August 10, 2021

Memanfaatkan Forum Online untuk Meningkatkan Traffic Blog

August 10, 2021

Memanfaatkan Forum Online untuk Traffic Hosting Murah. Tips SEO Off-Page.


Memanfaatkan Forum Online untuk Meningkatkan Traffic Blog


Banyak yang masih bingung apa yang harus dilakukan setelah membeli hosting murah dan membuat blog. Terlebih setelah blog tersebut diisi dengan artikel atau konten, namun pengunjung masih tetap saja sepi.

Perlu diketahui, ada banyak cara untuk meningkatkan traffic atau lalu-lintas pengunjung blog. Caranya mulai dari yang termudah sampai yang paling susah. 

Salah satu yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan forum online atau forum internet. Memanfaatkan forum online merupakan bagian dari SEO Off-Page untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Apa Itu Forum Internet?

Forum online merupakan sebuah fasilitas yang tersedia di internet. Fungsi dari forum tersebut yaitu sebagai tempat berdiskusi. Forum internet sudah dikenalkan mulai dari tahun 1995, dan hingga saat ini masih tetap populer.

Orang-orang yang ada di dalam forum tersebut datang dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan politisi, ahli di bidang komputer, gamer, dan berbagai bidang lainnya.

Topik-topik yang didiskusikan pun cukup beragam. Topiknya bisa seputar berita politik yang sedang hangat diperbincangkan, seputar teknologi, dan sebagainya.

Tips Meningkatkan Traffic Blog

Sebelum kami jelaskan cara memanfaatkan forum internet untuk blog, alangkah baiknya Anda optimalkan dulu blog Anda. Karena jika blog Anda masih berantakan, maka akan sia-sia jika langsung ke tahap optimasi blog melalui forum internet.

Adapun tipsnya sudah kami rangkum berikut ini:

1. Optimalkan Navigasi Blog

Navigasi akan membantu memudahkan visitor saat mengakses berbagai informasi yang ada di website. Navigasi meliputi penataan menu yang tepat dan nyaman agar mudah diakses.

Selain itu, buat kategori-kategori menu sebagai navigasi di halaman utama. Dengan begitu visitor bisa mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat.

2. Memilih Desain yang Responsif

Perlu Anda ketahui, saat ini tidak semua visitor mengakses website dari komputer. Bahkan kebanyakan orang yang mengakses internet saat ini hanya menggunakan smartphone atau tablet saja.

Itulah kenapa, memilih desain yang responsif untuk berbagai device merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar visitor yang mengaksesnya nyaman meskipun menggunakan smartphone saja.

Baca juga: Template Blog SEO Friendly dan Responsive

Sederhananya, desain blog yang responsif adalah desain yang bisa diakses oleh berbagai perangkat. Baik itu perangkat komputer/laptop, tablet, maupun smartphone. Nantinya, ukuran menunya akan disesuaikan dengan device yang digunakan.

3. Proses Loading Cepat

Desain juga tidak hanya berpengaruh pada perangkat yang digunakan. Desain atau tampilan blog juga berpengaruh pada kecepatan. Maka dari itu, pilihlah desain blog yang cepat.

Kecepatan sangat berpengaruh pada SEO. Semakin cepat waktu loading blog Anda, maka akan semakin disukai oleh Google.

4. Buat Konten yang Menarik dan SEO Friendly

Sebelum Anda memanfaatkan forum internet, buatlah konten atau artikel yang menarik terlebih dahulu. Pilih topik yang sedang hangat diperbincangkan dan juga sesuai dengan niche blog Anda.

Perlu Anda ketahui, di forum-forum internet banyak orang ahli di bidang-bidang tertentu. Jadi pastikan konten artikel yang Anda buat juga berbobot dan dibuat berdasarkan riset terlebih dahulu.

Baca juga: Tips SEO bagi Pemula

Terakhir, jangan lupa juga untuk membuat artikel sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya agar artikel tersebut juga disukai oleh mesin pencari.

Cara Memanfaatkan Forum Internet untuk Blog

Sudah punya domain dan blog, tapi bingung cara mempromosikan blog Anda? 

Berikut kami informasikan salah satu caranya melalui forum internet yang sudah kami rangkum di bawah ini:

1. Cari Forum-Forum Internet yang Besar

Jangan asal memilih forum internet. Pastikan forum yang Anda pilih memiliki jumlah member yang besar. Tujuannya agar blog dan juga tulisan Anda berpotensi dibaca dan dilihat oleh banyak orang.

Indonesia sendiri memiliki banyak forum-forum internet dengan jumlah member yang fantastis. Terkait rekomendasi forum online, kami akan membahasnya di paragraf berbeda.

2. Menjadi Member dan Login ke Forum

Sebelum Anda berkontribusi di forum internet, pertama-tama Anda harus menjadi member terlebih dahulu. Silahkan Anda sign up terlebih dahulu dengan mengikuti prosedur sesuai forum yang Anda pilih.

Setelah sign up, Anda bisa login ke forum tersebut. Setelah itu Anda bisa berkontribusi di forum terkait.

3. Membuat Postingan

Setelah menjadi member, Anda bisa memposting berbagai topik menarik di forum tersebut. Silahkan Anda buat postingan yang menarik yang mengacu pada konten Anda di blog.

Contohnya Anda membuat artikel seputar komputer di blog. Selanjutnya buatlah postingan yang relevan dengan tema yang sama, namun isinya berbeda agar tidak terdeteksi copy paste.

Baca juga: Cara Membuat Postingan SEO Friendly

Selanjutnya silakan Anda masukkan link yang mengarah ke blog Anda. Dengan cara ini, maka blog Anda akan terdeteksi sebagai acuan dan sumber yang kredibel dari artikel yang diposting di forum tersebut.

4. Lakukan secara Konsisten

Agar hasilnya optimal, lakukanlah optimasi ini secara konsisten. Idealnya yaitu setiap kali Anda memposting artikel di blog, lalu posting juga artikel di forum dan cantumkan link blog tersebut.

Memanfaatkan Forum Internet untuk Backlink

Backlink merupakan teknik SEO yang tergolong powerful. Forum internet adalah salah satu platform yang bisa digunakan untuk backlink agar kualitas SEO blog milik Anda menjadi lebih baik.

Cara membuat forum sebagai platform backlink tergolong mudah. Pertama-tama, Anda masukkan kata kunci atau keyword yang relevan dengan blog tempat artikel yang akan Anda backlink.

Contohnya, jika konten di blog menggunakan keyword “sepatu branded”, maka gunakanlah kata kunci yang sama pada artikel forum internet.

Sesudah itu, silahkan masukkan link blog artikel Anda pada keyword yang ada di postingan forum internet. Link tersebut tidak hanya untuk memudahkan pembaca agar mengakses blog tersebut secara mudah.

Fungsi link tersebut juga sebagai teknik Off Page SEO. Dari link tersebut, blog Anda akan dinilai bagus dan kredibel oleh mesin pencari. Namun dengan catatan, tulisan di blog tidak copy paste, SEO friendly, informatif, dan menarik.

Rekomendasi Forum Online Terbesar di Indonesia

Punya domain blog yang ingin dioptimasi di forum-forum internet? Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas.

Namun, jangan asal memilih forum yang akan Anda manfaatkan. Pilihlah hanya forum-forum yang kredibel dan juga sudah memiliki banyak member. Selain itu, pastikan forum tersebut relevan dengan topik yang akan Anda optimasi.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung

Contohnya, jika blog Anda memiliki niche teknologi, maka pilihlah forum bertemakan teknologi. Atau bisa juga memilih jenis forum umum yang menyediakan topik-topik beragam.

Berikut kami punya beberapa rekomendasi forum-forum besar yang bisa Anda manfaatkan:
  • Ads ID: forum yang fokus membahas adsense dan publisher iklan.
  • Forum Kompasiana: platform yang membahas berbagai topik-topik, mulai dari wisata, teknologi, komputer, dan sebagainya.
  • Kaskus: banyak komunitas yang masih aktif dan menyediakan topik terlengkap.
  • Detik Forum: forum yang tepat untuk berdiskusi dan bertukar pendapat.
  • VivaForum : tempat mendiskusikan berita yang sedang hangat diperbincangkan oleh netizen.
  • Fotografer Net: forum khusus untuk pecinta dunia fotografi di seluruh Indonesia.

Demikian informasi seputar cara memanfaatkan forum internet untuk meningkatkan traffic blog. Bagi yang sudah memiliki hosting murah, Anda bisa mengaplikasikan cara di atas untuk mempromosikan blog yang sudah dibuat.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Memanfaatkan Forum Online untuk Meningkatkan Traffic Blog

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *