Untungnya Memiliki Konsultan HKI Terdaftar

Untungnya Memiliki konsultan hki terdaftar


Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) berguna untuk pemilik Konsultan HKI terdaftar. 

"HaKI itu membuat perlindungan kreasi hingga seseorang tidak semena-mena memakai penemuan, design, atau ciptaan kita," terang Dr. Hari Sutrisno, dosen Pengajaran Kimia, FMIPA UNY dan pemilik empat HaKI dari instansi Nasional dan Internasional ini. 

Bersama Ir. Suyitno Hadi Putro, M.T, Dr. Hadi Sutrisno isi seminar HaKI untuk dosen-dosen FBS tempo lalu (14/6). Dalam seminar dengan durasi empat jam ini, beberapa pembicara ajak dosen untuk berkreasi dan mempelajari dengan tujuan HaKI.

Suyitno menambah faidah nilai HaKI untuk konsultan hki terdaftar kreasi original. 

"Paten itu langkah efisien untuk tingkatkan nilai ekonomis hasil riset hingga suport pada aktivitas riset bisa bertambah," terang ketua Tubuh Alasan Riset Sektor Sains dan Tehnologi UNY ini. 

Kecuali selaku taktik penghasilan keuangan, riset fokus HaKI itu bisa memperlebar pengalaman untuk mahasiswa dan pendidik. 

"Persyaratan riset ini ialah modern, sehingga kita akan tergerak untuk mengenali persoalan yang up-to-date," jelasnya. 

Menurut dia, riset ini bisa juga membina jaringan, sebab publisitas kreasi ini dapat buka pintu kerja sama dengan investor, industri, komune, atau lembaga spesifik. Juga saat mempunyai hak paten, faidahnya akan berasa saat muncul perselisihan ciptaan di masa datang.

Dr. Hari Sutrisno menerangkan jika konsultan hki terdaftar HaKI itu mencakup penemuan, kreasi artisitik, dan sastra. 

Di samping itu, lambang, nama, citra, dan design yang dipakai di dunia komersil dapat dikelompokkan bersyarat HaKI. 

"Saat anda membuat canting batik dengan wujud berlainan, itu telah penemuan dan semestinya didaftarkan hak paten," jelasnya. 

Suyitno juga berpendapat yang serupa. "Jangan takut dengan kesederhanaan (penemuan), sebab semua pengembangan dan hal baru itu ialah hasil kreasi yang perlu dilindungi," jelas Dosen FT UNY ini.

Ada bermacam macam HaKI yang dituangkan dalam UU, salah satunya Hak Cipta (Copyrights), Paten (Patent), dan Merk (Trademark). 

Buku, karya tulisan yang diedarkan, ciptaan berbentuk perkataan, alat peraga pengajaran dan pengetahuan terhitung hak cipta. 

Lagu, sinetron, koreografi, seni, peta, dan terjemahan juga terhitung hak cipta. 

"Sepanjang ciptaan itu original, bukan punya umum dan sama UU mengenai hak cipta, kreasi cipta bisa didaftarkan," tutur Dr. Hari. 

Dia juga merekomendasikan supaya hak ini diperjuangkan. 

"Di Indonesia, hak paten itu dikasih ke pembuat yang mendaftarkan pertama, bukan yang pertamanya kali mendapati, jadi mendaftarlah jika berasa mendapati," ajaknya. 

Mekanisme permohonaan ciptaan bisa dijangkau di Direktorat Tehnologi Info dengan keterangan sama UU No.12 tahun 1997.

Di kelompok hak paten, dua pembicara memberi taktik untuk memperolehnya. Langkah awal, susuri dahulu paten di bagian analisis supaya mematuhi hak paten seseorang dan sesuai trend perubahan tehnologi dan perkembangan pasar. 

Penelusuran bisa dikerjakan dengan mencari dokumen tercatat atau file database computer, seumpama dari www.dgip.go.id (Kantor Paten Indonesia) dan www.wipo.int (WIPO-PBB). Seterusnya, kerjakan riset paten untuk cari trend tehnologi dan menolong menfokuskan sasaran paten. 

"Sofware spesifik, seperti Inas 3.01.66 (Pro), bisa menolong riset," jelas Dr. Hadi. Seterusnya registrasi tehnis bisa dikerjakan lewat Kemenkumham

Desain Industri

Apakah yang dimaksud dengan desain industri?

Desain Industri ialah satu kreativitas mengenai wujud, komposisi, atau formasi garis atau warna, atau garis dan warna, atau kombinasi daripadanya yang berupa tiga dimensi atau dua dimensi yang meberikan kesan-kesan estetis dan bisa direalisasikan dalam skema tiga dimensi atau dua dimensi dan bisa digunakan untuk hasilkan satu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

Satu desain industri dipandang baru bila tidak ada pengungkapan yang serupa saat sebelum tanggal akseptasinya.

Pelindungan pada Hak Design Industri tidak diberi bila Design Industri itu berlawanan dengan ketentuan perundang-undangan yang berjalan, keteraturan umum, agama atau kesusilaan.

Pelindungan pada Hak Design Industri diberi sepanjang 10 (sepuluh) tahun terhitung semenjak Tanggal Akseptasi.

Faidah registrasi design industri

Pemegang Hak Design Industri mempunyai hak terbatas untuk melakukan hak yang dipunyainya dan untuk larang seseorang tiada persetujuannya membuat, menggunakan, jual, mengimpor, mengekspor, dan/atau mengedarkan beberapa produk berkaitan.*

Thanks for reading Untungnya Memiliki Konsultan HKI Terdaftar | Labels: Bisnis, Hak Cipta, Merek
0 Komentar untuk "Untungnya Memiliki Konsultan HKI Terdaftar"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top