5 Ciri Template Blog SEO Friendly

5 Ciri Template Blog SEO Friendly

Template atau tema (theme) blog adalah desain tampilan blog. SEO Friendly artinya ramah mesin telusur atau bersahabat dengan mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo, dan Yandex.

Dengan demikian, template blog seo friendly artinya template blog yang ramah mesin telusur sehingga blog mudah diindeks dan diperingkat mesin pencari, khususnya Google.

Bloger pemula (beginner blogger) mungkin belum memahami template blog seo friendly. Biasanya, newbie blogger --seperti dialami CB di awal blogging-- lebih mengutamakan "keindahan" desain tampilan blog.

Bloger tingkat menengah (intermediate blogger) yang sudah agak lama ngeblog biasanya mulai sadar pentingnya template blog seo friendly dan mulai "mengabaikan" keindahan.

Bloger tingkat mahir (advanced blogger) akan fokus ke template blog seo friendly dan menggunakan tema yang lebih simple dan bersih.

Bloger tingkat mahir juga biasanya sudah bisa modifiksi atau edit template, mulai memahami CSS, HTML, dan XML yang membangun sebuah template, bahkan sudah bisa membuat tema blog untuk sendiri ataupun bagikan dan/atau dijual.

5 Ciri Template Blog SEO Friendly

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, berikut ini ciri-ciri template blog seo friendly yang mudah diindeks dan mendapatkan peringkat tinggi di Google.

1. Cepat, Ringan

Dikenal dengan istilah Fast Loading, template blog seo friendly memiliki ciri utama tampil cepat, di bawah satu detik.

Kecepatan halaan (Page Speed) blog bisa dicek melalui laman PageSpeed Insight atau GT Metrix.

Kecepatan menjadi ciri pertama template blog seo friendlu karena menurut KissMetrix,  jika blog atau web Anda membutuhkan lebih dari 3 detik untuk tamppil, maka 40% pengunjung akan meninggalkan blog Anda dan takkan membukanya lagi.

pentingnya kecepatan blog

Menurut KissMetrics, ketika orang meninggalkan blog Anda, Anda tidak hanya kehilangan potensi pendapatan, tetapi juga semua uang dan waktu yang Anda habiskan menghasilkan lalu lintas (trafik).

Algoritme Google lebih suka menampilkan blog atau situs web yang menawarkan pengalaman pengguna yang hebat --dan kecepatan situs adalah faktor yang sangat besar.

Di mata Google, situs web yang menawarkan pengalaman pengguna yang baik umumnya memiliki rasio pentalan yang lebih rendah dan memuat dengan cepat. "Make the Web Faster!" kata Google.

Menurut WebsiteOptimization.com, situs web yang lambat tidak hanya dirasakan berkualitas rendah, ia juga melihat penurunan lalu lintas hingga 20%.

Jelas ya, kecepatan adalah ciri pertama template blog seo friendly. Faktor yang membuat sebuah blog berat antara lain ukuran gambar dan kode script. Iklan Google AdSense juga memengaruhi kecepatan blog.

Template blog gaya majalah (magazine style) dipastikan akan berat karena akan mengandung banyak kode script (javascript) yang membangun desain halaman depan dengan gaya news site.

Namun, belakangan, situs-situs berita pun memilih desain sederhana. Lihat saja Detik, CNN, dan CNBC yang desain halaman depannya mirip template blog.

2. Responsive

Ciri kedua template blog seo friendly adalah ramah seluler (mobile-friendly) atau responsive. Ia mudah dibuka atau diakses via SmartPhone (HP), juga mudah dan enak dibaca.

Ciri kedua ini diperkuat dengan diluncurkannya algoritma Mobile-Geddon oleh Google. Blogger sendiri menyediakan template versi mobile, terutama versi 3 (Contempo dkk).

Namun, jika kita menggunakan template blog versi 2 (Simple dkk), kita juga bisa membuatnya responsive.

Responsive

3. Meta Tag

Ciri ketiga template blog seo friendly adalah meta tag seo. Meta tag yaitu kode dalam template yang berisi judul (title tag) dan meta deskipsi (meta description).

Pastikan tag judul blog Anda berupa kode Title Tag SEO Friendly yang menggantikan meta title bawaan Blogger:

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Untuk Meta Description, Blogger sudah menyimpankan kodenya dalam kode All Head Content berikut ini:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Kode tersebut sudah berisi meta deskripsi halaman depan dan halalam posting. Yang harus kita lakukan adalah melakukan setting di :

  • Setting > Basic > Description


  • Setting > Search preference > Meta tags.





4. Heading Tags Dinamis

Ciri Template Blog SEO Friendly yang keempay adalah menggunakan heading tag dinamis, yaitu menggunakan H2 untuk judul posting halaman depan (homepage) dan H1untuk judul tulisan di halaman dalam (single post).

Di template bawaan Blogger, semua judul menggunakan H3. Heading H1 untuk judul/nama blog di semua halaman.

heading tag dinamis

Silakan baca: Cara Membuat Heading Tag Dinamis Blog untuk SEO

5. Structured Data

Ciri template blog seo yang kelima adalah memiliki data terstruktur (structured data) yang baik, tidak error. Structured Data ini disebut sebagai "trigger" bagi SEO atau memperkuat ke-seo-an blog karena memudahkan mesin pencari mengidentifikasi jenis konten blog.

Data terstruktur konten blog dibangun menggunakan schema markup. Skema terpenting menurut CB ada tiga, yaitu Webpage, Blogposting, dan Breadcrumbs.

Untuk skema markup blog, silakan buka Schema Mark up Minimal buat Blog.

Demikian 5 Ciri Template Blog SEO Friendly. Namun, harus diingat, faktor seo utama tetap konten. Content is King. Template pendukungnya agar banyak pengunjung.

Dapatkan Template Blog SEO di Galeri Template CB.

Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading 5 Ciri Template Blog SEO Friendly | Labels: Template Blog, Tips SEO edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "5 Ciri Template Blog SEO Friendly"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top