February 19, 2020

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Tips Menjadi Blogpreneur Sukses

February 19, 2020

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Tips Menjadi Blogpreneur Sukses.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Tips Menjadi Blogpreneur Sukses

BLOGPRENEUR adalah wirausahawan dengan ngeblog alias menghasilkan uang melalui blogging. Banyak orang yang sukses mengasilkan uang dari blog.

Istilah Blogpreneur belum sepopuler "make money bloging" (menghasilkan uang dari blog) atau bisnis online.

Blogpreneur adalah salah satu solusi buat pengangguran seperti CB.

Modalnya secara fisik (materi) cuma laptop dan koneksi internet. Jika tidak punya keduanya pun, masih bisa dilakukan dengan pergi ke Warnet.

Soal cara ngeblognya bagaimana, banyak sekali tips blogging di Google! Banyak blogger sukses yang berbagi pengalaman dan tips-trik ngeblog agar sukses.

Awali langkah menghasilkan uang dar internet dengan membuat blog.

CB coba cek seberapa populer istilah Blogpreneur ini di Google. Hasilnya, Sekitar 26.800 hasil (0,44 detik). Namun, istilah Blogpreneur tidak ada atau belum masuk ke Wikipedia: The page "Blogpreneur" does not exist. You can ask for it to be created.

Pengertian Blogpreneur

Blogpreneur terdiri dari dua kata: blog dan preneur. Blog kita sudah tahu. Preneur kependekkan dari entrepreneur, yaitu wirausahawan.

Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. (Wikipedia)

Pengertian wirausahawan di atas sekilas tidak ada kaitan sama sekali dengan blogging. Namun, kata kuncinya adalah wirausaha alias usaha sendiri.

Maka, blogpreneur adalah usaha mendapatkan penghasilan atau uang sendiri melalui blog. 

Menurut WP ExplorerBlogpreneur /bläɡprəˈnər/ noun; a person who operates a blog as a business, turning their interests and passion into a full time career, often times taking a financial risk to do so.

"Blogpreneur adalah orang yang menjalankan sebuah blog sebagai bisnis, mengubah bakat dan minat mereka menjadi karier penuh waktu, sering berkali-kali mengambil risiko keuangan untuk melakukannya."

Kesimpulannya, blogpreneur adalah wirausahawan blog, yaitu mencari nafkah atau menghasilkan uang dengan aktivitas blogging.

Bagaimana caranya? Ini dia ulasannya.

Cara Menjadi Blogpreneur

Cara Menjadi Blogpreneur sama dengan monetisasi blog atau menghasilkan uang dengan blog. Cara paling populer ada tiga:
  1. Publisher Google AdSense
  2. Affiliate Marketing - Program Afiliasi
  3. Menerima Pemasangan Iklan
Ketiga cara itulah blogpreneur tercipta. Google AdSense bukan hal asing di kalangan blogger dan para pebisnis media online. Situs-situs berita juga mengandalkan Google AdSense sebagai sumber penghasilan (income).

Program Afiliasi adalah memasarkan atau mempromosikan produk orang lain di blog kita. Kita mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Menerima pemasangan iklan juga bukan hal asing bagi blogger. Iklannya bisa berupa banner, juga bisa berupa posting bersponsor (sponsored article), advertorial, atau tinjuan produk (product review).

Dasar-Dasar Blogpreneur  

Langkah pertama untuk menjadi blogpreneur adalah membuat blog dan menentukan Niche -- Start with Your Passion! Langkah kedua adalah mempelajar dan menerapkan SEO -- Search Engine Optimization.
Intinya, dasar-dasar menjadi blogpreneur adalah membuat blog dulu, lalu mengisinya. Terapkan tips & trik SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau trafik sebagai kunci utama menjadi blogpreneur sukses.

Tips Menjadi Blogpreneur Sukses

Karena CB belum menjadi blogpreneur sukses, baru merintis dengan Layanan Premium dan Galeri Template, CB belum bisa kasih tips sukses blogpreneur.

Yang jelas, prinsip yang harus diingat adalah "Bloggers sell stories, NOT products", blogger itu menjual cerita, dalam arti berbagi pengalaman, wawasan, atau tips blognya, sebagaimana konsep dasar blogging: Share! Berbagi.

Sementara ini CB share saja dua link tentang tips menjadi blogpreneur sukses berikut ini:
Intinya sih, seperti sudah diulas di atas, yaitu membuat blog dan mengembangkannya sehingga menjadi populer dan banyak pengunjung.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Tips Menjadi Blogpreneur Sukses

  1. Artikel yang bermanfaat gan, dari ke 3 cara di atas. Saya lebih memilih google adsense karena lebih mudah menurut saya sendiri. Terima kasih.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *