Rahasia kecanggihan atau kunci sukses TikTok, aplikasi media sosial terpopuler saat Ini hingga unggul dari Facebook dan Youtube. Algoritma TikTok sangat canggih.


5 Kunci Sukses TikTok, Media Sosial Terpopuler Saat Ini


Apa sih yang membuat TikTok sukses besar dalam memikat para pengguna untuk menggunakannya atau membukanya setiap hari?


Setidaknya ada lima alasan mengapa TikTok menjadi aplikasi populer atau terbanyak diunduh dalam waktu singkat. 

1. Video Pendek

Yang pertama, TikTok merupakan aplikasi video pendek yang membuat pengguna kecanduan. Dalam waktu singkat, pengguna bisa menonton banyak video dengan beragam konten menarik.


Seorang sosiolog mengatakan, bahwa ketika menggunakan TikTok, otak kita mendapatkan satu dari dua hal ini, yaitu intermittent reinforcement dan dopamin effect.


Intermittent reinforcement adalah pola pemberian reward atau hadiah pada interval yang tampaknya acak. Hal ini terbukti membuat orang tambah penasaran dan mendorong upaya lebih besar untuk mendapatkan reward tersebut. 


Saat Anda menggunakan TikTok, Anda akan terus menggeser video ke kawah sampai kemudian mendapatkan video yang Anda sukai. Setelah beberapa saat, akan ada video yang menarik bagi Anda. Kemudian Anda nonton dan mendapatkan kesenangan. 


Setelah itu Anda geser lagi deretan video ke bawah dan secara acak lagi Anda menemukan kembali video yang membuat Anda senang. Nah, video-video yang menyenangkan Anda itu tidak terprediksi dan itu membuat Anda tambah penasaran. 


Hal itu mendorong Anda untuk terus menggeser video demi sampai Anda menemukan. Aliran video pendek yang cepat dan terus-menerus itu kemudian menciptakan efek dopamin di otak kita. 


Dopamin adalah zak kimia di otak yang mengirimkan pesan sel syaraf. Dia memberi sinyal pada otak bahwa kita sedang merasakan kenikmatan. Proses ini diperkuat ketika TikTok semakin sering menyuguhkan video yang kita sukai.


Apa yang Anda lihat di layar aplikasi TikTok itu mirip dengan apa yang ditampilkan slot mesin sebuah casino dengan warna-warni animasi dan efek suara yang membangun keceriaan.


Hasil penelitian menunjukkan, hasil scan otak para responden yang menggunakan TikTok menunjukkan respons seperti kecanduan dan bahkan beberapa subjek penelitian tidak memiliki cukup kontrol diri untuk berhenti menonton.

2. Kecanggihan AI

TikTik memiliki kecerdasan buata atau artificial intelligent (AI) yang canggih. Perusahaan yang melahirkan TikTok, Byte Dance, adalah perusahaan yang hebat dalam penerapan teknologi AI. Beberapa pihak bahkan mengatakan, algoritma TikTok jauh lebih hebat dari Facebook!


Lihat saja data yang dikumpulkan TikTok dari handphone kita. TikTok mengumpulkan informasi dari pesan-pesan kita. TikTok tahu aplikasi yang ada di ponsel kita, website yang kita kunjungi, juga lokasi fisik mana yang sering kita kunjungi.


Bahkan, TikTok bisa membaca setiap ketukan atau geseran di layar HP kita. Maka, sebelum kita menggunakan aplikasinya, TikTok sebenarnya sudah tahu banyak tentang kita. Luar biasa!


TikTok sudah bisa memprediksi apa yang kita sukai dan tidak kita sukai. Begitu kita mulai menggunakan aplikasi TikTok, mesin AI-nya bekerja lebih keras lagi. 


Dimulai dari beberapa video yang ditampilkan pada kita berdasarkan pada profiling awal, ia memvalidasi dan mempelajar kembali perilaku dan preferensi kita berdasarkan pilihan video yang kita tonton. 


Aplikasi asal China ini memiliki kemampuan untuk mempelajari minat pengguna lebih cepat daripada Youtube. Hal itu karena durasi video TikTok sangat pendek --rata-rata satu menit. Bandingkan dengan rata-rata durasi video yang diunggah ke Youtube yang rata-rata 11,7 menit.


Dengan durasi video yang pendek, pengguna TikTok akan menyeleksi ratusan video hanya dalam satu sesi penggunaan. Dalam sebuah survei, TikToker menonton lebih dari 200 video setiap hari. Hal ini tidak terjadi di Youtube karena durasinya panjang atau lama.


Youtube pun perlu waktu lebih lama bagi algoritmanya untuk mengenali apa yang Anda sukai. 

3. Bikin Konten Mudah 

Alasan ketiga atau kunci sukses ketiga TikTok adalah aplikasi ini membuat proses pembuatan konten menjadi sangat mudah.


Bahkan, para pengguna tidak perlu berpikir mau membuat konten apa. Cukup membuat versi Anda dari video lipsync atau dancing yang lagi populer di TikTok.


Atau bisa juga dengan cukup menjawab challenge yang ada. Fitur-fitur rekaman dan efek khusus dan musim yang disediakan di aplikasi TikTok juga sangat mudah digunakan. 

4. Promosi Video

TikTok mempromosikan video yang diunggah pengguna kepada sebanyak mungkin audiens yang diprediksi tertarik. Akibatnya, banyak pengguna kaget karena videonya ditonton banyak orang hanya dalam hitungan hari.


Ini adalah cara TikTok menunjukkan kepada Anda rasanya jadi terkenal. Anda senang luar biasa tentunya. Anda pun ingin segera membuat konten berikutnya karena ingin mengulangi rasa itu lagi dan lagi dan lagi...

5. Sharing Mudah

Alasan kelima TikTok sangat populer adalah proses berbagi ke berbagai media sangat mudah. Hal itu sedikit counter intuitive untuk apa sih TikTok mendorog penggunanya memasok konten ke pesaing? Jawabannya adalah karena itu akan memberikan TikTok promosi gratis yang tidak terbatas.


Semua video TikTok yang dibagikan ke media sosial lain memiliki watermark logo TikTok yang besar. Semua orang yang nonton jadi penasaran apa itu TikTok. Kenapa temannya ada di sana. Akhirnya mereka pun mengunduh aplikasinya dan mulai menggunakannya. (Sumber: @bunaprojects).


@cbblogger Blogging lebih mudah dapat AdSense. #blog #blogging #bloggingtips ♬ original sound - CB

Post a Comment