Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress: Khusus Pemula

Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress: Khusus Pemula

Pada artikel kali ini saya akan bagikan cara yang paling cepat untuk membuat website buat pemula.

Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress: Khusus Pemula

Web yang kamu buat ini bisa digunakan untuk banyak hal, bisa sebagai untuk website pribadi kamu, bisnis online, dll.

Yang dibutuhkan hanyalah 3 hal:
  1. Domain (sekitar Rp 150 ribu/tahun)
  2. Hosting (sekitar Rp 20 ribuan per bulan)
  3. WordPress (gratis)
Sebenarnya untuk bikin web itu tidak serumit yang dibayangkan, apalagi kalau cuma sekadar situs yang berisi informasi saja. Maksimal sekitar 30 menit kamu sudah bisa bikin situs web sendiri kalau diawal sudah beli domain dan hosting.

Domain

Domain website itu ibaratnya alamat rumah kita. Contoh domain: google.com, tokopedia.com, bukalapak.com

domain website


Untuk mendapatkan domain memang harus berbayar ya. Sekitar 150 ribu per tahun. Sebisa mungkin pilihlan nama domain yang sesuai dengan branding anda, catchy, dan gampang diingat. Silakan baca panduan membeli domain.

Hosting

Hosting itu adalah tempat penyimpanan data website yang kita bangun. File yang kita simpan di web hosting bisa berupa image, pdf, script, dll.

Semakin besar kapasitasnya tentu semakin baik, karena kita lebih bebas untuk berkreasi dan menyimpan data.

Yang terpenting adalah cari hosting yang punya uptime disekitar 99,97% dan juga loading speed disekitar 400ms. Itu adalah standard hosting yang baik.

Tujuannya apa? Tentunya agar website kita tidak sering down, susah diakses, dan loading lambat. Kita tidak mau itu terjadi. Menurut pengalaman saya, faktor hosting lumayan besar menentukan cepat atau tidaknya loading website kita.

Untuk mendapatkan domain dan hosting ini kamu bisa beli dari perusahaan penyedia domain dan hosting, seperti niagahoster, domainesia, idwebhost, dll.

WordPress


Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS) situs kita. CMS itu ibaratnya mesin dari website kita.

Semua elemen yang diperlukan untuk membangun website sudah dipersiapkan oleh wordpress. Kita hanya tinggal install wordpress ke hosting yang kita beli sebelumnya.

Kabar baiknya wordpress itu gratis ya. Yup, kita tidak perlu bayar sepeser pun. Begitu juga nanti dengan beberapa plugin yang disediakan wordpress, banyak yang gratisan dan juga bagus-bagus.

Wordpress juga salah satu CMS terbesar di dunia, jadi kamu jangan ragu untuk masalah support karena sudah banyak tutorial wordpress bahasa indonesia diluar sana. Tinggal di gugling saja.

Cara Membuat Website: Install WordPress 

Berikut cara mudah menginstall wordpress ke website kita:

1. Login ke Cpanel

Anda bisa ketik, domainanda.com/cpanel, untuk username dan password cpanel silahkan cek email pembelian hosting anda ya.

CPanel


2. Setelah sukses login cpanel >> Softaculous Apps Installer >> WordPress

Kamu tinggal klik gambar WordPress.

Softaculous Apps Installer >> Wordpress


3. Ubah Settingan Awal

Di sini silakan pilih versi WordPress yang mau kamu instal, pilih protokol http atau htpps, site name, site description, username, password.

Ubah Settingan Awal


Setelah itu klik install, tunggu prosesnya loading dalam 3-4 menit.

Install WordPress


Website Anda sudah selesai!

Seperti yang Anda lihat, hanya dengan 3 tahap saja website sudah jadi dari sebelumnya nol alias tidak ada. Hehe..

Pilih Tampilan Website

Di WordPress ada ribuan tema gratis yang bisa kamu gunakan. Silahkan klik appreance >> themes

Di situ Anda bebas bereksperimen dengan tampilan manapun. Saran saya sih, gunakan yang responsive saja agar website dapat terlihat bagus di mobile, smartphone, laptop, maupun komputer.

Untuk tahap selanjutnya adalah memperhatikan aspek Search Engine Optimization (SEO) website kita; mulai dari on page title tag, kata kunci di judul, dll, dan juga off page seperti backlink.

Karena apa gunanya website tanpa pengunjung. Saya sarankan sih untuk fokus ke on page dulu, dan membuat konten yang bagus. Karena hal itu yang nantinya menjadi pondasi dalam langkah berikutnya.

Tentukan Topik Website

Tahap berikutnya adalah menentukan tema website.

Ini adalah bagian yang opsional. Apabila kamu sudah punya ide dari awal, maka tinggal luangkan waktu untuk menulis konten sesuai rencana awal kamu. Kalau belum ada ide, kamu bisa coba pikir seputar hobi, ataupun kemahiran kamu dibidang tertentu. Mau itu programming, berkebun, memancing, dll.

Tema blog gado-gado juga ga masalah kok. Atau kalau perlu kamu coba lihat website ataupun blog populer lain untuk meniru beberapa ide artikel mereka, sebagai inspirasi diawal.

Kalau websitenya mau dipergunakan untuk bisnis online, kamu bisa lihat disini contoh peluang usaha online yang menguntungkan bagi pemula.

Saran saya sih, mulai dengan mengikuti kontes blog, adsense, dan juga jadi influencer. Baca diartikel itu aja yah. Karena menurut saya itulah cara yang paling cepat untuk mendapatkan uang dari internet bagi pemula.

Akhir kata, semoga tips membuat website dengan wordpress ini bermanfaat. Jika kamu ada pertanyaan, silahkan tulis dibawah ya!

Thanks for reading Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress: Khusus Pemula | Labels: Desain Blog, Tips, Website, WordPress edit this post
0 Komentar untuk "Cara Membuat Website Cepat dengan WordPress: Khusus Pemula"

Contact Form

Name

Email *

Message *