blog WP dan Blogger, selain dari situs berita (media siber) dan website lembaga/instansi.

Belakangan, populer juga membuat blog pribadi di akun media sosial, misalnya membuat blog pribadi di akun instagram dengan cara mengubah akun pribadi menjadi instagram bisnis.

Untuk membuat akun Instagram bisnis, kita hanya perlu masuk ke dalam menu ‘Settings’, lalu temukan pilihan ‘Switch to business account’, dan menyambungkannya dengan fanpage Facebook.

Manfaat Blog Pribadi

Income Diary menyebutkan setidaknya ada 20 manfaat blog pribadi, mulai dari mendapatkan pekerjaan yang lebih baik (Get a Better Job), memulai bisnis baru (Start a New Business), melatih keterampilan menulis (Become a Better Writer), hingga membangun jaringan (Build a Network) dan ekspresi diri (Express Yourself).

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Blog

Cara Membuat Blog Pribadi

Di atas sudah disebutkan, tempat ngeblog atau membuat blog pribadi paling populer adalah WordPress dan Blogger (Blogspot).

Di WordPress ada dua jenis blog, yaitu blog gratis dengan subdomain wordpress.com dan blog dengan nama domain dan hosting sendiri menggunakan CMS WordPress. Ada juga hosting dan domain gratis dengan CMS WordPress, seperti di 000Webhost.

1. Cara Membuat Blog di WordPress

Cara Membuat Blog di WordPress sangat mudah, semudah membuat email atau membuat akun media sosial. Modalnya hanya email.

1. Buka WordPress
2. Klik "Get Started" atau "Create your site"

Membuat Blog di WordPress

3. Akan terbuka halaman baru. Kita tingga memasukkan email, username (username untuk blog WP), dan password (kata sandi untuk login ke WP).

Kita juga bisa login otomatis menggunakan akun Google (Gmail).

2. Cara Membuat Blog di Blogger

CB sudah membuat tutorial lengkap cara membuat blog pribadi di Blogger --dengan subdomain blogspot-- ini di posting Cara Membuat Blog.

3. Cara Membuat Blog di Platform Lain

Selain WP dan Blogger, masih banyak platform blog lain yang bisa digunakan, seperti di Medium, Quora, Kompasiana, Blog Detik, Wix, dan sebagainya.

Namun, menurut CB, cukup bikin dulu di Blogger atau WordPress, lalu bikin juga di platform lain sekadar untuk coba pengalaman baru dan mempopulerkan blog utama.

Demikian Cara Membuat Blog Pribadi. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Membuat Blog Pribadi | Labels: Blogging edit this post

1 komentar on Cara Membuat Blog Pribadi

Contact Form

Name

Email *

Message *