Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website

Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website

Memilih Domain dan Hosting adalah langkah awal membuat website, baik web pribadi (blog) maupun website lembaga, perusahaan, ataupun web e-commerce (toko online).  Tanpa domain dan hosting, website tidak akan bisa diakses orang lain melalui internet.

Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website

Sebelum ke tips memilih domain dan hosting, kita bahas dulu sekilas pengertian domain dan hosting.

Pengertian Domain

Domain atau Nama Domain (Domain Name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server, di jaringan komputer ataupun internet.

Contohnya, ya blog ini: www.contohblog.com. Contoh lain: detik.com, republika.co.id, wikipedia.org, dll.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL atau alamat website. Di Blogger, saat akan membuat blog baru, nama domain ada di kolom Alamat (Address), di bawah Judul (Title).

nama domain

Lebih jelasnya, domain adalah alamat website yang biasa diawali dengan http://www atau www saja diikuti nama domain dan ekstensi domain seperti dalam gambar berikut ini:
alamat web

Untuk web gratis di Blogger, maka alamat website akan ditambah domain .blogspot.com atau .blogspot.co.id di belakangnya yang menunjukkan website tersebut dihosting di Blogger/Blogspot milik Google.

Pengertian Hosting

Hosting atau Web Hosting itu adalah tempat penyimpanan data website yang kita bangun. File yang kita simpan di web hosting bisa berupa image, pdf, script, dll.

Jika kita membuat website gratis di Blogger, maka hosting tempat menyimpan postingan, gambar, dan kode-kode yang membangun website itu adalah Blogger milik Google.

Tips Memilih Domain 

Setelah mamahami pengertian domain, kini kita bahas cara memilih atau menentukan nama domain untuk website kita.

Nama domain bisa berupa nama kita, bisa nama asli atau nama panggilan, bisa juga nama perusahaan atau lembaga.

Para pakar web desain umumnya memberikan tips sebagai berikut dalam menentukan atau memilih nama domain untuk sebuah website:

1. Ringkas

Makin ringkas, makin baik. Jika nama lembaga Anda, misalnya, Gerakan Aksi Diri Sendiri, maka gunakan nama singkat saja, misalnya gads (GADS), jangan gerakanaksidirisendiri. Kepanjangan!

2. Mudah ditulis

Usahakan hindari tanda sambung (-) atau tanda underscore (_) dalam nama domain. Jadi, Hindari penambahan karakter pada domain

3Mudah diucapkan

Kadang kita harus ngasih tau nama web dengan lisan. Biar sekali ucap bisa dimengerti, pilih nama domain yang mudah diucapkan, seperti contohblog, detik, republika, kompas, jamtanganmurah, dll.

4. Gunakan ekstensi domain .com

Gunakan ekstensi domain .com jika masih tersedia. Jika sudah dibooking orang lain, pilih .net atau .org, .id. Jika berupa organisasi, pilih or.id atau org. Untuk perusahaan, pilih co.id. Lihat: Pengertian Nama-Nama Ekstensi Domain.

5. Beli Domain dari Provider atau Registrar Terpercaya

Kita menyewa atau membeli nama domain dari provider domain atau registrar. Sangat banyak provider domain hosting. Jangan bingung, silakan beli domain di salah satu provider yang ada di laman Promohosting.id 

Tips Memilih Hosting 

Setelah memilih nama domain, saatnya memilih Hosting. Banyak sekali provider webhosting untuk membangun website sekaligus menyimpan file-file dan konten web kita.

Biasanya provider hosting menyediakan tipe-tipe hosting website dengan spesifikasi yang berbeda-beda, seperti Shared hosting, Virtual Private Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting.

Untuk pemula, pilih tipe shared hosting karena lebih murah. Jika akan membangun website menggunakan WordPress, maka pilih paket WordPress Hosting yang khusus disediakan untuk website berbasis WP.

Untuk memilih hosting murah dan terbaik, silakan buka Kode Promosi Niagahoster. Niagahoster menyediakan ragam hosting dengan harga terbaik.

Promohosting.id adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai macam kode promo untuk pembelian hosting terbaik di Indonesia. Anda bisa mendapatkan diskon tambahan jika menggunakan kode promo dari situs tersebut.

Kode promo yang tersedia juga eksklusif dan diskon tambahan yang di dapat lebih banyak dibandingkan menggunakan kode promo dari situs lain. Sebagai contoh, untuk pembelian hosting di Niagahoster dengan menggunakan kode kupon dari situs lain, yaitu dengan kode kupon "a-UPDATE", hanya mendapat diskon sekitar 5%. Sedangkan saat menggunakan kode kupon yang ada di promohosting.id, yaitu dengan kode kupon "PROMOHOSTING", bisa mendapatkan diskon tambahan sebesar 10%. Lebih hemat bukan? Silakan bisa Anda buktikan sendiri.

Demikian Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website | Labels: Domain, Webhosting, Website edit this post
0 Komentar untuk "Tips Memilih Domain dan Hosting untuk Membuat Website"

Contact Form

Name

Email *

Message *