August 10, 2021

Tips SEO Blog: Google Sediakan Schema Markup Validator dan Rich Snippets

August 10, 2021

Tips SEO Blog: Google Sediakan Schema Markup Validator dan Rich Snippets

PARA blogger, khususnya desainer template blog, biasanya menguji data terstruktur (structured data) berupa schema markup atau micro data di halaman Google Structured Data Testing Tools. Schema markup bagian dari SEO.

Kini, di halaman tersebut sudah ada dua laman untuk menguji struktur data, yaitu Schema Markup Validator dan Rich Snippet.

Di link baru Structured Data Testing Tools, Google menyatakan "Test your structured data". Google menyarankan Anda memulai dengan "Pengujian Hasil Kaya" untuk melihat hasil kaya Google apa yang dapat dihasilkan untuk halaman Anda. 

Untuk validasi skema umum, gunakan Schema Markup Validator untuk menguji semua jenis markup schema.org, tanpa validasi khusus Google.

Apa itu Schema Markup?

Schema adalah kosakata semantik yang ditambahkan ke HTML situs. Dengan adanya schema, semua mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo, dan Bing, bisa mengetahui informasi apa saja yang ada di dalam konten suatu website. 

Schema juga mempermudah cara kerja mesin pencari, yaitu ketika melakukan crawl dan mengindeks website.

Mesin pencari memang memiliki kemampuan untuk membaca HTML. Namun, jika informasi yang disediakan sangat kompleks, mesin pencari akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengolahnya.

Di sinilah kegunaan schema – bisa disebut juga sebagai schema markup, schema org, atau structured data. Kosakata ini memudahkan setiap mesin pencari dalam memproses informasi penting yang ada pada konten.

Menurut Google, mesin pencari bekerja keras untuk memahami isi sebuah halaman. 

"Anda dapat membantu kami dengan memberikan petunjuk eksplisit tentang arti halaman ke Google dengan menyertakan data terstruktur di halaman itu. Data terstruktur adalah format terstandar untuk memberikan informasi tentang sebuah halaman dan mengelompokkan isinya; misalnya, di halaman resep, apa saja bahannya, waktu memasak dan suhunya, kalori, dan seterusnya."

Google menggunakan data terstruktur yang ditemukan di web untuk memahami isi halaman, juga untuk mengumpulkan informasi tentang web dan dunia secara umum. 

Link Baru Pengujian Schema Markup 

Ini dia dua halaman baru yang disediakan Google untuk menguji schema markup blog atau website.

1. Validator Markup Schema.org

Link: Schema Markup Validator.  Ini adalah halaman dokumentasi placeholder untuk validator. Layanan ini akan memvalidasi data terstruktur berbasis Schema.org yang disematkan di halaman web.

Fitur
  • Ekstrak JSON-LD 1.0, RDFa 1.1, markup Microdata.
  • Menampilkan ringkasan grafik data terstruktur yang diekstraksi.
  • Mengidentifikasi kesalahan sintaks dalam markup.
Ini didasarkan pada alat yang sebelumnya dikenal sebagai Alat Pengujian Data Terstruktur Google (SDTT), dan disediakan oleh Google sebagai layanan untuk komunitas Schema.org.

Alat ini difokuskan pada Schema.org. Dalam kasus JSON-LD, ini berarti JSON-LD tidak akan mengambil atau menafsirkan URL @context lainnya.

Hasil pengujian schema structured data di halaman ini seperti dalam gambar berikut ini:

Hasil pengujian schema structured data

Jika ada error, Anda bisa perbaiki dengan tips ini: Cara Mengatasi Error Structured Data Blog.

2. Rich Snippets

Halaman kedua yang disediakan Google adalah halaman Test Rich Snippets. Apa itu rich snippets atau hasil kaya?

Hasil kaya adalah pengalaman di platform Google, seperti Penelusuran, yang melampaui tautan biru standar. Hasil kaya dapat menyertakan carousel, gambar, atau elemen non-tekstual lainnya.

Intinya, pengertian Rich Snippet adalah potongan beberapa baris teks yang mempunyai nilai lebih (informasi tambahan) yang ditampilkan di setiap hasil pencarian mesin pencari SERP berdasarkan permintaan pengunjung, serta sesuai dan masih relevan atau berhubungan dengan apa yang mereka tulis pada kolom pencarian.

Ini contoh hasil pengujuan rich snippets:

contoh hasil pengujuan rich snippets

Itu dia dua laman pengujuan schema markup blog/website yang disediakan Google. Para webmaster atau desainer blog, juga blogger, sebaiknya menggunakan keduanya. Hal ini untuk memastikan blog kita sesuai dengan halaman web yang biasa dirambah, diindeks, dan diperingkat Google dan mesin pencari lainnya.

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Tips SEO Blog: Google Sediakan Schema Markup Validator dan Rich Snippets

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *