Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Secara bahasa, arti wiraswasta dan wirausaha itu sama. Namun secara istilah, wiraswasta dan wirausaha berbeda. Ini dia Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha.

Pengertian dan Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

KITA sering mendengar istilah entrepreneur. Dari kata itu muncul varian lain, seperti teknopreneur, edupreneur, bahkan blogpreneur.

Entrepreneur dalam bahasa Indonesia disebut wiraswasta. Secara bahasa, pengertian wiraswasta dan wirausaha itu sama.

Menurut KBBI, wiraswasta artinya "orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya".

Namun, beberapa ulasan tentang istilah Wiraswasta dan Wirausaha menjelaskan, kedua istilah ini berbeda arti.

Pengertian Wiraswasta dan Wirausaha

Mengutip laman centrausaha.com, wiraswasta adalah orang yang mampu bersikap, berpikir, serta bertindak berdasarkan kemampuan serta keberanian untuk mengadakan pekerjaan sendiri, mencari uang sendiri, serta bekerja dengan sikap yang mandiri.

Ia mempunyai dorongan untuk membuat sesuatu yang berbeda dengan yang lain, dengan cara mempergunakan waktu dan kegiatan, yang diikuti oleh modal serta kemungkinan gagal, juga penerimaan balas jasa dan kepuasan serta kewenangan yang bebas atas bisnisnya tersebut.

Sedangkan istilah wirausaha sendiri baru ada ketika perkembangan teori ekonomi modern dan didefinisikan sebagai berikut.
  • Orang yang menciptakan sebuah kreasi serta inovasi
  • Orang yang dapat menguasai keahlian dalam produksi, pemasaran, penyediaan modal, dan pengawasan.
Fokus usaha dari seorang wirausaha adalah mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya. Sementara itu, fokus usaha dari wiraswastawan adalah sekadar paruh waktu.

Ada juga pendapat, wiraswasta ternyata lebih mengacu kepada karakter atau kemampuan.

Istilah wiraswasta tidak mengacu kepada suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang, melainkan karakter atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyadari serta merintis berbagai macam peluang usaha.

Seseorang bisa dikatakan sebagai seorang wiraswastawan unggul jika mampu memanfaatkan sumber daya serta informasi yang dimiliki guna membangun jaringan. Tidak hanya itu, wiraswastawan juga harus mampu menghasilkan keuntungan secara finansial selama kurun waktu yang lama atau jangka panjang. Barulah dengan begitu wiraswastawan bisa dikatakan unggul.

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha sebenarnya terletak pada istilah swasta dan usaha.
  • Wira = pahlawan; laki-laki; bersifat jantan (berani); perwira.
  • Swasta = bukan milik pemerintah; partikelir.
  • Usaha = kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu; kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan:
Makin bingung 'kan?

Ini dia berdanya wiraswasta dan wirausaha:

  • Wiraswasta adalah seseorang yang mampu mengetahui adanya sebuah peluang usaha melalui memanfaatkan produk unggulan yang ada di pasaran dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial. 
  • Wirausaha adalah seseorang yang dapat memperkenalkan produk atau jasa baru berdasarkan hasil riset serta kreativitas yang dimilikinya.
Demikian Pengertian dan Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha. Bingung?

Kita boleh tak peduli dengan Pengertian dan Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha ini. Yang penting punya atau ada pekerjaan atau usaha yang menghasilkan uang. Setuju?


Thanks for reading Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha | Labels: Bahasa, Bisnis edit this post
0 Komentar untuk "Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top