Strategi Pendaftaran Merek dan Membuat Nama Merek

Strategi Pendaftaran Merek dan Membuat Nama Merek


Merek ialah identitas dagang bagus untuk produk barang atau layanan yang mempunyai hak terbatas untuk pemilik pendaftaran merek tercatat. 

Hak terbatas berikut yang akan memunculkan nilai dari satu merek sebab hak terbatas mempunyai wewenang untuk larang faksi yang lain memakai merek tanpa ada izin pemiliknya, hingga pemilik bisa memonopoli pasar dalam pemakaian merek itu.

Adanya hak terbatas itu karena itu kecuali hak untuk larang, pemilik Pendaftaran Merek mempunyai kelonggaran dalam kreativitas peningkatan merek. Kecuali merek khusus, beberapa komponen-komponen merek yang masuk ke pengertian merek dan pantas dilindungi dalam pemerintahan merek ialah:

1. Merek Variasit

Merek variasit ialah merek yang mengikuti Pendaftaran Merek khusus, umumnya dipakai untuk taktik lakukan segmentasi pasar, contoh merek variasit ialah Avanza, Innova, dan Camry yang disebut merek-merek variasit dari Toyota. 

Memakai merek variasit ialah strategi yang pas untuk kuasai bermacam fragmen pasar tanpa ada mengacau pemahaman pada merek khusus. Fragmen pasar bisa dipisah berdasar strata sosial, gender, umur, dan lain-lain.

2. Nama Tipe

Pengertiannya nyaris serupa dengan merek variasit, cuman nama tipe ini orientasinya lebih sering dipakai untuk membandingkan karakter atau detail produk semacam. 

Contoh misalkan pada merek Toyota Camry, sesudah memakai merek variasit untuk membandingkan fragmen pasar karena itu diperbedakan kembali dengan tipe untuk membandingkan detail masing-masing produknya plus tambahan nama seperti Hybrid atau Hybrid Sinergy Drive, yang tercatat selaku merek dan diklaim oleh Toyota selaku penemuan patennya. 

Tetapi jika nama tipe memakai kata info yang menjelaskan barangnya jadi tidak mendapatkan pelindungan (disclaimer).

3. Jargon atau Tagline

Jargon atau Tagline ialah satu kalimat pendek yang inovatif untuk menegaskan statusoning produk. Banyak yang bertanya ke penulis berkenaan daerah pelindungan Tagline ini, sebab Tagline penuhi elemen pengertian Merek yang substansinya selaku kata pembanding. Karena itu, tagline bisa didaftarkan dalam daerah pemerintahan merek. 

Berhati-hati dalam "mengcreate" kalimat Tagline, sebab beberapa kalimat umum yang umum dipakai atau bahkan juga mengarah menjelaskan produknya jadi tidak bisa didaftarkan. 

Contoh Tagline inovatif yang bisa didaftarkan seperti "Lagi Jelas Philips Jelas Lagi" ini ialah kalimat inovatif yang tidak umum dipakai, beda hal jika kalimatnya "Philips Lampu Yang Terus Jelas" tidak inovatif dan condong cuman menjelaskan mengenai barang.

4. Paket Produk

Cukup banyak yang menduga design paket produk dilindungi dalam pemerintahan Design Industri, penulis malah merekomendasikan design paket produk seharusnya dilindungi dalam daerah merek sebab penuhi elemen pengertian merek. 

Apalagi dalam undang-undang merek yang baru sudah masukkan mengenai merek 3 dimensi, hingga design paket produk baik secara 2 dimensi atau 3 dimensi bisa dilindungi di dalam pemerintahan merek. 

Maka janganlah cuman membuat perlindungan nama brand-nya saja, keunikan paket perlu dilindungi untuk jaga eksklusifitas dan pemahaman customer di pasar. Jika ada penemuan dalam teknology pengemasan karena itu perlu dilindungi dalam pemerintahan patent.

5. Simbol

Penampilan visual simbol biasanya benar-benar bersatu bernama merek, tetapi ada saatnya dalam strategy spesifik cuman mendaftar penampilan visual gambar tanpa ada nama merek. 

Pada Undang-Undang Hak Cipta yang lama No. 19 Tahun 2002, Simbol bisa dilindungi dalam pemerintahan Hak Cipta, tetapi pada Undang-Undang Hak Cipta yang baru Simbol cuman bisa didaftarkan pada pemerintahan merek. Menurut penulis ini bisa banyak menjumpai masalah dalam beberapa karya ciptaan.

6. Suara atau Jingle

Sama Undang-Undang merek yang baru No. 20 Tahun 2016 sudah masukkan elemen suara ke dalam pengertian merek karena itu seharusnya Jingle atau beberapa suara yang dipakai selaku identitas satu merek untuk didaftarkan, misalkan jingle Ice Krim Walls atau beberapa suara yang disebut keunikan handphone spesifik.

7. Hologram

Hologram ialah penampilan visual yang menyediakan dampak sinar di dalam wujud 2 atau 3 dimensi, dikenali dengan arti holographic effects atau dampak perombakan pemikiran yang penting digambarkan bagaimana wujud perombakannya dan ada berapakah kali perombakan gambar itu. Biasanya hologram dipakai untuk kepentingan security printing.*

Thanks for reading Strategi Pendaftaran Merek dan Membuat Nama Merek | Labels: Bisnis, Brand, Merek edit this post
0 Komentar untuk "Strategi Pendaftaran Merek dan Membuat Nama Merek"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top