February 28, 2022

Pengertian Content Placement, Strategi SEO untuk Trafik dan Reputasi Website

February 28, 2022

Content Placement merupakan salah satu strategi SEO yang tengah trending. Disebut juga Sponsored Post dan Advertorial, content placement terbukti ampuh meningkatkan reputasi website atau blog dan meningkatkan trafik pengunjung. Berikut ini pengertian content placement dan manfaatnya..

Pengertian Content Placement, Strategi SEO untuk Trafik dan Reputasi Website


Saat ini, banyak lembaga atau perusahaan yang melaksanakan model promosi content placement. Targetnya para blogger dan/atau influencer.

Tidak seperti iklan display (banner) yang kurang disukai pengguna internet, content placement lebih ramah pengguna (user friendly) karena konsep penyajiannya berupa artikel sehingga tidak terkesan sebagai iklan.

Pengertian Content Placement

Secara bahasa, content placement adalah penempatan konten, yaitu memasang atau mempublikasikan artikel di website orang lain. Dalam artikel itu disisipkan link dofollow sebagai backlink ke website pemasang.

Dengan kata lain, content placement adalah salah satu strategi SEO untuk mendapatkan backlink alami dan meningkatkan reputasi website di mesin pencari dan pengguna.

Penempatkan artikel di berbagai blog eksternal, yang berisi tautan balik ke situs Anda sendiri, seiring waktu, akan meningkatkan peringkat mesin pencari.

Saat in banyak jasa penyedia content placement, termasuk para agen pemasaran digital. Mereka membuatkan artikel sekaligus mencarikan blog atau website untuk memasangnya. Banyak juga pemilik atau pengelola web yang melakukan content placement sendiri.

Guest Post Baru?

Dulu posting tamu atau guest post menjadi strategi ampuh dalam membangun backlink website. Praktik guest post secara teknis sama dengan content placement.

Menurut Business2community, content placement ini bagian dari persaingan untuk mengikuti pembaruan terbaru algoritma mesin pencari yang terus berlanjut. 

Sejumlah besar teknik, yang tidak ada hubungannya dengan konten berkualitas, telah dibahas dan diterapkan ke situs web yang tak terhitung jumlahnya dengan harapan menemukan peluru ajaib untuk memajukan SEO. 

Posting tamu telah menjadi tren terbaru yang telah dilihat sebagai satu-satunya jalan ke depan oleh banyak individu dalam pemasaran digital. Diyakini, blogging tamu adalah cara efektif untuk memperluas audiens dan meningkatkan lalu lintas secara organik. 

Manfaat ini valid, masuk akal, dan tentunya dapat memberikan efek menguntungkan pada SEO. Tetapi fokus yang lebih besar untuk blog atau situs mana pun harus menjadi penulis konten dan penempatan konten itu di situs. 

Konten harus ditempatkan di posisi yang paling logis/dapat dicari, untuk memaksimalkan visibilitas dan peringkat pencarian.

Semua pembaruan Panda, Penguin, dan algoritme pencarian lainnya telah dilakukan untuk mengidentifikasi dan memberi penghargaan pada situs web yang menghasilkan dan membuat konten di niche mereka. 

Konten ini, jika dilakukan dengan baik dan ditempatkan dengan benar, secara default akan meningkatkan lalu lintas, tautan balik (backlink), berbagi media sosial dan, pada akhirnya, memiliki dampak keseluruhan dalam meningkatkan peringkat pencarian.

Perusahaan dan individu yang menyadari pergeseran tingkat tinggi ini dari trik dan taktik tidak langsung yang ditujukan untuk mempermainkan peringkat pencarian, pada akhirnya akan diuntungkan dan sejalan dengan tujuan Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. 

Faktanya, Google dan lainnya terus mengubah algoritme sebagai cara untuk mencegah penggunaan tweak teknologi, yang bertentangan dengan konten, dari memajukan SEO.

Konten adalah raja (king) dan penempatan yang tepat dari konten itu adalah pangeran (prince). Jika situs Anda menggunakan konten berkualitas dan penempatan konten yang efektif, maka SEO situs akan mendapat manfaat dari waktu ke waktu. Berikut adalah ikhtisar singkat tentang penempatan konten dan mengapa itu sangat penting untuk SEO.

Fungsi Content Placement

• Penempatan Konten berarti terus memperbarui situs atau blog Anda dengan konten baru yang relevan
• Konten baru yang relevan memberikan hasil mesin pencari potensial
• Konten baru adalah kesempatan untuk membicarakan produk atau layanan utama Anda dalam perspektif yang berbeda

• Menempatkan konten kaya kata kunci itu secara logis di dalam struktur situs membantu mesin telusur
• Konten baru mendukung struktur situs secara keseluruhan
• Konten berkualitas lebih meningkatkan kredibilitas dalam pandangan mesin pencari dan menetapkan situs dan penulis sebagai otoritas

Fokuskan situs Anda untuk menyediakan konten relevan yang diinginkan audiens Anda dan mesin pencari akan memberi Anda imbalan. 

Trik dan "tipu-muslihat" dalam SEO terus-menerus disingkirkan dan dilawan dengan pembaruan algoritme pencarian dengan tujuan akhir mengidentifikasi konten berkualitas untuk individu yang melakukan pencarian. 

Ingatlah hal itu, dan Anda akan siap untuk sukses dan bergerak selaras dengan apa yang diinginkan Google dan mesin pencari lain. Sementara blogging tamu memberikan manfaat yang dicatat, itu harus menjadi strategi sekunder, mengambil kursi belakang untuk penempatan konten. 

Coba dan pikirkan kembali apa arti strategi pemasaran konten bagi Anda dan fokuslah untuk membangun konten hebat yang dapat membuat orang terlibat.

Kesimpulan

Content placement merupakan teknik SEP sekaligus cara pemasaran produk yang efektif, karena blog dan website menjadi media yang sering masyarakat buka dan gunakan. Blog ini juga menerima content placement.

Blog atau website harus menerapkan strategi SEO yang satu ini guna mempercepat webnya dirambah, diindeks, dan diperingkat Google. Backlink, bagaimanapun, masih menjadi faktor SEO terpenting karena terkait reputasi dan kredibilitas situs web.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Pengertian Content Placement, Strategi SEO untuk Trafik dan Reputasi Website

  1. Sini menerima content placement kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, menerima. Silakan. Simak kembali alinea kedua terakhir :)

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *