Cara Mengedit File PDF dan Mengubah Passwordnya

PDF singkatan dari Portable Document Format atau bentuk dokumen portabel yang mudah disimpan, dibawa, dibagikan, dan populer digunakan di media digital. Dalam postingan ini akan dibahas cara mengedit dan mengubah password file PDF.

Fitur password atau kata sandi untuk membuka file PDF menjadikan format dokumen ini diyakini paling aman. Karenanya, format file PDF sering dipakai untuk dokumen penting, seperti surat-surat perusahaan dan kontrak kerja. 

PDF adalah format file serbaguna dan sekarang menjadi standar terbuka yang dikelola oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). 

Dokumen PDF dapat berisi tautan (link) dan tombol, bidang formulir, bahkan audio dan video. Jenis file PDF juga dapat ditandatangani secara elektronik dan dapat dengan mudah dilihat di Windows atau MacOS.

Cara Membuat File PDF

Cara membuat file PDF sangat mudah. 
  1. Buka Adobe Acrobat dan pilih "Alat" (Tools) > "Buat PDF" (Create PDF).
  2. Pilih jenis file yang ingin Anda buat PDF dari: file tunggal, banyak file, pindaian, atau opsi lainnya.
  3. Klik "Buat" atau "Berikutnya" tergantung pada jenis file.
Ikuti petunjuk untuk mengonversi ke PDF dan simpan ke lokasi yang Anda inginkan.

Lebih mudah lagi membuat PDF di Windows. Anda buat dulu isi dokumennya di MS Word, berupa surat, kuotasi, invois, price list, artikel, dan sebagainya.

Setelah selesai membuat konten file, dalam kondisi dokumen Word Anda masih terbuka: 
  1. Llik menu "File" 
  2. Di bilah sisi yang terbuka, klik perintah "Simpan Sebagai" (Save as)
  3. Tulis nama file Anda
  4. Pilih "PDF" 
  5. Klik tombol "Simpan".
Selain "Save as", di langkah kedua Anda juga bisa klik menu "Export" yang langsung akan membuatkan file PDF buat dokumen yang Anda buat di Word. Cara ini yang sering CB lakukan.

Kelebihan PDF

File PDF dipandang lebih baik daripada dokumen berupa file Word, Excel, ataua PowerPoint. Format file PDF adalah salah satu format file yang paling umum digunakan saat ini, termasuk di sekolah atau perguruan tinggi.

Format file PDF memiliki beberapa keunggulan yang sangat bagus dibandingkan format file umum lainnya seperti dokumen Word atau Powerpoint. Setidaknya ada tiga keunggulan PDF dibandingkan format dokumen lainnya:

1. Portabilitas

Sesuai namanya, format file PDF bersifat portabel. Anda dapat mentransfer atau memindahkan file ini tanpa harus khawatir kehilangan jenis hurug (font), gambar, dan sebaginya. 

2. Kompatibilitas Universal

Sebagian besar browser modern sepenuhnya mampu membuka dan menampilkan file PDF. Sebagian besar sistem operasi modern juga dilengkapi dengan aplikasi pra-instal dasar untuk membuka PDF dengan mudah.  File PDF dapat dibuat dan dibuka di sistem operasi Windows, Mac, atau Linux dan terlihat sama persis.

3. Keamanan

Kita bisa mengunci file PDF dengan kata sandi atau password. Dengan demikian, isi file PDF dapat dilindungi dan hanya yang punya password yang bisa melihat atau membukanya. 

Melindungi PDF dengan password telah menjadi cara umum untuk melindungi data Anda. Misalnya, tagihan telepon atau laporan mutasi bank yang berisi informasi sensitif. Dengan cara ini, penerima dokumen hanya akan dapat melakukan perubahan apa pun pada PDF, hanya jika Anda memberinya izin atau akses melalui password.

Cara Mengubah Passord PDF

Jika Anda ingin mengubah password PDF yang sudah Anda buat atau jika Anda ingin menghapus password sehingga file dokumen PDF Anda agar dapat diakses oleh siapa saja, maka ada banyak perangkat lunak (sofware) untuk enghapus password PDF.

CB rekomendasikan Anda hapus kata sandi dari PDF menggunakan  remove password from pdf.

Cara Mengubah Ukuran Halaman PDF

Mungkin Anda perlu mencetak file dan ukuran kertasnya berbeda dengan kertas yang digunakan printer Anda. Mungkin Anda perlu mengirimkan file ke seseorang yang membutuhkan ukuran kertas yang berbeda. 

Apa pun alasannya, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran halaman PDF dengan bantuan editor PDF change pdf page size.

Higlights PDF

PDF adalah format yang paling banyak digunakan untuk berbagi informasi penting. Jika isi dokumennya banyak atau penuh, mungkin Anda harus memberikan "penyorotan" atau higlights bada bagian tertentu.

Hal ini untuk menekankan konten tertentu atau memberikan sinyal bagian terpenting di PDF, sehingga pembaca dapat mencatatnya dengan cepat. 

Sayangnya, tidak semua alat highlights PDF dapat melakukan tugasnya dengan sempurna, tanpa mengurangi kualitas file. 

Karenanya, CB rekomendasikan Anda daftar penyorot PDF terbaik pdf highlighter.

Demikian cara mengedit file PDF, mengubah password, termasuk cara membuatnya yang sangat mudah. Untuk edit PDF dengan mudah juga, seperti menghapus/mengubah password dan highlights PDF, Anda bisa gunakan aplikasi yang linknya ada di atas tadi. Good Luck!

Post a Comment