Tips Sederhana Jaga Imun: Tidur Sebelum Jam 11 Malam!


Ada tips sederhana menjaga imun atau imunitas (kekebalan) tubuh terhadap penyakit, termasuk virus corona (Covid-1), yaitu tidur sebelum jam 11 malam.

Tips sederhana jaga imun ini dikemukakan Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Prikasih, Gia Pratama. Lengkapnya, ia menyebutkan ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh, khususnya selama pandemi.

Pertama, tidur sebelum jam 23.00 dan bangun sebelum jam 05.00. Dengan cara ini kita akan memperoleh tidur cukup selama 6-7 jam per hari.

"Tidur sebelum jam 11 malam itu untuk detoksifikasi. Bangun sebelum jam 5 memancing nitrit yang membuat pembuluh darah elastis," jelas Gia dalam sebuah webinar kesehatan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (8/8/2021).

Kedua, olahraga 150 menit per minggu. Anda bisa membaginya menjadi 30 menit per sesi olahraga selama 5 hari.

Olahraga di sini berarti aktivitas untuk meningkatkan denyut jantung semisal jalan kaki, lari atau renang. Sedangkan mengepel, menyapu atau pekerjaan rumah tangga lain termasuk aktivitas fisik, bukan olahraga.

Ketiga, memenuhi asupan nutrisi baik makro maupun mikro. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak.

Umumnya, kebutuhan karbohidrat sebesar 45-65 persen dari total kalori harian, protein sebanyak 1 gram per kilogram berat badan, kemudian lemak sehat sebanyak 20 persen dari total kalori harian.

Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Berkaitan dengan sistem imun, mikronutrien yang diperlukan seperti zinc, vitamin C juga D.

Jika ingin mengonsumsi suplemen atau tambahan makanan berupa vitamin perlu memperhatikan kondisi. Maksimal asupan vitamin C, misal, sebanyak 2.000 miligram, tetapi sebenarnya 1.000 miligram pun sudah cukup.

"Tergantung kondisi. Setiap individu mempunyai toleransi berbeda terhadap asamnya vitamin C, sehingga ini menjadi pertimbangan dosis vitamin C harian," imbuhnya.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, sebaiknya Anda mengandalkan dari makanan. Protein, lemak sehat, vitamin serta zinc bisa diperoleh dari tuna, tongkol dan salmon.

Seminggu tiga kali dengan menu tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Sedangkan vitamin C bisa diperoleh dari buah dan sayur seperti, jambu biji, kiwi, paprika, pepaya, jeruk, brokoli maupun tomat.

Nah, itu dia tips sederhana jaga imun selama pandemi. Ayo, para blogger, jangan begadang terus. Atur waktu istirahat dengan cukup. Tidur sebelum jam 11 malam.

Soal bangun sih, kalau muslim, sudah pasti bisa bangun jam 5, bahkan sebelum jam 5 karena waktu shalat Subuh sekitar jam 04.30 hingga 04.40 WIB.

Kurang Tidur Lemahkan Imun!

Istirahat yang cukup juga salah satu cara sembuh dari Covid-19. Menurut Alodokter, pastikan Anda tidur yang cukup, yaitu 7–8 jam setiap harinya. 

Ini penting untuk diperhatikan karena imunitas tubuh Anda bisa melemah jika Anda kurang tidur atau sering begadang.

Diberitakan Kompas, kurang tidur bisa melemahkan daya tahan tubuh. Pola tidur memegang peranan penting dalam menjaga sistem imunitas. 

Riset membuktikan, kurang tidur membuat kita mudah terinfeksi berbagai macam virus. Bahkan, kurang tidur juga bisa memperlambat pemulihan kita dari sakit. 

Mengapa demikian? 

Melansir Mayo Clinic, tubuh melepaskan protein sitokin selama kita tertidur. Protein tersebut sangat diperlukan ketika kita sedang mengalami stres, infeksi atau peradangan. 

Kurang tidur bisa mengganggu produksi protein sitokin yang menyebabkan antibodi dan sel untuk melawan infeksi turut berkurang. 

Dengan kata lain, tidur yang cukup adalah kunci penting untuk melawan infeksi menular. Dalam jangka panjang, kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. 

Durasi tidur yang ideal, menurut laman Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya tidur selama 7-8 jam semalam, demi menjaga sistem imunitas tubuh. 

Banyak orang tak bisa memenuhi durasi tidur yang ideal karena tuntutan pekerjaan. Namun, kita bisa menebus waktu istirahat yang hilang itu dengan tidur siang maksimal 30 menit sehari. 

Tidur siang selama 30 menit juga terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita bisa melakukan tidur siang di sela-sela jam istirahat saat bekerja. 

Namu, tidur terlalu lama juga berisiko bagi kesehatan. Melansir SehatQ, tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, sakit kepala, sakit punggung, depresi, hingga kematian. 

Yuk ah, tidur! Sudah lebih dari jam 11 malam nih! :) Jangan lupa, baca doa tidur dan posisi tidur miring ke kanan ya, lihat ilustrasi tidur di atas! Wasalam.

Post a Comment