Statistik Blogging 2022 berikut ini menyajikan berapa banyak blog yang ada di internet saat ini dan berapa banyak orang yang membaca blog. Para blogger dan marketer wajib baca karena inilah dunia mereka sekaligus panduan strategi blogging agar blog banyak pengunjung dan menghasilkan cuan.

Blogger Wajib Baca! Statistik Blogging: Jumlah Blog, Pembaca, dan Postingan Populer

Artikel ini juga akan mengungkapkan statistik, fakta, dan tren blogging paling menarik. Statistik ini juga jawab pertanyaan paling umum:
  • Berapa banyak blog yang ada di web atau internet saat ini? 
  • Berapa banyak orang yang ngeblog? 
  • Berapa banyak orang yang membaca blog secara teratur? 
  • Berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk membacanya? 
  • Postingan blog mana yang paling populer atau paling menarik bagi pembaca?
Jika Anda serius untuk memulai sebuah blog, Anda harus meluangkan waktu untuk melihat statistik yang berbeda dari industri blogging.

Sebelumnya, perlu dijelaskan di sini, yang dimaksud blog di statistik ini adalah website yang dibuat menggunakan platform blog seperti Blogger, WordPress, Wix, Tumblr, dan Squarespace

Ingat ya, blog itu bagian dari website. Blog termasuk website pribadi (personal web).
 
Blog juga merupakan strategi digital marketing/content marketing, yaitu berupa postingan website bisnis atau web lembaga, atau berupa blog bisnis.

Statistik Blogging Teratas

  • 31,7 juta adalah proyeksi jumlah blogger di Amerika Serikat.
  • 43% dari web dibangun di WordPress.
  • 77% orang secara teratur membaca blog online.
  • Blogger sukses menghabiskan rata-rata 4 jam untuk menulis posting.
  • Sekitar 7 juta posting blog diterbitkan per hari.
  • 67% blogger yang memposting setiap hari mengatakan bahwa mereka berhasil.
  • Artikel blog dengan 3000+ kata mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • 97% blogger menggunakan media sosial untuk meningkatkan hasil mereka
  • 61% pengguna online di AS telah membeli sesuatu setelah membaca blog
Anda juga harus memeriksa informasi umum yang tersedia secara online, dan bukan hanya yang terkait dengan blog Anda. 

Dengan begitu, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan tulisan Anda untuk memenuhi kebutuhan pembaca target Anda dengan benar.

Jumlah Blog di Internet

Mari kita evaluasi berapa jumlah blog yang ada (dan berkembang) di internet. Meskipun banyak situs web khusus blog, banyak situs hanya menyertakan bagian dan artikel blog kecil. 

Selain itu, sementara situs blog baru dibuat setiap hari, beberapa blog dihapus atau menjadi tidak aktif.

Pada tahun 2021, ada lebih dari 570 juta blog di internet, berdasarkan aktivitas yang dilaporkan oleh WordPress, Tumblr, Blogger, Wix, Squarespace, dan Medium (dan jumlah ini terus bertambah).

Pertama, mari kita lihat jumlah situs web apa pun. Menurut InternetLiveStats, lebih dari 1,93 miliar situs web ada di web.

Juga, banyak platform blogging menunjukkan aktivitas mereka:
  • Statistik Blogger (Blogspot) – 617.000 blog
  • Statistik WordPress – 30 juta situs
  • Statistik Tumblr – 541 juta akun blog
  • Statistik Wix – 200 juta pengguna
  • Statistik Squarespace – 2,8 juta situs web

WordPress mengklaim bahwa 43% web dibangun dengan layanan mereka dan perangkat lunak mereka mendukung lebih dari 30 juta situs web. Tapi, tentu saja, tidak semua situs WordPress tersebut adalah blog.

Namun, ada juga pembuat situs web dan CMS lain yang sangat populer.

Statistik penggunaan Tumblr menunjukkan 541 juta akun, Wix memiliki lebih dari 200 juta pengguna, Squarespace mendukung 2,8 juta situs web, Blogger (Blogspot) mendukung lebih dari 622.000 blog, dan bahkan ada lebih banyak platform blogging di seluruh dunia.

Meskipun kami pesimis dan hanya menambahkan angka dari Tumblr, WordPress, dan Blogger tetapi tidak memperhitungkan blog dari situs web lainnya, kami dapat melihat bahwa perkiraan kami yang berjumlah lebih dari enam miliar blog adalah benar. (Sumber: Statista.com, Wix.com, Builthwith.com)

Jumlah Postingan Blog

Sekitar 7 juta posting blog diterbitkan per hari. Dengan jumlah blog aktif yang berkisar sekitar 500 juta, tidak mengherankan jika menemukan bahwa lebih dari 7 juta posting blog diterbitkan setiap hari.

Jumlah ini sangat tinggi ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa banyak situs blog tidak benar-benar memposting setiap hari. Banyak dari mereka memposting hanya beberapa kali seminggu, atau bahkan hanya beberapa kali sebulan. (Sumber: Internetlivestats.com)

Platform Blog Terpopuler

Platform blog adalah situs web dan software untuk membuat blog atau website. Sebanyak 43% situs web dibangun di WordPress.

Dari 1,93 miliar situs web yang ada secara online, 43% didukung atau dibuat dengan oleh Content Manahement System atau CMS WordPress. Data ini membuat WordPress menjadi CMS terpopuler.

Bukti lebih lanjut bahwa sebagian besar blog didukung oleh WordPress adalah fakta bahwa 20 miliar halaman blog mereka dilihat setiap bulan oleh 409 juta pengguna.

Platform Blog Terpopuler

Meskipun WordPress memegang 40% hingga 65% pangsa pasar CMS menurut sumber yang berbeda, ada banyak platform serupa lainnya. Shopify (pangsa pasar 5,0%), Joomla (pangsa pasar 2%), Wix (pangsa pasar 2,6%), dan Drupal (pangsa pasar 2,5%) hanyalah beberapa contoh (per 28 Oktober 2020).

Motivasi Ngeblog

Sebanyak 24,2% orang membuat blog karena mereka ingin berwiraswasta atau menghasilkan uang dari internet.

Motivasi terbesar untuk memulai sebuah blog adalah wirausaha (24,2%), sementara 17% ingin mengekspresikan diri dengan cara yang kreatif, dan 16% ingin membangun audiens sendiri. (Sumber: Convertkit.com)

24% blog blogger mengekspresikan diri mereka dengan cara yang kreatif.

Motivasi terbesar untuk blogging adalah untuk memiliki outlet untuk ekspresi kreatif (24%).

Blogger lain termotivasi oleh wirausaha (16%), mengajar (12%), dan memiliki kesempatan untuk membuat audiens mereka sendiri. Hanya 12% peserta yang mengatakan bahwa mereka memulai blog karena mereka ingin meningkatkan penghasilan mereka.

Motivasi ngeblog umumnya semangat berbagi pengalaman, pengetahuan, pemikiran, dan bisnis online atau jualan online. Yang pasti, dengan memiliki blog Anda membangun personal brand.

Jumlah Pembaca Blog

Sebanyak 77% pengguna internet secara teratur membaca blog. Statistik ini menunjukkan postingan blog merupakan konten terpopuler di internet.

Sekitar 43% orang hanya membaca sekilas postingan blog, tetapi 36% pembaca menganggap blog kredibel jika menyertakan studi kasus. (Sumber: Quoracreative.com)

Statistik blogging berikut ini menjadi panduan bagi para blogger dalam menulis postingan atau mengisi blognya.

Statistik panjang konten blog

Baik Anda seorang penulis tamu, penulis untuk orang lain, atau memiliki blog sendiri, pertanyaan terbesar di benak Anda kemungkinan adalah berapa banyak kata yang harus dimuat dalam postingan Anda.
  • Berapa lama Anda harus membuat konten Anda untuk memberi pembaca Anda nilai nyata tetapi membuat mereka tetap terlibat sepanjang jalan? 
  • Bisakah Anda menyampaikan pesan Anda dalam waktu singkat yang dihabiskan orang untuk membaca posting blog? 
  • Berapa lama headline Anda harus menghasilkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi? 
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting agar blogging Anda membuahkan hasil.

Ingatlah bahwa meskipun ada banyak statistik yang menunjukkan panjang posting tertentu memberikan hasil yang lebih baik daripada yang lain, Anda tetap harus berhati-hati. Keberhasilan blog Anda tergantung pada keseimbangan antara kualitas dan kuantitas.

Statistik blog berikut akan membantu Anda untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat menulis posting blog yang menarik dan menarik serta mempertahankan pembaca.

Panjang Artikel

Artikel dengan 3000+ kata mendapatkan hasil yang lebih baik.

Terlepas dari alasannya, blogger yang menjadi besar lebih cenderung melihat hasilnya. Faktanya, sebagian besar blogger yang menulis artikel 3000+ kata melaporkan “hasil yang kuat.”

Ini tidak berarti bahwa 3000 kata adalah panjang ajaib untuk kinerja SEO yang baik. Namun, ini menunjukkan bahwa posting yang lebih panjang memiliki kinerja SEO yang lebih baik secara keseluruhan. (Sumber: Orbitmedia.com)

Sebanyak 8. 55% blogger melaporkan hasil yang bagus untuk posting blog yang panjangnya minimal 2000 kata.

Tren menunjukkan bahwa posting blog yang sukses semakin panjang setiap tahun, dengan jumlah posting lebih dari 2000 kata meningkat setiap tahun. (Sumber: Orbitmedia.com)

Posting yang lebih panjang (3.000 hingga 10.000 kata) mendapat share terbanyak.

Mengingat fakta bahwa posting yang lebih panjang lebih baik untuk kata kunci ekor panjang, mereka memiliki kinerja SEO yang lebih baik, yang mengarah pada peningkatan langsung dalam berbagi media sosial. (Sumber: Quoracreative.com)

Postingan blog yang panjang memiliki inbound link 77,2% lebih banyak dibandingkan dengan postingan yang lebih pendek.

Posting blog yang lebih panjang hanya memiliki lebih banyak informasi di dalamnya dan karenanya memiliki peluang lebih tinggi untuk seseorang menemukan dan menautkannya. (Sumber: Backlinko.com).

Lama Menulis dan Judul Postingan Blog

Blogger yang sukses membutuhkan hampir 4 jam untuk menulis posting blog.

Dibandingkan tahun 2014, blogger sekarang rata-rata membutuhkan 65% lebih banyak waktu untuk menulis blog. Namun, posting blog juga rata-rata 56% lebih lama sekarang daripada di tahun 2014.(Sumber: Orbitmedia.com)

Judul blog dengan minimal 8 kata memiliki klik-tayang 21% lebih baik.

Statistik ini menunjukkan betapa pentingnya judul blog. Dengan kombinasi kata kunci yang tepat dan konten judul yang menarik, pembuat konten dapat secara drastis meningkatkan rasio klik-tayang mereka.

Sebanyak 60% blogger yang memposting setiap hari melaporkan hasil yang bagus. Sebanyak 15% blogger memproduksi dan mempublikasikan konten setiap hari, dan mayoritas (60%) dari mereka yang memposting setiap hari melaporkan hasil yang baik. (Sumber: Quoracreative.com)

Waktu Membaca Blog

Kebanyakan orang lebih suka membaca blog dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi.

Dengan mengambil sampel 170.000 posting blog, HubSpot telah menyimpulkan bahwa kebanyakan orang membaca blog dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi, terutama selama akhir pekan. (Sumber: Hubspot.com)

Konten berkualitas

Konten berkualitas dapat meningkatkan traffic blog hingga 2.000%.

Google menetapkan aturan untuk lalu lintas organik dan memutuskan konten apa yang terlihat. Mereka sangat mementingkan kualitas konten, dan inilah mengapa artikel yang bagus mendapatkan lebih banyak lalu lintas. (Sumber: Omnicoreagency.com)

Sebanyak 17% dari judul posting blog adalah headline “How-to” atau tips --cara membuat, cara mengatasi, cara menghilangkan, dll.

Judul "How-to" atau "cara" adalah kategori khusus yang sangat populer dan dikenali oleh pembaca. Ini adalah pesan yang jelas tentang apa yang dapat diharapkan pembaca.

Jenis konten 

Konten visual telah melampaui blogging, karena hanya 60% pemasar yang menggunakan blogging, sementara 80% menggunakan konten visual. Namun, ini tidak menghentikan blogger untuk menambahkan visual ke postingan mereka.

Ini bukan hanya tentang posting blog. Pemasar cenderung menghasilkan berbagai konten untuk memenuhi tujuan mereka.

Konten audio dalam posting blog membantu 45% blogger mencapai hasil yang lebih baik.

Mayoritas konten audio yang disertakan dalam postingan melibatkan podcast. Jika dilakukan dengan benar, audio dapat menambah kedalaman konten Anda dan membumbuinya. (Sumber: Optinmonster.com)

Konten video mendorong lalu lintas organik 50 kali lebih banyak.

Penelitian Omnicore dari 2018 menunjukkan bahwa konten video memiliki peluang 50% lebih tinggi untuk mengarahkan lalu lintas organik. Pada saat yang sama, 51% pengguna online lebih memilih konten video daripada jenis konten lainnya.

Pada tahun 2019, 97% blogger menggunakan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke postingan mereka.

Meskipun hampir semua blogger (97%) menggunakan media sosial, hanya 29% dari mereka yang merasa mendapatkan hasil yang baik dari lalu lintas media sosial. Ini adalah upaya gabungan, dan media sosial ada untuk menambahkan lebih banyak bahan bakar ke api. 69% blogger menggunakan SEO, dan 66% menggunakan pemasaran email juga. (Sumber: Orbitmedia.com)

Peran media sosial

97% blogger melaporkan bahwa media sosial membantu mereka meningkatkan lalu lintas.

Untuk saluran gratis, media sosial dapat secara signifikan meningkatkan lalu lintas blog Anda. 93% pemasar setuju bahwa media sosial memberi mereka lebih banyak eksposur, dan 88% dari mereka mengatakan mereka memiliki lebih banyak lalu lintas karenanya. (Sumber: Socialmediaexaminer.com)

Demikian Statistik Blogging 2022 tentang Jumlah Blog, Pembaca, dan Postingan Populer, serta hal lain terkait konten blog. Statistik selengkapnya bisa disimak di sumber: First Site Guide.

Happy Blogging!

Post a Comment