November 14, 2022

Apakah Pengguna Internet Masih Membaca Blog?

November 14, 2022

Di postingan sebelumnya Contoh Blog (CB) sudah membahas relevansi blogging saat ini dan statistik blog dan pembacanya.

Apakah Pengguna Internet Masih Membaca Blog?

Terkait dengan hal itu, kali ini CB coba bahas apakah pengguna internet saat ini masih membuka atau membaca blog, khususnya blog yang dibuat di Blogger?

Statistik sebelumnya menunjukkan, ya, saat ini blog masih dibaca. Bahkan, 77 persen pengguna internet masih membaca blog --sadar atau tidak sadar. Data Build With menunjukkan sejuta lebih website saat ini menggunakan Blogger alias hosting gratis di Google.

Jadi, pertanyaan apakah orang masih membaca blog saat ini, jawabannya: masih! Berikut ini data Penji tentang blog masih populer sebagai sumber informasi di internet.

Ulasan ini menjadi motivasi bagi para blogger untuk terus ngeblog. Dalam konteks bisnis, blogging bahkan menjadi strategi digital marketing paling efektif --khususnya content marketing yang menjadi kunci sukses toko online.

Apakah Orang Masih Membaca Blog? 

Berikut ini fakta tentang blogging pada tahun 2022 menurut laman Penji.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah orang masih membaca blog atau tidak, atau akhirnya blog mati? Singkatnya, jawabannya adalah ya! Blogging masih hidup, dan orang-orang masih membaca blog beberapa kali setiap hari. 

Sekarang mungkin popularitas blog terlihat berbeda dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Posting blog atau artikel telah bergeser dari yang berpusat pada penulis menjadi berpusat pada pembaca.

Ada beberapa jenis blog, dan jenis blog yang kebanyakan orang tahu sudah mati --yakni blog pribadi yang dikelola oleh blogger yang "tidak serius" dan "tidak sabar". 

Tapi, bukan berarti ngeblog hilang sama sekali. Blogging pribadi dan komunitas blogger yang kuat dulu ada, tetapi mereka secara bertahap "sekarat".

Blog pribadi dengan entri seperti jurnal tentang pendapat, perjuangan, dan pengalaman penulis. Blog pribadi yang lebih mirip influencer dapat menangani hal yang sama tetapi dengan cara seperti selebritas. Blogger ini biasanya mencatat perjalanan, hubungan, anak-anak, dll.

Dalam pengertian itu, contoh kedua blogger masih ada. Namun, sebagian besar blogger gaya hidup mulai mengubah jalur mereka untuk tetap relevan dan membuat pembaca setia mereka tetap tinggal. 

Kebanyakan orang saat ini kurang tertarik untuk menjelajahi blog yang penuh dengan konten “apa yang saya lakukan hari ini”. Singkatnya, blog pribadi menjadi kurang menarik!

Jadi, apa yang menggantikan mereka? Blog yang penuh dengan konten yang menginspirasi dan bermanfaat.

Setiap kali Anda meneliti resep, Anda diarahkan ke beberapa blog makanan! Mencari inspirasi atau tutorial fashion? Anda akan mendarat di blog mode! 

Blog ini mungkin situs web atau publikasi yang lebih menonjol, tetapi pada dasarnya, sebuah blog kecil dan publikasi terkemuka melakukan hal yang sama: pemasaran konten.

Bagaimana Blogging Berkembang?

Jenis blogging yang populer saat ini lebih pada pemasaran konten. Transformasi tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa personal blogging terfokus pada penulisnya (blogger). Di sisi lain, blogging untuk pemasaran konten difokuskan pada pembaca.

Penulis online masa kini selalu berusaha memberikan solusi atas tantangan dan permasalahan para pembacanya. Blogger terkenal adalah mereka yang:
  • Membuat konten pemecahan masalah atau tips/tutorial.
  • Merekomendasikan produk, baik afiliasi atau produk mereka sendiri.
Pemasaran konten telah berkembang ke area lain di internet, seperti YouTube, Instagram, Twitter, TikTok, podcast, dll. Meskipun konten visual dianggap sebagai masa depan pemasaran konten, kata-kata tertulis (konten tesk/tulisan) masih tetap kuat.

Apakah Orang Masih Membaca Blog?

Orang-orang (pengguna internet) masih membaca blog hari ini dan pasti akan terus membaca blog selama beberapa tahun yang akan datang. 

Statistik menunjukkan, 77 persen pengguna internet secara teratur membaca posting blog --sadar atau tidak bahwa yang sedang dikunjunginya adalah sebuah blog atau web pribadi. 

Namun, terlepas dari peningkatan jumlah orang yang membaca blog secara konsisten, cara kita membacanya cukup banyak berubah. 

Biasanya, pengunjung situs hanya menghabiskan 37 detik membaca posting blog. Ini berarti bahwa kebanyakan orang tidak mungkin membaca seluruh posting blog dari awal sampai akhir. Sebaliknya, mereka menelusuri artikel untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Memang benar bahwa orang masih membaca blog dalam jumlah rekor hari ini. Tidak pernah lebih penting untuk menciptakan pengalaman konten yang luar biasa yang dapat dipindai untuk pembaca Anda—sehingga mereka dapat dengan cepat menemukan jawaban yang mereka cari dan melanjutkan kehidupan mereka yang sibuk. 

Konon, seorang blogger berpengalaman, pemilik bisnis, penulis, dan pemasar konten selalu memiliki sesuatu untuk disampaikan.

Alasan mengapa orang membaca blog bervariasi sepanjang sejarah blogging. Pada akhirnya, orang membaca blog karena mereka mencari solusi untuk masalah mereka. 

Blog adalah salah satu format terbaik untuk memberikan solusi semacam itu kepada orang-orang yang online—melalui konten tertulis, video, atau audio.

Sebuah blog dapat mengakomodasi format konten apa pun. Siapa pun dapat menggunakannya untuk mendidik, menginformasikan, mengadvokasi, menjual produk atau layanan, memberikan dukungan, dan banyak lagi.

Apa yang Membuat Blog Sangat Menarik

Orang-orang masih membaca blog hari ini untuk:
  • Menemukan jawaban atas pertanyaan mereka
  • Mempelajari keterampilan baru dengan bantuan panduan komprehensif
  • Menonton tutorial video yang membantu menyelesaikan tugas tertentu
  • Mengkuti saran dari seorang ahli atau influencer dalam topik tertentu
  • Mengumpulkan saran di bagian komentar blog atau di forum
  • Menapatkan berita, pembaruan, atau informasi yang relevan tentang acara lokal
  • Terhubung dengan orang lain yang berpikiran sama dan bergabunglah dengan komunitas online
  • Memutuskan apakah mereka harus membeli produk atau layanan tertentu
Jika ada sesuatu yang dapat Anda ajarkan atau jelaskan kepada audiens Anda yang ada, blog adalah salah satu tempat yang paling mudah diakses. 

Karena blog mudah dan terjangkau untuk disiapkan, jutaan people memasuki industri blogging. Menurut statistik blogging terbaru, ada lebih dari 31,7 juta blogger di Amerika Serikat saja.

Kesimpulan

Mari kita simpulkan. Apakah orang masih membaca blog? Jawabannya pasti ya! 

Jadi, jangan pernah ragu untuk memulai blogging dari sekarang, jika Anda berencana untuk menjalankan blog. 

Anda hanya perlu lebih berupaya untuk memastikan konten yang bermanfaat. Dan untuk desain situs web yang mudah digunakan untuk membuat pembaca bertahan, Anda bisa gunakan template premium CB Blogger yang sudah user dan SEO friendly!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Apakah Pengguna Internet Masih Membaca Blog?

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *