Podcast Bisa Menghasilkan Uang, Tapi Tidak Mudah

Apakah podcasting ada duitnya? Ada. Podcast bisa menghasilkan uang, tapi tidak mudah. Karenanya banyak podcaster membuat video podcast dan diunggah di Youtube untuk monetisasi.

Podcast Bisa Menghasilkan Uang, Tapi Tidak Mudah

Podcast adalah konten audio berisi monolog, wawancara, obrolan, kisah nyata dan fiksi, atau musik (lagu). Podcast bisa didengarkan melalui berbagai platform podcast secara online. Podcast juga bisa diunduh untuk didengarkan kapan saja secara offline.

Saat ini Podcast lebih populer dari sebelumnya. Tidak hanya lebih banyak orang yang mendengarkannya, tetapi lebih banyak juga pembuat yang meluncurkannya (podcaster). 

Podcast Insights melaporkan, saat ini terdapat lebih dari 1,5 juta podcast dan 34 juta episode. Meskipun ruangannya ramai, dan semakin padat setiap hari, belum terlambat untuk memulai podcasting atau menghasilkan uang darinya. 

Namun, mencapai keuntungan atau mendapatkan duit dari podcast akan membutuhkan kerja keras.

Pada tahun 2008, salah satu pendiri Wired Kevin Kelly menulis esai ikonik "1.000 Penggemar Sejati", yang menyatakan bahwa "untuk menjadi pembuat konten yang sukses, Anda tidak membutuhkan jutaan" penggemar atau dolar. 

Kelly menyatakan, untuk menjadi sukses semua orang tidak harus menyukai pekerjaan Anda, tetapi sekelompok kecil orang harus menyukainya. 

Argumen ini berlaku dalam podcasting. John Lee Dumas, penulis how-to The Podcast Journal dan pendiri serta pembawa acara podcast "Entrepreneurs On Fire", sependapat. Dia percaya bahwa menemukan "ceruk" (niche) penting untuk mencapai profitabilitas.

“Untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan, Anda perlu memberikan solusi terbaik di niche Anda,” kata Dumas. “Jika solusi Anda bukan yang terbaik, Anda tidak cukup spesifik.” 

Pendekatan ini berhasil dengan baik untuk acaranya. "Entrepreneurs On Fire telah menghasilkan laba bersih lebih dari $ 100K selama 85 bulan berturut-turut karena kami 100% berkomitmen pada filosofi ini," katanya.

Nasihat Dumas untuk menemukan suku terbayar jika menyangkut pendapatan iklan, yang merupakan sumber pendapatan utama untuk banyak acara. 

Jaringan periklanan podcast AdvertiseCast melaporkan, “jika Anda memiliki ceruk pasar, terlibat, dan audiens yang ditargetkan, [pengiklan] mungkin akan bersedia membayar lebih.”

Untuk podcaster dan penulis So You Want to Start a Podcast, Kristen Meinzer, pemirsa yang terlibat dan cukup besar adalah kunci kesuksesan finansial podcast. 

“Saran saya biasanya, pertama-tama perbaiki ukuran dan loyalitas audiens Anda,” katanya. “Buat orang-orang datang kembali minggu demi minggu melalui konten Anda yang luar biasa dan strategi keterlibatan pendengar cerdas. Kemudian, pelajari semua yang Anda bisa tentang mereka.” 

Pengetahuan ini membantu penargetan iklan. "Semakin banyak Anda tahu tentang pendengar Anda dan semakin setia mereka, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan pengiklan," katanya.

Stephen Smyk, SVP dari Podcast and Influencer Marketing di biro iklan Veritone One, setuju. Dia menjelaskan, meskipun "jika Anda memiliki podcast kecil, Anda mungkin masih dapat menarik pengiklan yang memiliki minat khusus untuk menjangkau audiens yang sangat ditargetkan". 

Namun meskipun Smyk tidak selalu melihat ukuran sebagai hambatan iklan, angka-angka tersebut menunjukkan bahwa tanpa audiens yang besar, akan sulit bagi podcast untuk menutupi biaya dan mencapai profitabilitas dari penjualan iklan saja.

“Penetapan harga untuk iklan podcast biasanya dilakukan berdasarkan CPM [cost per mille], yang berarti bahwa untuk setiap 1.000 pendengar iklan, acara tersebut akan menerima jumlah dolar yang telah ditentukan,” kata Smyk. 

“Saat ini dalam podcasting, ada berbagai macam CPM berdasarkan konten acara, kualitas acara, pembawa acara, jumlah pendengar, dll., Tetapi kisaran standarnya antara $ 10 CPM dan $ 25 CPM.” Sebagian besar episode podcast bahkan tidak menjangkau 1.000 pendengar. Jadi bagaimana podcast menghasilkan uang?

Menurut Meinzer, kebenaran pahitnya adalah bahwa kelompok massal tidak akan. “Kebanyakan orang di industri tidak akan memberi tahu Anda tentang hal ini, tetapi faktanya adalah sebagian besar podcast menghasilkan nol dolar,” katanya. Tapi bukan berarti itu tidak pantas untuk dicoba. Ini mungkin membutuhkan kreativitas — dan usaha.

“Sebagian besar podcaster melakukan podcasting karena hobi — dan beberapa profesional — berpegang pada kesalahpahaman bahwa jika Anda membuat acara yang Anda banggakan, pendengar dan uang akan muncul secara ajaib,” kata Meinzer. 

"Itu tidak benar. Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan semua itu. ”

Cara Menghasilkan Uang dari Podcast

Selain iklan, ada beberapa cara lain untuk memonetisasi podcast. Afiliasi pemasaran, di mana tuan rumah mengirim pendengar ke situs tertentu dan kemudian menerima pembayaran untuk pembelian mereka di sana, adalah satu pilihan. 

Tapi itu tetap tidak akan menguntungkan kecuali sebuah acara memiliki jumlah pendengar yang banyak dan / atau produknya sangat mahal dan persentase penjualan podcast tinggi.

Untuk podcast kecil yang telah menemukan "1.000 penggemar sejati", menghasilkan uang melalui Patreon bisa menjadi taruhan yang bagus. 

Pendengar setia dapat langsung mendukung pencipta dengan kontribusi bulanan, dan acara dapat menawarkan konten premium untuk mengumpulkan lebih banyak dana. 

Tapi Patreon mungkin tidak cocok untuk semua orang. “Beberapa acara tidak merasa ingin meminta pendengarnya untuk menyumbang, dan sumbangan tidak selalu konsisten,” kata Smyk.

Bagi sebagian besar podcaster, mendapatkan laba atas investasi yang kuat akan membutuhkan pemikiran di luar saluran udara. Ini berarti mendiversifikasi aliran pendapatan merek, menyusun strategi jangka panjang, dan menentukan bagaimana podcast dapat mendukung usaha off-air. 

Banyak podcaster sukses menghasilkan uang dari pertunjukan mereka secara tidak langsung dengan menyalurkan pendengar ke layanan terkait mereka, seperti konsultasi, pidato, kursus, dan buku.

Podcaster, penulis, dan pakar bisnis James Altucher memberi label pendekatan ini sebagai "Model Juru Bicara dan Roda". 

Dia menyarankan untuk menemukan "ide inti", yang akan menjadi roda, dan kemudian menciptakan banyak "jari-jari" untuk mendukung pertumbuhan dan profitabilitasnya. 

Contoh juru bicaranya termasuk podcast, bersama dengan buku, konsultasi, kursus, buletin, dan produk. Altucher menekankan bahwa masing-masing saja tidak akan — dan tidak harus — menghasilkan pendapatan yang besar, tetapi bersama-sama mereka bisa.

Membuat dan memelihara beberapa "jeruji" berkualitas tinggi membutuhkan waktu dan kerja keras. Tapi itulah kenyataan dari usaha non-hobi apa pun. 

Seperti yang dikatakan Meinzer, "jika Anda ingin podcast Anda menjadi bisnis, Anda harus memperlakukannya seperti bisnis." (Sumber: Forbes).*


Thanks for reading Podcast Bisa Menghasilkan Uang, Tapi Tidak Mudah | Labels: Podcast edit this post
0 Komentar untuk "Podcast Bisa Menghasilkan Uang, Tapi Tidak Mudah"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top