March 15, 2019

Cara Menghasilkan Uang dari Blog: 7 Sumber Penghasilan Blogger

March 15, 2019

Mendapatkan uang bukan tujuan utama blogging. Namun, tidak ada larangan jika menghasilkan uang dari blog menjadi misi utama blogger alias bisnis online dengan blogging.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog: 7 Sumber Penghasilan Blogger
Make Money Blogging - freedomthroughpassiveincome.com.*

Dalam bahasa Inggris, menghasilkan uang dari blog disebut make money blogging. Istilah Google: monetisasi (monetize) dan "mengubah hobi menjadi penghasilan".

Monetisasi adalah mengelola blog yang semula hanya sebagai ajang menulis dan berekspresi menjadi media untuk mencari uang.

Bagaimana cara mendapatkan pendapatan dari blog? Berikut ini 7 sumber penghasilan blogger.

AdSense merupakan sumber pendapatkan utama bloger.

"Dengan Blogger, Anda dapat menghasilkan uang melalui blog dengan menampilkan AdSense dan iklan lainnya di halaman Anda," kata Google yang juga menyediakan Panduan Google AdSense.

7 Sumber Penghasilan Blogger

Selain AdSense, ada enam cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog. Berikut ini 7 Sumber Penghasilan Blogger.

1. Iklan AdSense

Iklan menjadi sumber utama penghasilan blogger. Bahkan, iklan pula yang menjadi sumber utama semua media, baik media konvensional (koran, majalah, radio, televisi) maupun media baru seperti situs berita (media online, media siber).

Iklan terpopuler yang mendatangkan uang dari blog adalah iklan Google (AdSense), yaitu dengan menjadi penayang (publisher).

Untuk diterima menjadi penayang AdSense, trafik blog harus cukup tinggi. Perkiraan CB, minimal 1000 pengunjung per hari. Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak, konten blog juga harus banyak dan berkualitas baik.


diterima google adsense

2. Iklan Mandiri

Blog Anda juga bisa menyediakan ruang "iklan mandiri" atau menerima pemasangan iklan. Misalnya, iklan banner ukuran 300x250 Pixel di sidebar dibanderol harga Rp300.000 per bulan.

3. Content Placement

Disebut juga Sponsored Content. Blog dengan trafik tinggi biasanya mengundang minat internet marketer untuk memasang iklan berupa postingan. Artikel disiapkan oleh pemasang. Harga Content Placement antara 200-400 ribu per posting.

4. Review Produk

Mirip content placement, namun review produk atau jasa ditulis oleh blogger sendiri. Biasanya blog dengan trafik tinggi diminta untuk membuat review produk atau jasa, dengan tarif 200-400 ribu per posting.

5. Afiliasi

Afiliasi yaitu memasarkan atau menjual produ/jasa orang lain dan Anda mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Dikenal juga dengan sebutan pemasaran afiliasi (affiliate marketing).

Misalnya, Anda mengikuti program afiliasi Lazada, Zalora, atau Blibli. Jika ada yang mengklik tautan yang ada di blog Anda, dan mereka melakukan transaksi, maka Anda akan dapat komisi.

Sejumlah provider domain + hosting juga menyediakan program afiliasai, seperti Qwords.

Cara Kerja Afiliasi

Baca: Bisnis Online dengan Affiliate Marketing

6. Jasa

Jika Anda cukup mahir dalam blogging atau di bidang lain, maka Anda bisa menyediakan menawarkan jasa layanan premium, misalnya jasa seo, jasa edit template, menyediakan artikel seo, service komputer, dan sebagainya.

7. Donasi

Donasi atau sumbangan dari pembaca. Blogger bisa membuka rekening atau akun Paypal untuk menerima donasi dari pembaca.

Pengunjung yang puas, merasa dibantu, dan "baik hati" akan sukarela memberikan donasi kepada blogger yang sudah menyediakan konten berkualitas yang dibutuhkan dan bermanfaat.

Demikian 7 Sumber Penghasilan Blogger sebagai cara menghasilkan uang dari blog. CB sendiri menghasilkan uang dari AdSense, jual produk (template), iklan mandiri, content placement, dan jasa layanan premium.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Keluarga Duwitmu.com

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Cara Menghasilkan Uang dari Blog: 7 Sumber Penghasilan Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *