Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'

Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'

Tips memilih jasa membuat website agar tidak 'tersandera' ini CB tulis berdasarkan dua kisah nyata. Ada dua lembaga tersandera pihak penyedia jasa pembuatan website sehingga kesulitan melepaskan diri atau memutus kontrak.

Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'

Pertama, sebut saja lembaga RS. Humas RS meminta bantuan CB untuk redesain tampilan situsnya yang berbasis CMS WordPress.

Namun, Humas RS hanya punya username dan password wp-admin atau nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke dashboard website.

Sang Humas tidak memiliki username dan password CPanel dan untuk login ke provider Domain dan Hosting.

CB pun menjelaskan, Humas RS harus memiliki atau menyimpan tiga username dan password tadi, yakni:
  1. Admin WP
  2. CPanel
  3. Domain & Webhosting Provider.
Ia bilang, yang membuat website RS itu di sebuah kota. Maka, CB pun langsung menyarankan sang Humas RS untuk mengontaknya dan meminta ketiga kunci masuk ke ketiga pintu masuk website tersebut.

Setelah didapat, username dan password pun segera diganti, minimal bertujuan agar Humas RS tidak "disandera" pihak jasa pembuatan website dan leluasa pindah ke jasa lain atau kelola sendiri.

Kasus kedua, lebih parah. Sebut saja organisasi SB. Yang minya bantuan ketua umumnya langsung. Kembali, saat ditanya username dan password, SB hanya punya nama pengguna dan kata sandi untuk login ke wp-admin atau admin website saa, tanpa bisa masuk ke CPanel dan Provider Domain Hosting.

Saat diminta ke pihak jasa pembuatan website, sang penyedia jasa hanya memberi akses ke CPanel. Alasannya, akses ke provider hosting berupa email tunggal yang menyatukan semua kliennya.

Parahnya, biaya pembuatan webnya "tidak wajar", mahal sekali, plus biaya maintenance, bahkan minta tambahan biaya untuk pembuatan akun media sosial dan koneksi ke situs.

Karena awam, organisasi SB ini menurutinya. Saat dijelaskan detail pembuatan website, mulai dari pembuatan email, order domain + hosting, web development, hingga akun media sosial, pihak organisasi SB pun merasa "dikerjai" (ditipu) oleh penyedia jasa membuat web.

Tips Memilih Jasa Membuat Website 

Dari dua kasus di atas, berikut Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'.

Tips atau cara paling aman, tentu dengan membuat website sendiri, mulai dari order domain & hosting hingga pembuatannya.

Namun, jika harus menggunakan jasa membuat website, dalam hal ini website berbasis CMS WordPress, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kenali Profil Jasa Pembuatan Website

Saat ini banyak sekali jasa membuatkan wesite, baik web pribadi, lembaga, maupun website berita. Kenali profilnya, timnya, alamatnya, testimoni kliennya, yang biasanya ada di website resmi jasa pembuatan website profesional.

2. Ketahui Biaya Standar Pembuatan Website

Biaya membuat website itu relatif, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung paket hosting yang dipilih dan kesulitan pembuatan website.

Sebagai gambaran, jika Anda membuat website berbasis blog Blogger (hosting gratis di Blogger), biaya yang diperlukan sebagai berikut:
  1. Beli domain: kisaran Rp 100-200 ribu (per tahun).
  2. Beli template premium: kisaran Rp 100-200 ribu (sekali).
  3. Biaya desain/setting: kisaran Rp 200-500 ribu (sekali)
  4. Total: maksimal Rp600 ribu.
Lihat: Harga Paket Domain & Hosting

3. Siapkan Email Khusus

Sebaiknya, buat email baru, misalnya di Gmail, untuk email khusus website yang dibuat. Sesuaikan nama email dengan nama web yang akan dibuat.

Setelah email jadi, serahkan username dan password email tersebut kepada pihak jasa pembuatan website.

Katakan kepada jasa pembuatan website, agar menggunakan email tersebut untuk order domain, hosting, email admin (login ke web), dan sebagainya yang terkait dengan website.

Nantinya, jika proses membuat web sudah selesai, pihak jasa web akan menyerahkan kembali email dan segala username dan password kepada Anda.

Pastikan email tersebut digunakan untuk akses ke:
  1. Admin WP
  2. CPanel
  3. Domain & Hosting Provider.
Jika Anda memilih CB sebagai jasa pembuatan website, maka CB akan buatkan email khusus, dan nanti semua kunci akses diserahkan sepenuhnya kepada Anda, jika web sudah selesai.

Demikian Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'. Wasalam. (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera' | Labels: Tips, Website edit this post

1 komentar on Tips Memilih Jasa Membuat Website Agar Tidak 'Tersandera'

  1. bermanfaat, saya jg pernah sekali mengalaminya jadinya buat sendiri deh

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *