Home » , , » 7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Bisnis Online Melalui Blogging

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Bisnis Online Melalui Blogging

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Bisnis Online Melalui Blogging

Menghasilkan Uang dari Blog
BAGAIMANA caranya agar blog kita menghasilkan uang? Bagaimana agar kita bisa "membuat uang dengan ngeblog" (make money blogging)?

Ada yang bilang, buat apa banyak pengunjung kalo blog kita gak jadi duit? Atau... pengunjung banyak, tapi tidak menghasilkan dolar, rugi dong?

Blogging is sharing. Ngeblog itu berbagi. Sedekah ilmu. Banyak sekali motif ngeblog, mulai dari menyalurkan hobi menulis, mengasah keterampilan menulis, membangun pertemanan dan relasi, membangun komunitas, membangun jaringan, hingga bisnis online.

Jadi, blog tidak selalu harus menghasilkan uang. Namun, siapa blogger yang tidak mau blognya jadi mesin duit?

Google AdSense menjadi andalan utama para blogger dalam make money blogging. Namun, diterima menjadi Publisher AdSense sangat sulit bagi sebagian blogger, apalagi jika blog sepi pengunjung./

Sebelumnya CB sudah share beberapa posting tentang bisnis online melalu blog ini. Yang belum baca, silakan buka:
  1. 9 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Iklan (Adsense)
  2. Top 20 Alternatif Google AdSense buat Blog
  3. Menghasilkan 100 Dolar Per Hari dengan AdSense
  4. Memulai Bisnis Afiliasi - Affiliate Marketing
  5. Panduan Google AdSense bagi Pemula
Baiklah, posting ini dibuat untuk melengkapi kelima topik di atas. Lagian, setelah dicek, CB belum punya posting dengan kata kunci Menghasilkan Uang dari Blog secara umum. Yang ada baru no. 1 itu, cara menghasilkan uang dari blog tanpa Google AdSense.

Banyak Cara Bisnis Online melalui Blog

Banyak sekali cara Bisnis Online melalui Blogging atau dengan memanfaatkan blog. Terpopuler tentu saja jadi Publisher Google AdSense.

Widiiih... kalo dijumlahkan jadi berapa tuh... 28 + 30 + 44 = 102 !!! Banyak ya.. Tentu saja, tidak begitu. Dari 102 cara itu ada yang sama, identik, mirip. Kalo dijumlahkan dari semua tips menghasilkan yang dari blog, sekitar 30-an.

Tapi, tunggu dulu! Itu di Barat. Itu kalo blog kita berbahasa Inggris. Secara, situs-situs yang menyediakan layanan bisnis online itu hampir semuanya berbahasa Inggris. Di Indonesia? Terpopuler sih... Affiliate Marketing dan Google AdSense itu.

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Blogger Indonesia berbahasa Indonesia dapat menghasilkan uang dari blognya antara lain dengan cara berikut ini:

1. Pasang Iklan Pay Per Click (PPC)


Jenis iklan ini yang paling populer dan belum ada tandingannya adalah Google AdSense. Bahkan marketplace dan situs-situs berita Indonesia dan dunia pun turut mengandalkan pemasukan dari GA ini.

But, GA bukan the only one PPC buat blogger. Masih ada alternatif lain, seperti BidVertiserChitika, dan Clicksor.

2. Iklan Cost Per Mille (CPM)


CPM artinya dibayar per 1000 kali tampil atau dibuka oleh pengunjung unik (unique visitor), yaitu jumlah pengunjung dari satu Internet Provider (IP) dalam kurun waktu tertentu.

Anda bisa coba iklan CPM ini a.l. Casale MediaBurst MediaValue ClickAdvertising.comTribal FusionRight Media.

3. Penjualan Space Iklan

Blog Anda menawarkan pemasangan ilklan, misalnya membuat menu Pasang Iklan. CB sendiri menawarkan iklan Advertorial (Review Produk atau Blog/Web) dan Banner.

Formay banner terpopuler di website adalah ukuran 120×600 Pixel, the 300×250 Pixel, serta 468 ×60 Pixel dan 728×90 Pixel, yang biasanya di bagian blog header (si samping logo).

4. Iklan Tautan Teks (Text Link Ads)

Iklan jenis ini kurang populer. Sebabnya, Google memerangi iklan tautan teks yang tidak disertai tag nofollow.

Anda bisa coba iklan jenis ini dengan mendaftar di DigitalPoint Link Sales ForumText-Link-AdsText-Link-Brokers, atau LinkWorth.

5. Marketing Afiliasi (Affiliate Marketing)

Program ini sangat populer dan praktis. Anda bisa cek ulasannya di Bisnis Afiliasi.

6. Donasi

Anda membuka rekening atau akun PayPal untuk menerima donasi dari pengunjung. CB sendiri beberapa kali menerima donasi via PayPal (cbblogger2014@gmail.com) dan ada juga yang langsung tranfser via rekening sebagai ucapan terima kasih atas template gratis yang CB share yang mendongkrak jumlah pengunjung blognya. Thanks again buat yang sudah dinasi.

7. Menjual eBook dan Produk Lain


Anda menulis eBook lalu menjualnya via blog. Ini jenis menghasilkan uang dari blog secara tidak langsung, karena blog "hanya" menjadi media promosi dan jalur transaksi jualan Anda.

Anda juga bisa menjual produk/jasa teman Anda di blog. Anda dapat komisi kalo ada transaksi. Janjian saja sama teman Anda.

Itu dia 7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog versi CB Blogger. Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing 7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Bisnis Online Melalui Blogging

Previous
« Prev Post

6 comments:

Comment Page:
  1. Semakin terbuka lebar untuk bisa menghasilkan uang dari blog ya gan...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. wow baru nyepam kamu :)

      Delete
    2. Admin mah bisa aja. :-) Musnahkan spam

      Delete
  3. iya aku juga jualan di blogku, ayo yang mau beli produkku silahkan mampir :D, itu yang spam gimana caranya detected??

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox