Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia

Daftar hashtag (#) atau tanda pagar (tagar) yang biasa trending di Twitter Indonesia ini bisa dimanfaatkan blogger untuk mempromosikan blog atau postingannya. Media sosial seperti Twitter efektif menaikkan trafik pengunjung blog.


Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia

Pengertian Tagar

Kita mulai dari pengertian tagar atau hashtag, lalu asal-usul dan fungsinya. Setelahnya kita ulas Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia.

Tagar (hashtag) adalah singkatan dari tanda pagar (#). Tagar ini diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial, terutama Twitter dan Instagam, misalnya #PersibDay, #Blogging, #2019GantiPresiden, #JumatBerkah, dan sebagainya.

Tagar merupakan bentuk tag metadata. Pesan singkat di jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram atau Facebook dapat ditandai dengan menempatkan "#" sebelum kata-kata penting.

Tagar menyediakan cara untuk mengelompokkan pesan tersebut, karena orang dapat mencari tagar dan mendapatkan seperangkat pesan yang mengandung itu. (Wikipedia)

Secara praktis, tagar merupakan "tema" obrolan di media sosial, meskipun banyak juga yang menjadi "penumpang gelap", yaitu akun yang menggunakan tagar yang sedang trending, namun isinya jualan, promosi, atau propaganda.

Kehadiran tagar membuat semua pengguna Twitter bisa terlibat dalam sebuah topik, bahkan akun yang baru "netas" (dibuat) pun bisa meramaikan alias "nimbrung" dalam sebuah tagar trending topic di Twittter.

Fungsi Tagar

Tagar berfungsi sebagai marking atau penanda percakapan. Simbol # ini dipopulerkan oleh pengguna Twitter (Tweeps).

Menurut twitter.com, tagar digunakan untuk mengindeks kata kunci atau topik di Twitter. Fungsi ini dibuat di Twitter dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti topik yang mereka minati dengan mudah.

Awal kemunculan tagar lebih digunakan untuk menggabungkan suatu topik pembicaraan supaya mudah dimonitor oleh pengguna.

Asal-usul Tagar

Asal-usul tagar bukan dari Twitter. Pada awalnya, tagar Twitter dibuat oleh Jack Dorsey untuk meng-update status pekerjaannya ke semua rekan sekantornya.

Dorsey berasumsi, ia tak perlu memberi tahu satu per satu temannya, jadi komunikasinya bersifat satu arah.

Ada juga yang mengatakan, tanda # ini pertama kali dimunculkan di Twitter oleh seseorang pemasar laman website di Silicon Valley, yaitu Chris Messina pada 2007.

Sebelumnya, tagar digunakan untuk pengganti kata nomor (nomor 7 misalnya menjadi #7). Tagar juga muncul di tombol telepon rumah untuk melengkapi tombol mesin telepon menjadi persegi dengan 10 digit (termasuk nol).

Dilansir Mental Floss, tagar berasal dari frasa latin. Ketika bahasa Latin abad ke-14 mulai menyingkat istilah 'weight-libra pondo' menjadi 'lb', sebuah garis miring horizontal muncul. 

Ketika orang mulai menulis cepat, huruf dan tandanya bergabung menjadi simbol tagar seperti yang kita lihat sekarang.

Pada 2014, Kamus Inggris Oxford memasukkan kata 'hashtag' sebagai sebuah kata atau frasa untuk mengidentifikasi pesan yang berkaitan dengan topik tertentu.

Tagar terpopuler sepanjang masa adalah #TheWalkingDead dan #StarWars. Ada juga tagar #NFL mendominasi tweet terkait olah raga.

Pakar keamanan siber, Ismail Fahmi, menjelaskan bagaimana sebuah tagar dapat masuk dalam daftar tren terpopuler (trending topic) di Twitter.

Ismail menyatakan indikator yang membuat sebuah tagar menjadi trending bukanlah jumlah keseluruhan tweet yang mengandung tagar tersebut, melainkan kenaikan jumlah tweet dalam jangka waktu tertentu.

"Trending topic itu algoritmanya berdasarkan kecepatan seberapa banyak tagar itu disebut dalam tweet, dalam periode yang singkat," katanya dikutip cnnindonesia.com.

Ia memberi contoh, misalkan sebuah tagar masuk ke daftar trending topic karena dalam waktu satu jam tagar itu disebut (termasuk retweet) dalam 3 ribu tweet.

Namun, pada jam berikutnya, tagar itu juga disebut sebanyak 3 ribu kali dalam tweet. Walaupun jumlahnya tinggi, tetapi hal ini dilihat sebagai sesuatu yang konstan oleh Twitter.

Di sisi lain, jika muncul sebuah tagar baru yang dalam satu jam disebut dalam seribu tweet, maka tagar itulah yang akan menjadi trending.

"Jadi bukan soal jumlah total, tapi kalau kenaikannya signifikan dalam waktu yang singkat, itu jadi trending," ujar Ismail.

Untuk membuat sebuah tagar menjadi trending, seringkali digunakan bot untuk melakukan posting tweet maupun me-ReTweet agar jumlah tweet yang mengandung sebuah tagar naik dalam jumlah besar.

Ismail mengungkapkan cara membedakan bot dengan user adalah dengan memerhatikan pola posting tweet maupun ReTweet-nya.

"Bot cenderung diprogram untuk me-ReTweet akun-akun tertentu, biasanya hanya satu atau dua orang yang itu-itu saja. Kalau manusia biasanya tidak hanya me-ReTweet satu orang," tuturnya.

Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia

Berikut ini Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia. Blogger bisa memanfaatkan tagar-tagar ini untuk promosi blog atau postingan, terutama yang sesuai dengan tagar yang trending.

#PersibDay

Di Indonesia, tagar yang selalu trending antara lain #PersibDay saat tim Persib Bandung bertanding yang ditulis para suporter Persib (bobotoh). Tagar ini selalu trending tiap kali Persib bertanding sekaligus menunjukkan "Power of Bobotoh" di media sosial.

Selain #PersibDay, tagar lain yang biasa trending adalah #PersijaDay dan #PersebayaDay. Trendingnya tagar-tagar tersebut menunjukkan banyaknya suporter Persib, Persija, dan Persebaya yang aktif di Twitter atau media sosial lainnya.

#MalamJumat

Tagar Malam Jumat selalu trending topic di Indonesia tiap Kamis malam. Isinya beragam, mulai yang "menjurus ke arah itu", meme-meme kocak, gambar atau video menyeramkan, hingga yang "tidak nyambung" alias penumpang gelap.

#JumatBerkah

Seakan melanjutkan tagar malam harinya, tagar Jumat Berkah juga biasa trending di hari Jumat. Isi cuitannya beragam, mulai dari yang serius --biasa mengingatkan kewajiban sholat Jumat bagi pria Muslim-- hingga meme-meme lucu.

#SabtuRebahan

Akhir pekan identik dengan wisata, pelesiran, liburan, atau "rebahan" saja di rumah untuk istirahat. Nah, banyak pengguna Twitter yang meramaikan tagar Sabtu Rebahan dengan berbagai status update. Umumnya lucu-lucu.

#BesokSenin

Tagar #BesokSenin seakan menyambung tagar sebelumnya. Tagar ini biasa trending topic di hari Minggu hingga malam Senin. Isinya yang serius mengingatkan besok mulai kerja lagi, liburan sudah selesai, dan seperti biasa banyak juga meme-meme atau status lucu bin kocak.

#SetorFoto

Tagar #SetorFoto biasanya muncul akhir pekan, mulai Sabtu hingga Minggu malam. Warganet menyetorkan fotonya di akun masing-masing. Isinya berbagai kegiatan atau hasil jepretan terbaru ataupun foto lama.

#SelamatDatangDiTwitter

Hashtag ini dicetuskan untuk menyambut para pengguna platform media sosial lain yang baru saja mulai menggunakan Twitter. Ada perbedaan karakteristik dari pengguna masing-masing platform media sosial dan perbedaan-perbedaan ini berhasil diterjemahkan dalam bentuk yang lucu dan menghibur.

#RecehkanTwitter

Hashtag ini mengajak pengguna Twitter buat berbagi lawakan “receh” pendek di timeline. Banyak cuitan kreatif dengan hashtag #RecehkanTwitter yang lucunya sampe tingkat receh dan jadi viral dalam hitungan detik.

Tagar lain yang selalu trending adalah tagar buatan buzzer, baik "buzzer bayaran" --bisa disebut #BuzzerRp maupun "buzzer independen".

Beberapa akun bahkan menyediakan hadiah atau GiveAway dengan meminta follower atau netizen mengangkat satu tagar atau satu kata, frasa, atau kalimat agar menjadi trending.

Demikian Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia yang bisa dimanfaatkan blogger untuk mempromosikan blog atau postingannya yang sesuai dan meningkatkan pengunjung

Good Luck & Happy Bogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia | Labels: Media Sosial edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Daftar Tagar yang Biasa Trending di Twitter Indonesia"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top