Cara Membuat Word Cloud Online untuk Ilustrasi Posting Blog

Cara Membuat Word Cloud Online untuk Ilustrasi Posting Blog

Menampilkan data teks berupa Word Cloud, Tag Cloud, atau Text Cloud merupakan alternatif ilustrasi gambar posting blog. Contohnya seperti gambar di bawah ini:



Jika kita tidak memiliki gambar sendiri untuk melengkapi tulisan, menggunakan Word Cloud merupakan langkah bijak.

Kita juga bisa memilih Word Cloud yang sudah jadi, seperti di postingan LSI Keywords, CB gunakan gambar "awan kata" dari 123rf. Contoh lainnya Word Cloud tentang Blog berikut ini:

blog word cloud

Pengertian Word Cloud

Word Cloud (atau disebut juga tag cloud) adalah representasi visual dari data teks, biasanya digunakan untuk menggambarkan metadata keywords (tags) pada sebuah website/situs, untuk memvisualisasikan suatu bentuk teks secara bebas (Wikipedia).

Pengertian praktisnya perhatikan saja dua contoh Word Cloud di atas. Keren 'kan?

"Kata Awan" merupakan cara yang bagus untuk memvisualisasikan sentimen, menguasai teks yang besar, dan mengubah artikel yang menjemukan menjadi karya seni.

Dengan kata lain, Word Cloud adalah gambar yang terbuat dari kata-kata yang bersama-sama menyerupai bentuk berawan. Ukuran kata menunjukkan betapa pentingnya kata itu, mis. seberapa sering muncul dalam teks - frekuensinya.

Model grafis ini populer karena menarik dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan word cloud, gambaran frekuensi kata-kata dapat ditampilkan dalam bentuk yang menarik, namun tetap informatif. Semakin sering satu kata digunakan, maka semakin besar pula ukuran kata tersebut ditampilkan dalam word cloud.

Cara Membuat Word Cloud 

Kita bisa membuat Word Cloud secara online, gratis, untuk membuatnya dan menjadikannya sebagai ilustrasi posting blog. 

Berikut ini daftar beberapa Word Cloud Generator yang bisa kita gunakan.

1. WordArt.com

WordArt.com menciptakan gambar yang memukau, dan mudah menjadi salah satu generator word cloud terbaik.  Anda dapat mengunggah gambar dan menggunakannya untuk mengatur bentuk word cloud Anda. 

2. WordClouds.com

WordClouds.com memiliki balon teks kecil yang muncul menanyakan apakah Anda perlu bantuan membuat word cloud pertama Anda. Tidak seperti WordArt.com, WordClouds.com tidak secara otomatis menduplikasi kata-kata yang Anda kirim untuk mengisi gambar. 

3. Wordle

Wordle menemukan keseimbangan yang bagus antara kesederhanaan dan penyesuaian. Itu tidak memiliki embel-embel generator lain.

4. Jason Davies

Jason Davies seperti proyek sains interaktif daripada alat visualisasi data. Sementara setiap entri lain dalam daftar ini terutama berkaitan dengan membuat kata-kata Anda terlihat cantik, Davies 'memungkinkan Anda menggali matematika yang mengontrol penempatan kata-kata. 

5. Abcya.com

ABCya seperti versi WordCloud.com yang disederhanakan, mengorbankan semua kecuali opsi penyesuaian paling dasar untuk antarmuka ramah anak yang mudah digunakan. 

Anda dapat menyiapkan cloud kata dasar dalam beberapa saat menggunakan beberapa skema, bentuk, dan font warna preset.

6. TagCrowd

TagCrowd memiliki beberapa fitur unik - dan keterbatasan - dibandingkan dengan generator cloud kata lain dalam daftar ini. Misalnya, Anda dapat menempel di URL situs web mana pun dan membuat kata cloud dari teks di halaman itu. 

Anda juga dapat memilih untuk menambahkan nomor di samping setiap kata di cloud, untuk secara eksplisit menunjukkan seberapa sering itu muncul di halaman web (atau dalam teks apa pun yang Anda gunakan). 

7. WordItOut

WordItOut membantu Anda menghasilkan word cloud tidak seperti yang lain pada daftar ini. Pertama, memiliki dukungan emoji, yang sangat memperluas kemungkinan kreatif Anda. Kedua, Anda dapat memasukkan frasa menggunakan simbol. 

Itu dia Cara Membuat Word Cloud Online untuk Ilustrasi Posting Blog. Daftar Word Cloud Generator di atas saya sadur dari blog Poll Everywhere. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Membuat Word Cloud Online untuk Ilustrasi Posting Blog | Labels: Blogging, Software edit this post
0 Komentar untuk "Cara Membuat Word Cloud Online untuk Ilustrasi Posting Blog"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *