Tanpa Social Distancing, Virus Corona Covid-19 Bisa Bunuh 40 Juta Orang

Virus Corona atau Covid-19 benar-benar mematikan. Menjaga jarak (social distancing) menjadi salah satu cara ampuh memutus atau menekan penyebaran virus maut ini. Social distancing bisa selamatkan 40 juta nyawa!

Tanpa Social Distancing, Virus Corona Covid-19 Bisa Membunuh 40 Juta Orang

Sebuah studi menyebutkan, tanpa social distancing, Covid-19 bisa membunuh hingga 40 juta orang!

Dilansir Mashable, pada titik pandemi coronavirus ini, kita mungkin sudah pernah mendengar tentang istilah 'jarak sosial'.

Sejumlah organisasi, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menekankan pentingnya menjaga jarak antara Anda dan orang lain, untuk mengekang penyebaran virus corona baru ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) merekomendasikan jarak setidaknya enam kaki atau dua meter.

Jarak sosial atau social distancing ini ternyata telah menyelamatkan jutaan nyawa! Pada  31 Maret 2020, telah ada total 786.291 kasus Covid-19 yang dilaporkan di seluruh dunia, dengan total korban meninggal dunia 37.820orang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College di London menunjukkan, tanpa intervensi seperti social distancing, mungkin akan ada 7 miliar kasus Covid-19 di seluruh dunia dan sebanyak 40 juta kematian!

"Analisis kami menyoroti keputusan menantang yang dihadapi oleh semua pemerintah dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, tetapi menunjukkan sejauh mana tindakan cepat, tegas dan kolektif sekarang dapat menyelamatkan jutaan nyawa," tulis para peneliti.

Saat ini, setidaknya 3 miliar orang berada di bawah situasi penguncian (lockdown) atau beberapa bentuk kontrol gerakan, tergantung pada pemerintah mereka. Ini adalah upaya untuk memutus rantai penularan Covid-19 yang telah menyebar.

Tetapi, tidak setiap pemerintah bergerak cepat, dan itu bisa menjadi langkah fatal.

Di Amerika Serikat, misalnya, sekitar 30 negara telah menerapkan pesanan "tinggal di rumah" (stay at home) pada 30 Maret 2020, menurut CNN. Namun demikian, kegiatan di luar ruangan masih diperbolehkan dan beberapa layanan yang tidak penting masih terbuka.

"Keterlambatan dalam menerapkan strategi untuk menekan penularan akan menyebabkan hasil yang lebih buruk dan lebih sedikit nyawa yang diselamatkan," tulis para peneliti dalam laporan hasil penelitian mereka.

Meskipun, kita tidak dapat mengendalikan tindakan orang lain, kita dapat melakukan yang terbaik untuk melindungi diri kita sendiri dan orang yang kita cintai.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk tetap aman.

Berikut beberapa aktivitas online yang dapat Anda lakukan untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga dalam situsi pandemi corona dan social distancing.

diam di rumah

Diam di rumah! Stay at Home!

Kita tidak tahu seberapa besar kita bisa menekankan hal ini, tetapi jika Anda dapat bekerja dari rumah dan Anda tidak memiliki kebutuhan mendesak untuk ditangani di luar, jangan tinggalkan rumah Anda!

Jarak sosial tidak berarti memutuskan semua kontak dengan orang yang Anda cintai. Sebenarnya, ini adalah waktu yang tepat untuk berhubungan dengan orang yang belum Anda ajak bicara.

Saat Anda melakukan itu, mengapa tidak mencoba aplikasi ini untuk menghubungi mereka. Kami berharap semua orang tetap aman, waras, dan sehat.

Catatan di atas, menegaskan pentingnya diam di rumah dan social distancing, demi menghentikan Covid-19. Jangan ngeyel dan "sok jago"! Ikuti saran pemerintah dan medis.*

Thanks for reading Tanpa Social Distancing, Virus Corona Covid-19 Bisa Bunuh 40 Juta Orang | Labels: Covid-19, News, Ragam edit this post
0 Komentar untuk "Tanpa Social Distancing, Virus Corona Covid-19 Bisa Bunuh 40 Juta Orang"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top