August 17, 2022

Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?

August 17, 2022

Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?

Apakah blog dan blogging masih Relevan di 2022? Banyak blogger yang dulu aktif kini pasif. Dulu banyak desainer template blog, kini pasif. Jadi, apakah blogging masih relevan saat ini? 

Jawaban singkatnya adalah masih! Blogging masih relevan, khususnya untuk strategi online marketing atau pemasaran internet.

Dulu, blogging atau ngeblog artinya membuat atau mengelola website pribadi. Kini, pengertian blogging berkembang menjadi salah satu strategi digital marketing, yaitu content marketing berupa pembuatan postingan blog sebagaimana para blogger.

Ya sih, akibat maraknya blogging for business atau blogging oleh situs-stus besar, termasuk situs-situs berita, banyak blog pribadi bertumbangan. Contoh Blog (CB) sendiri masih berusaha bertahan, meski trafik tidak seramai dulu. 

Berikut ini CB sadur ulasan tentang relevansi blogging di tahun 2022 atau saat ini dari laman Nealschaffer.

Apakah Blogging Masih Relevan?

"Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini" adalah pertanyaan di bibir semua orang. Apakah layak menghabiskan waktu dan uang di blog perusahaan Anda atau membuat blog di masa media sosial?

Singkatnya: ya.

TAPI ... tidak jika Anda melakukan salah satu dari hal-hal berikut:
  1. Menjajakan berita perusahaan (John, kami senang Anda telah dipromosikan menjadi Wakil Presiden Penjualan, tetapi simpan di LinkedIn Anda, sobat).
  2. Menghasilkan 'konten' SEO yang direncanakan dengan membosankan yang berbunyi seperti teman Anda yang berulang setelah satu bir terlalu banyak.
  3. Blogging tanpa mempromosikan konten Anda dengan segala fasilitasnya (lebih lanjut tentang ini nanti).
Namun, bahkan perusahaan yang menulis dan mempromosikan posting blog mereka masih bertanya apakah blogging sudah mati.

Inilah masalahnya. Blogging tidak mati. Itu baru saja bereinkarnasi.

Blogging Masa Lalu

Sepuluh tahun yang lalu melihat munculnya blogging sebagai taktik digital perusahaan arus utama. Sebelum itu, blog politik, perjalanan, memasak, dan teknologi bermunculan di mana-mana, menawarkan sumber nasihat dan informasi khusus yang dapat diandalkan.

Tentu saja, para pemasar yang berpikiran strategis dengan cepat menangkap janji blogging yang menghasilkan keuntungan yang diadakan untuk perusahaan.

Ini terbukti cara yang ampuh untuk muncul di mesin pencari dan di depan audiens yang sudah tertarik. Tidak hanya itu, ini adalah cara yang sangat efektif untuk berbagi pendapat ahli dan memungkinkan perusahaan menunjukkan bahwa mereka tahu apa yang mereka bicarakan.

Sekarang, tidak ada yang berubah. Blogging masih merupakan alat pemasaran yang efektif seperti biasa.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Data Box, “Pergeseran dalam Bauran Pemasaran Konten Anda: 25 Pemasar Tentang Apa yang Berubah dalam 2 Tahun” menunjukkan bahwa 68% pemasar menemukan blogging lebih efektif daripada yang mereka lakukan 2 tahun lalu.

Tapi, internet dibanjiri dengan blog! Aku mendengarmu berteriak. Bagaimana saya memiliki kesempatan?

Triknya adalah, Anda harus menyesuaikan pendekatan Anda.

Kualitas diatas kuantitas

Blogging adalah tentang membangun relasi atau hubungan. Ini tentang memainkan permainan panjang.

Tidak meyakinkan? Perhatikan dunia offline.

Apakah Anda akan mendekati pelanggan pada jam 09.30 pagi pada hari Senin pagi dan hanya mengatakan: “beli produk saya”, lalu menghilang?

Apakah Anda akan muncul di meja mereka pada waktu yang sama Senin pagi berikutnya pada jam 09.30 pagi dan mengatakan “beli produk saya”, lalu menghilang?

Dan ini berlanjut setiap minggu ... Anda mendapatkan gambarannya.

Mengganggu, kan? 

Namun, jika Anda menghabiskan waktu berbicara dengan pelanggan itu tentang topik yang mereka minati. Topik yang membantu mereka. Memberikan nasihat yang berharga. Kemudian Anda memosisikan diri Anda sebagai seseorang yang mereka andalkan dan percayai.

Logika dan strategi yang sama berlaku untuk blog Anda. Luangkan waktu untuk menulis posting Anda. Bicaralah dengan pelanggan Anda dan bangun percakapan.

Konsumen sehari-hari cerdas dan memiliki waktu terbatas. Mereka membuat pilihan berdasarkan informasi, tidak hanya tentang apa yang ingin mereka beli, tetapi apa yang ingin mereka baca.

Hanya dengan menawarkan pembaca Anda sesuatu yang benar-benar berharga, Anda akan memulai percakapan.

Blog Anda harus selalu bertujuan untuk menjawab pertanyaan audiens Anda.

Bagaimana konsumen menemukan konten Anda pasti akan berkembang, tetapi apa yang mereka cari mungkin tidak. Kami masih membutuhkan informasi yang sama seperti yang kami lakukan 5 tahun lalu, tetapi kami hanya menggunakan metode yang berbeda untuk menemukannya.

Membuat konten asli berkualitas tinggi akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil dari blogging.

Mudah untuk Skim

Ketika waktu sangat penting, Anda tidak ingin membaca esai untuk mendapatkan info yang Anda butuhkan.

Fakta. Orang tidak punya waktu.

Jika Anda ingin menyampaikan maksud Anda dan membuat pembaca tetap terlibat, buat mereka mudah.

Pisahkan konten Anda menjadi tajuk yang dipikirkan dengan matang dan buat kalimat tetap pendek. Pastikan paragraf tebal dan renungan seperti prosa dijauhkan dari blog Anda.

Aturan praktis: batasi satu pemikiran per kalimat agar tetap dapat dicerna.

Daftar (list) juga merupakan cara fantastis untuk membuat konten Anda lebih mudah dibaca.

Pastikan Konten Anda Unik

Ingat betapa kesalnya Anda dulu ketika ibu Anda menceritakan kembali kisah yang Anda ceritakan kepadanya seolah-olah dia ada di sana?

Jangan membuat kesalahan itu dengan pelanggan Anda.

Istilah 'pemikir-pemikir' banyak beredar di mana-mana akhir-akhir ini. Buat konten dengan putaran Anda sendiri, bagikan keahlian dan pengetahuan Anda dengan dunia yang haus informasi.

Konten unik tidak bagus untuk dimiliki, itu harus dimiliki.

Tapi bagaimana Anda membuat konten yang unik?

Berikut sedikit kutipan dari dalang iklan kreatif, David Ogilvy, untuk memberi Anda petunjuk:

“Ide besar datang dari alam bawah sadar. Ini benar dalam seni, sains, dan periklanan. Tetapi alam bawah sadar Anda harus diinformasikan dengan baik, atau ide Anda akan menjadi tidak relevan. Isi pikiran sadar Anda dengan informasi, lalu lepaskan proses berpikir rasional Anda. Anda dapat membantu proses ini dengan berjalan-jalan, atau mandi air panas, atau minum setengah liter anggur merah. Tiba-tiba, jika telepgaris asah dari ketidaksadaran Anda terbuka, sebuah ide besar muncul di dalam diri Anda."

Untuk menghasilkan konten unik, maka jangan lupa: baca, baca, baca! Semakin banyak Anda menyerap, semakin Anda bisa membuka garis dari ketidaksadaran Anda. Blog, media sosial, buku fiksi… apa pun yang bisa Anda dapatkan.

Lelah jalan-jalan itu? Menguping percakapan di kereta. Selalu ada perengek kereta yang berbicara tentang masalah yang mereka hadapi di tempat kerja atau dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pertahankan Percakapan

Apa yang membuat saya adalah ketika perusahaan bersusah payah menulis posting yang sangat berharga dan ditulis dengan baik yang benar-benar mendapatkan cawan suci interaksi ... dan mereka tidak menanggapi komentar.

Audiens mereka menanggapi posting mereka. Menanyakan pertanyaan. Mengomentari dengan pengalaman mereka sendiri.

Dan semua yang mereka dapatkan sebagai imbalannya adalah tumbleweed yang bagus dan gemuk yang bergulir melewati mereka.

Mari kita offline lagi.

Anda menghabiskan banyak waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Anda dapat mengetahui bahwa minat mereka terganggu oleh saran dan wawasan Anda yang luar biasa.

Mereka berkata: “Saya setuju dengan Anda. Sebenarnya, bisakah Anda memberi tahu saya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu saya?

Anda menatap melewati mereka dari balik bahu mereka, lalu berbalik dan berjalan pergi.

Mudahkan Berlangganan

Anda perlu membuat blog Anda mudah bagi pembaca untuk berlangganan (subscribe).

Jawabannya? Kumpulkan email.

Miliki kotak keikutsertaan yang dipicu gulir di halaman Anda, sehingga pembaca, yang terlibat dan ingin konten Anda langsung masuk ke kotak masuk mereka, dapat dengan mudah mendapatkannya.

Ini adalah taktik menang-menang, yang akan membantu Anda memelihara audiens Anda dan terus membangun hubungan yang sangat penting itu.

Link Seperti Tidak Ada Hari Esok

Banyak perusahaan merasa takut untuk menautkan ke blog lain.

Bahkan, mereka menatapku dengan ngeri. Mengapa saya mengirim pembaca dari blog saya ke situs web lain?

Ada satu alasan utama: ini akan memberi pembaca Anda informasi yang lebih berharga. Jika blog lain memiliki informasi mendalam yang akan menguntungkan pembaca Anda, menautkannya hanya akan membuat mereka melihat blog Anda dengan baik.

Ini juga dapat membantu blog Anda mendapatkan kredibilitas. Menautkan ke sumber, studi, dan data eksternal akan memberi bobot pada topik yang Anda diskusikan.

Poin plus lainnya adalah menautkan ke blogger lain dapat membantu Anda membangun hubungan di industri itu, yang selalu membantu Anda.

Ada kekuatan dalam jumlah dalam hal pemasaran konten, dan kolaborasi influencer dapat meningkatkan upaya Anda.

Mengintensifkan Fokus

Masuk lebih dalam ke konten Anda akan memiliki banyak keuntungan. Paling tidak fakta bahwa Anda dapat mengharapkan peringkat Anda di mesin pencari meningkat.

Pemasar digital, Eric Enge, mengatakan: “Kami melacak kinerja SEO dari sejumlah situs berbeda. Situs-situs yang memberikan kedalaman luar biasa dalam cakupan konten berkualitas benar-benar melonjak peringkatnya sepanjang tahun. Situs yang lebih lemah dalam kedalaman kontennya menderita dibandingkan.”

Jadi ini membawa arti yang sangat berbeda untuk 'kualitas', di mana Anda perlu memperluas topik Anda tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Dan di situlah letak keajaiban SEO.

Kata kunci jelas penting, saya tidak menyangkalnya. Tetapi jika Anda fokus pada posting berkualitas yang mendalam, Anda akan berusaha keras untuk membuat blog Anda sukses.

Inilah cara melakukannya:
  • Tulis posting panjang yang memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi suatu topik.
  • Bahaslah topik dari berbagai sudut pandang. 
  • Tulis 'Panduan Utama'. Pembaca menyukainya, tetapi mereka juga merupakan cara yang bagus untuk memaksa diri Anda memahami detail kecil. 

Apakah Blog Masih Relevan?

Pertanyaan apakah blog masih relevan, dengan sendirinya, tidak relevan.

Sebenarnya, kita harus berhenti mengucapkan garis datar hanya karena kita tidak tahu bagaimana beradaptasi.

Ya! Blogging adalah mutlakmasih relevan di tahun 2022. Faktanya, sekitar 409 juta pengguna internet membaca sekitar 20 miliar halaman blog setiap bulan. 

Inilah sebabnya mengapa 53% pemasar memprioritaskan blogging sebagai strategi pemasaran konten utama mereka. Selanjutnya, blogging terus berkembang dengan peningkatan 12% dalam 5 tahun terakhir.

Apakah blog pribadi masih relevan?

Membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Anda sangat penting dalam pemasaran. Dan cara terbaik untuk menghubungkan mereka adalah dengan menghubungkan mereka secara pribadi. 

Sebagian besar audiens berinteraksi dan terlibat dengan sesuatu yang secara pribadi dapat mereka hubungkan. Oleh karena itu, blog pribadi masih penting dan dianggap sebagai salah satu jenis blog paling populer.

Apakah orang masih membaca blog?

Orang tidak dapat disangkal masih membaca blog. Faktanya, 77% pengguna internet di seluruh dunia suka membacanya. 

Orang-orang di Amerika Serikat saja membaca blog 3X lebih banyak daripada email. Akibatnya, jumlah blogger di AS diperkirakan meningkat menjadi 31,7 juta tahun ini dari 31,2 juta tahun lalu.

Blog sangat kuat dan merupakan sumber informasi paling andal ke-5 di internet. Pembaca mempercayai apa yang mereka baca di posting blog. Google 

mengatakan bahwa lebih dari 60% pembelian dimulai secara online, dan banyak dari hasil pencarian yang mempengaruhi pembelian adalah posting blog.

Blogging akan selalu bermanfaat terutama jika Anda menemukan niche yang Anda sukai. Baik itu untuk merek, bisnis, atau untuk alasan pribadi, blogging akan selalu memberi Anda hasil. 

Blogging adalah outlet yang bagus untuk blogger yang ingin mendidik, memberikan saran, berbagi pengalaman dan pemikiran pribadi, dan mengiklankan merek/bisnis mereka.

Karena blogging masih relevan dan sangat kuat di Google, maka marketing dan humas (public relations) wajib memiliki keterampilan ngeblog --menulis posting blog. Anda bisa memulainya dengan membuat blog untuk mengasah keterampilan blogging, plus SEO dan mengasah keterampilan menulis.

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini?

  1. Hi...tulisan yang bagus.

    Saya pikir blog masih relevan sampai saat ini. . Hanya tergantung konsisten saja. Jika di bandingkan pada beberapa tahun lalu menang ada sedikit penurunan, karena hadirnya platform berbasis Video. Akan tetapi yang namanya pembaca akan selalu muncul dan akan selalu meningkat. Hal ini lah yang mendasari bahwa blog itu akan selalu eksis sampai kapan pun.

    Blogger pemula http://accubebe.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. aku pikir, blog yg terpelihara masih layak dimiliki, dipelihara asal tidka berprinisip ngeblog bukan sebatas "nge- adsense",
    kita tidak tau perogres prilaku orang di internet akan sperti apa kedepannya,

    tpi dg punya blog, stidaknya kita punya modal "rumah di dunia maya".

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *