December 13, 2020

Tips SEO Padcast: Agar Podcast Anda Banyak Pendengar dan Follower

December 13, 2020

Tips SEO Padcast: Agar Podcast Anda Banyak Pendengar dan Follower

Podcasting sangat mirip dengan blogging. Seperti blogging, podcasting juga perlu SEO. Yang dimaksud SEO podcast bukan podacst tentang SEO, tapi penerapan SEO untuk podcast Anda agar mendapatkan peringkat bagus di Google.

Dengan menerapkan SEO saat podcasting, maka podcast Anda berpeluang mendapatkan banyak pendengar, seperti halnya SEO blog mengundang banyak pengunjung (pembaca).

Para pakar SEO di Search Engine Land dan Neil Pate pun berbagai tips SEO podcast yang CB rangkum di bawah ini. Jangan lupa, podcast Anda juga butuh website atau blog. Jadi, podcasting idealnya diiringi blogging juga untuk promosi podcast.

Tips SEO berikut ini akan membantu tiap episode podcast Anda mendapatkan visibilitas dalam pencarian.

Hingga Juni 2020, ada lebih dari 30 juta episode podcast di iTunes. Sampai saat ini, podcast - dan bentuk konten audio lainnya - tidak dilihat sebagai aset SEO langsung.

Podcasting lebih merupakan cara untuk memperkenalkan nama Anda, mempromosikan keahlian, dan membangun jaringan dengan orang lain di industri.

Google telah berbicara tentang membuat audio dapat dicari beberapa kali selama beberapa tahun terakhir. Kembali pada bulan Mei, Google mengumumkan pada I / O 2019 bahwa podcast akan segera diindeks.

Sejak pengumuman tersebut, podcast mengalir ke hasil penelusuran organik.

Klip YouTube telah menjadi bagian dari SERP organik untuk sementara waktu sekarang. Dan tampaknya podcast bersiap untuk mengambil peran yang lebih besar pada tahun 2020 dan seterusnya!

Jadi, bagaimana Anda mempersiapkannya?

Google menampilkan podcast dalam halaman hasil perncariannya (SERP). Mengapa? Podcasting benar-benar meningkat pesat sekitar akhir tahun 2004.

Sekarang Google perlahan mulai menampilkan podcast, pertanyaan besarnya adalah: Mengapa perlu 15 tahun?

Meskipun ada sedikit jawaban pasti tentang algoritme Google, hipotesis logis akan menunjukkan kemajuan dalam AI dan pemrosesan bahasa alami.

Google telah menawarkan fitur ucapan-ke-teks sebagai bagian dari Google Cloud Platform selama beberapa tahun sekarang - yang sejak itu mengalami peningkatan yang lumayan.

Tampaknya Google mendapatkan kemampuan yang kuat untuk menunjukkan kata kunci yang diucapkan dalam podcast / video untuk menentukan peringkat yang sesuai.

Saat layanan terus berkembang, masuk akal jika kita akan melihat lebih banyak podcast yang menyusup ke SERP - dengan cara yang baik!

Tips SEO Padcast

Apakah Anda sudah memiliki podcast atau tertarik untuk memulainya? Mengetahui cara membuat episode podcast Anda SEO friendly akan menjadi faktor dalam cara Anda mendapatkan visibilitas.

Jadi, bagaimana Anda melakukannya?

1. Ketahui Trennya

Sama seperti posting blog atau bentuk konten tertulis lainnya, Anda akan membutuhkan pengetahuan tentang kata kunci (keywords) dan topik yang sedang tren untuk membangun podcast Anda.

Setelah memiliki daftar kata kunci yang kita inginkan untuk peringkat podcast, Anda dapat mengembangkan garis besar (outline) atau daftar pertanyaan untuk mengerjakannya secara alami.

2. Kembangkan Suara Podcast

Audio Anda harus bagus, kuat, jernih, jelas. Anda - atau pembawa acara (host) podcast Anda - perlu memiliki suara podcast (atau radio) yang kuat untuk memastikan Google dapat menafsirkan sebanyak mungkin kata kunci dan frasa dalam percakapan.

Jika Anda baru memulai podcast, mungkin perlu sedikit waktu untuk merasa nyaman berbicara melalui mikrofon.

Kuncinya adalah berbicara dari diafragma, bukan dari tenggorokan.

Duduk tegak saat Anda berbicara (rekaman podcast) dan lakukan yang terbaik untuk memproyeksikan suara. Jika Anda pernah mengambil pelajaran menyanyi, di sinilah hasilnya!

3. Pentingnya Transkripsi

Mentranskripsikan (menuliskan isi) podcast Anda bisa menjadi tugas yang membosankan - tergantung berapa lama episodenya.

Ada banyak alat di luar sana yang akan mentranskripsikan file suara Anda. Namun, Anda kemungkinan besar perlu membaca dan mengedit "ums" dan "uhs" agar teks lebih mudah dibaca.

Selain itu, di sinilah Anda dapat masuk dan menambahkan kata kunci jika perlu!

Episode podcast selama satu jam berarti transkripnya sangat banyak!

Memilah-milah dan membersihkan semua teks yang dihasilkan dari file suara Anda dapat memakan waktu cukup lama, tetapi melakukan hal itu dapat menjadi katalisator untuk membantu peringkat podcast Anda - setidaknya pada saat ini.

Membagi podcast Anda menjadi beberapa bagian adalah cara yang fantastis untuk membuat hidup lebih mudah bagi pendengar Anda.

Mereka memungkinkan pengguna untuk melompat ke area yang paling sesuai dengan apa yang mereka cari - tanpa harus mendengarkan seluruh file audio.

Selain itu, memiliki daftar isi adalah cara terbaik untuk memasukkan kata kunci ke halaman.

4. Lakukan Write-Up

Jika episode podcast Anda sebagian besar ditayangkan di situs web Anda, menerbitkan tulisan untuk setiap podcast seharusnya sangat mudah!

Hal ini tidak hanya memberikan banyak teks yang dapat dibaca di halaman podcast Anda, tetapi juga memberikan ide yang baik kepada pendengar tentang apa yang diharapkan sebelum mereka mulai bermain!

Mirip dengan bagaimana Anda akan menulis konten lain di situs web Anda, pastikan Anda memasukkan kata kunci secara organik.

Hanya karena halaman tersebut secara teknis untuk podcast, Anda masih harus mengikuti aturan kontekstual yang sama dengan konten tertulis.

Tetapi jika Anda melakukan penulisan, apakah Anda perlu mentranskripsikan podcast? Iya.

Tulisan terutama harus dilihat sebagai ringkasan podcast Anda - dengan beberapa poin yang dapat ditindaklanjuti.

Transkripsi adalah detail seluk-beluk yang membantu Google memahami di mana poin utama Anda berada dalam audio agar dapat disajikan dengan benar kepada pengguna.

Karena podcast di SERP masih baru, dan kami tidak tahu sejauh mana seberapa baik Google deciphers audio, semakin banyak teks yang dapat Anda tambahkan, semakin baik!

Tips SEO Podcast di atas dari Search Engine Land. Berikut ini tips seo podcast dari Wavve. Link sumber ada di bagian bawah posting ini.

Tips SEO Padcast

Panduan Pemula untuk Podcast SEO

Menerapkan SEO podcast yang baik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas podcast dan mengembangkan audiens Anda secara organik. 

Bagi kebanyakan orang, Search Engine Optimization (SEO) mungkin terdengar menakutkan dan rumit. 

Bagaimana Cara Kerja SEO untuk Podcast?

Sederhananya, SEO adalah tentang membantu mesin telusur (dalam bentuk apa pun) menemukan konten berkualitas Anda dan membagikannya dengan penggunanya. 

Di antara mesin pencari tersebut tentu saja Google; tetapi ingat bahwa Apple Podcasts, Spotify, dan lainnya masing-masing memiliki fitur pencariannya sendiri. 

SEO untuk Podcasting adalah tentang mengoptimalkan konten Anda agar dapat dengan mudah ditemukan oleh mereka yang ingin menemukannya!

Dalam panduan ini, kami akan membedakan antara dua area berbeda: SEO untuk podcast Anda dan SEO untuk episode podcast Anda. Ini mungkin terdengar mirip, tetapi itu adalah cara yang sama sekali berbeda agar podcast Anda ditemukan.

Misalnya, Anda memiliki podcast tentang merajut. Seseorang yang penggemar rajutan mungkin menelusuri "podcast tentang merajut" di Google atau layanan podcast dan menemukan podcast Anda. 

Tapi mungkin ada orang lain yang menelusuri "cara merajut syal". Mereka belum tentu melihat podcast Anda sebagai hasil penelusuran, tetapi jika Anda merekam episode podcast berjudul "Knitting a Scarf 101" (dan memiliki SEO yang baik), kemungkinan besar episode tersebut muncul di hasil penelusuran.

Pembaruan Google - Podcast Pengindeksan

Mampu menerapkan SEO ke episode spesifik Anda adalah perkembangan yang cukup baru yang dimungkinkan oleh pembaruan 2019 oleh Google. 

Sekarang, saat Anda melakukan penelusuran Google untuk podcast tertentu, Anda tidak hanya akan menemukan situs web mereka di hasil penelusuran Anda, tetapi juga daftar episode terbaru yang dapat diputar.

Jika itu belum cukup, Google Podcasts sekarang memiliki teknologi untuk "mendengarkan" episode podcast Anda untuk mencari tahu tentang apa sebenarnya itu. 

Artinya, pencarian Google dapat menampilkan satu episode podcast Anda berdasarkan konten episode tertentu tersebut. 

Pada konferensi pengembang Google I / O pada Mei 2019, mereka menggunakan contoh Google menelusuri "lubang hitam", yang menghasilkan episode podcast yang cocok seperti "Cara Kerja Lubang Hitam" dari podcast Barang yang Harus Anda Ketahui.

Ini adalah pengubah permainan. Artinya, seseorang dapat menemukan podcast Anda, meskipun mereka belum pernah mendengar podcast Anda sebelumnya!

Seperti yang dapat Anda bayangkan, perubahan ini benar-benar memengaruhi cara yang Anda butuhkan untuk mengelola SEO podcast Anda. 

Dan, berkat panduan praktis pemula kami, Anda bahkan tidak perlu menjadi ahli untuk melakukannya dengan benar. Berikut adalah praktik terbaik kami untuk SEO podcast.

1. Tentukan Kata Kunci Fokus Anda

Apa kata kunci topik menyeluruh untuk podcast Anda? 

Dengan kata lain, apa kata kunci yang menurut Anda akan dicari orang ketika mereka menemukan podcast Anda untuk pertama kalinya? Bisa berupa pemasaran digital, nutrisi, teknologi, dll.

Jika industri atau niche Anda sudah sangat jenuh dengan podcast tentang topik tertentu, pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci yang lebih khusus. 

Misalnya, daripada "pemasaran digital", gunakan kata kunci "pemasaran media sosial", atau sebagai pengganti "makanan sehat", gunakan "Diet Paleo".

Sekarang, mari kita lihat cara menerapkan frasa kata kunci Anda…

2. Optimalkan Judul Podcast Anda

Jika Anda baru memulai podcast, gunakan kesempatan ini untuk mengambil langkah yang benar. 

Ya, Anda ingin judul yang kreatif dan menyenangkan, tetapi Anda juga ingin judul yang jelas tentang podcast Anda.

Kiat pro: Sudah memiliki podcast mapan yang judulnya… yah, agak suram? Coba tambahkan subtitle! Misalnya, jika Anda menjalankan podcast Game of Thrones berjudul "The World of Westeros," Anda dapat memasang sesuatu seperti "An Unofficial Guide to the Game of Thrones" sebagai subtitle, untuk memperjelas subjek Anda.

3. Optimalkan Deskripsi Podcast

Dalam hal SEO, metadata selalu penting karena memberikan detail dan konteks tambahan. Untuk SEO podcast, ini sangat berguna untuk pencarian langsung di pencarian platform podcast, seperti Apple Podcasts, Spotify, dll. 

Dalam deskripsi Anda, gunakan kata kunci utama kata demi kata setidaknya sekali.

Dengan memasukkan kata kunci utama Anda dalam deskripsi podcast, memanfaatkan tag, dan mengoptimalkan judul podcast Anda, Anda dapat membantu orang-orang menemukan podcast Anda dengan lebih mudah di berbagai platform.

Sayangnya, pengoptimalan pencarian di platform ini terbatas. Tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar ditemukan di Google, juga…

4. Menyiapkan Situs Web

Jika Anda sudah memiliki podcast tetapi belum memiliki situs web untuk podcast tersebut, sekarang saatnya memperbaikinya. 

Memiliki situs podcast selalu merupakan ide yang bagus, tetapi sekarang hal itu benar-benar tidak dapat ditawar. Anda harus punya website atau blog khusus untuk promosi podcast Anda.

Sebuah situs web menawarkan berbagai manfaat untuk memungkinkan Anda mengembangkan audiens Anda, seperti menawarkan email opt-in. 

Tetapi memiliki situs web juga dapat membantu SEO podcast Anda. Lebih mudah bagi Google untuk mengindeks podcast Anda ketika Anda dapat memberikan konten di situs Anda yang terkait dengan niche podcast Anda.

5. Ubah Episode Podcast Anda Menjadi Blog Post

Publikasikan transkrip setiap episode di blog podcast Anda setiap kali Anda merilis episode baru. 

Pastikan juga untuk memberikan link kembali ke episode sebenarnya, atau sematkan soundbite animasi seperti ini.

Blogging menyelesaikan dua hal untuk podcast Anda. 

Pertama, ini membantu meningkatkan otoritas situs web Anda pada topik tertentu. Saat Anda membuat konten tertulis yang konsisten tentang niche Anda, hal ini membantu Google memahami tentang apa situs web Anda – dan berdasarkan asosiasi, podcast Anda –. 

Semakin banyak kualitas konten yang Anda miliki, semakin Anda meningkatkan otoritas Anda pada materi tersebut. Jadi, ketika seseorang mencari "podcast tentang [niche Anda]", Google kemungkinan besar akan merekomendasikan podcast Anda di atas orang lain.

Kedua, ini memberi calon pendengar kesempatan untuk menemukan episode Anda melalui media yang berbeda dan memungkinkan Anda untuk mendaur ulang konten yang telah Anda hasilkan dengan kerja keras. 

Mendaur ulang konten dengan cara ini dapat meningkatkan otoritas situs web Anda dan menaikkan peringkat mesin telusur Anda, sambil menggunakan konten yang telah Anda buat!

Jadi, buat transkrip untuk mengubah podcast Anda menjadi postingan blog (jadi tulisan).

Meskipun Google sekarang menyalin episode Anda di latar belakang, itu jauh dari sistem yang sempurna. Cara terbaik untuk mendapatkan transkrip acara Anda yang sah dan bebas kesalahan adalah dengan membuat transkrip yang dapat Anda edit sendiri. 

Transkrip yang akurat akan berisi konten yang kaya kata kunci, sehingga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

SEO untuk Episode Podcast Individual

Sekarang mari kita bahas tentang bagaimana Anda dapat mengoptimalkan setiap episode podcast Anda agar dapat ditemukan di hasil mesin telusur, seperti Google:

1. Tentukan Kata Kunci Episode Anda

Ketika berbicara tentang SEO, kata kunci sangat penting. Kini setelah Google menampilkan setiap episode dalam hasil penelusuran, lebih penting lagi untuk memperhatikan kata kunci setiap episode.

Pastikan Anda memilih kata kunci fokus untuk setiap episode yang Anda buat. Dan jangan hanya menggunakan episode yang sama berulang kali di beberapa episode. Meskipun secara tematik serupa, penting bagi setiap episode untuk fokus pada kata kunci yang berbeda untuk memperluas jangkauan Anda.

Kiat Pro: Idealnya, Anda harus mencoba memilih frasa kata kunci yang sudah dicari orang. Gunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google untuk meneliti kata kunci "kepadatan tinggi" ini. 

Juga, Anda mungkin ingin melihat judul episode podcaster lain di ceruk pasar Anda. Jika Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang sering ditelusuri yang belum digunakan oleh podcaster lain, Anda dapat menjadi yang terdepan. Semakin rendah persaingan, semakin tinggi peluang episode Anda akan diberi peringkat untuk kata kunci tersebut.

2. Optimalkan Judul dan Deskripsi Episode Anda

Sama seperti kami mengoptimalkan judul dan deskripsi podcast Anda, Anda juga perlu memperhatikan judul dan deskripsi episode Anda.

Untuk setiap episode, frasa kata kunci episode Anda harus ditampilkan secara mencolok dalam judul episode Anda. 

Judul episode Anda harus selalu tidak ambigu dan deskriptif untuk memberikan kesempatan tertinggi bagi pemirsa yang tertarik untuk menemukan (dan benar-benar mendengarkan) episode Anda. 

Tempat lain kata kunci utama Anda harus disebutkan ada di deskripsi episode. Pastikan untuk menggunakan kata kunci utama kata demi kata di kedua tempat.

Kiat pro: Selalu coba meletakkan kata kunci Anda sedekat mungkin dengan awal deskripsi episode. Orang-orang memiliki rentang perhatian yang rendah, dan jika mereka tidak segera melihat apa yang mereka telusuri, ada kemungkinan besar mereka akan langsung beralih ke hasil yang berbeda.

3. Ucapkan Frasa Kata Kunci Anda yang Tepat 

Jika Anda tidak mengucapkan frasa kata kunci dalam episode podcast, mungkin tidak masalah jika semua metadata di halaman Anda (seperti deskripsi episode, judul, tag, dll.) 

Menggunakan kata kunci tersebut. Jadi, pastikan Anda mengucapkan kata kunci target kata demi kata setidaknya sekali sepanjang episode.

Pastikan untuk menghindari “penjejalan kata kunci” (mengucapkan kata tersebut berulang kali hingga terdengar tidak wajar). Ini adalah praktik yang tidak disukai Google. 

Alih-alih, gunakan kata kunci utama Anda hanya beberapa kali, lalu fokuslah menggunakan sinonim dari kata kunci tersebut sepanjang episode.

4. Tampil di Google Podcasts

Jika Anda belum melakukannya, sekarang saatnya secara resmi menambahkan podcast Anda ke Google Podcasts

Dengan dirilisnya pengembangan mesin telusur baru ini, cara termudah untuk meningkatkan SEO podcast Anda adalah dengan membuat podcast Anda tersedia di pemutar podcast asli Google. 

Ini akan memungkinkan episode Anda muncul sebagai cuplikan audio dalam hasil pencarian dan memungkinkan Anda untuk memantau peringkat Anda.

Google Podcast

5. Promosikan di Media Sosial

Ini SEO Off-Podcast (seperti SEO On-Page). Orang tidak selalu menganggap media sosial dikaitkan dengan SEO. 

Tapi memang begitu. Faktanya, ada korelasi langsung antara keterlibatan di media sosial dan peringkat mesin pencari.

Pada dasarnya, semakin banyak audiens Anda terlibat dengan podcast Anda di media sosial (melalui suka, berkomentar, dan berbagi), semakin bereputasi Anda dengan mesin pencari. 

Mesin pencari akan selalu memprioritaskan sumber yang memiliki reputasi baik dalam hasil pencariannya. 

Google mengambil pendekatan ini dengan SEO situs web Anda- misalnya, ketika Anda mempromosikan episode podcast Anda di posting blog dan kemudian membagikannya di media sosial. Kami dapat berspekulasi bahwa Google akan meminta algoritma penilaian sosial yang serupa untuk SEO episode podcast.

Kiat pro: Anda dapat membuat tautan pelacakan untuk digunakan saat Anda meletakkan episode podcast Anda di berbagai platform media sosial Anda. Minta pemirsa Anda untuk membagikan episode jika mereka menikmatinya, kemudian gunakan tautan Anda untuk mencari tahu saluran mana yang berkinerja terbaik.

Alasan Podcast Anda Harus Menerapkan SEO

Google sudah memutuskan untuk membuat perubahan pada mesin pencari dan algoritme mereka dan mulai mengindeks podcast dan memberi peringkat.

Tergantung pada apa yang Anda telusuri dan yang lebih spesifik yang Anda dapatkan, Anda bahkan akan melihat bahwa Google mengeluarkan detail dari episode tertentu. Ini jelas menunjukkan bahwa mereka dapat mentranskripsikan audio secara otomatis.

Ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan karena mereka sudah memiliki teknologi ini selama bertahun-tahun. Mereka menggunakannya di YouTube untuk mencari tahu tentang apa video itu sebenarnya.

Namun masalahnya, hanya merekam podcast dan meletakkannya di sana tidak akan membuat Anda mendapatkan banyak lalu lintas penelusuran.

Jadi, bagaimana Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas SEO ke podcast Anda?

Ini dimulai dengan topik. Podcasting sangat mirip dengan blogging.

Jika Anda membuat entri blog tentang topik acak apa pun yang tidak ingin dibaca oleh siapa pun, Anda tidak akan menghasilkan banyak lalu lintas… baik itu dari sosial atau penelusuran.

Hal yang sama berlaku untuk podcasting. Jika Anda memiliki episode tentang topik acak yang tidak didengarkan oleh siapa pun, Anda tidak akan mendapatkan banyak unduhan (atau mendengarkan) dan juga lalu lintas SEO yang sangat sedikit.

Anda tidak akan selalu dapat menghasilkan hit untuk setiap podcast yang Anda rilis, tetapi ada strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan Anda.

Jika sebuah topik berhasil dengan baik sebagai postingan blog, biasanya itu berhasil dengan baik sebagai episode podcast.

Kesimpulan

Google adalah situs paling populer di dunia. Apakah Anda menyukai SEO atau tidak, Anda tidak punya pilihan selain memanfaatkannya.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak trafik SEO adalah dengan menulis banyak konten dan memanfaatkan pemasaran konten. Ini adalah pendekatan kompetitif dan Anda harus mempertimbangkannya.

Tetapi solusi lain yang lebih mudah adalah membuat podcast dan memberi peringkat yang baik di Google. Dan idealnya, Anda harus melakukan keduanya.

Sumber:

  • https://www.searchenginejournal.com/podcast-seo/333205/
  • https://wavve.co/a-beginners-guide-to-podcast-seo/
  • https://neilpatel.com/blog/podcast-seo/


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Tips SEO Padcast: Agar Podcast Anda Banyak Pendengar dan Follower

  1. Bro.. Podcast bisa gak ya buat ndongkrak SEO blog kita..? Misl nih ane buat podcast.. entar ane kasih embel embel blog.. kan podcast tu nongkrong di situs situs besar macam spotify ...

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *