December 4, 2022

5 Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

December 4, 2022

5 Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

Menghasilkan uang mungkin motivasi terkuat seseorang ngeblog. Blogging memang profitable alias bisa mendatangan cuan. Berikut ini 5 cara blogger menghasilkan uang dari blognya --disebut monetisasi blog atau make money blogging.

Kuncinya sih trafik atau jumlah pengunjung. Blog akan menghasilkan uang jika banyak pengunjung, minimal 1000 pengunjung per hari. Untuk mendatangkan pengunjung, narablog harus menerapkan SEO dan membuat konten berkualitas.

CB sendiri alhamdulillah bisa mendapatkan penghasilan dari blog ini, terutama dari Google AdSense dan content placement. Dapat berapa per bulan, itu mah rahasia perusahaan dong! :)

5 Cara Blogger Dapat Menghasilkan Uang dari Blognya

Berikut adalah lima cara blogger dapat menghasilkan uang. 

1. Google AdSense 

Google AdSense merupakan sumber utama penghasilan blogger. Bahkan, sumber utama penghasilan situs-situs berita dan website populer juga kayaknya AdSense deh. Cek aja iklannya yang muncul, hampir semuanya iklan Google kan?

Menempatkan iklan di blog adalah salah satu "cara paling sederhana" untuk menghasilkan uang. Seperti pemilik situs web lainnya, blogger dapat mendaftar blognya ke Google AdSense atau jaringan iklan lain untuk memasang iklan di situs mereka atau menggunakan iklan terprogram. 

Blogger dibayar dengan tayangan, yaitu setiap kali pengunjung melihat iklan. Mereka juga dibayar setiap kali pemirsa mengklik iklan. 

Dalam kasus blog sukses seperti HuffPost, jaringan iklan langsung menjangkau blogger dengan permintaan untuk menjalankan iklan.

2. Pemasaran Afiliasi 

Banyak perusahaan, bisnis besar dan kecil, menjalankan program affiliate marketing. Jika blog kita banyak pengunjung, mereka bahkan yang menghubungi admin blognya. 

Teknis menghasilkan uang dari blog dengan cara afiliasi ini, blogger bermitra dengan perusahaan yang membayar mereka untuk mempromosikan produk mereka. 

Seringkali, sebuah perusahaan akan memberikan blogger URL unik ke halaman web produk perusahaan itu, ketika pengunjung mengklik dan melakukan pembelian melalui itu, membayar komisi kepada blogger.

3. Postingan Bersponsor

Disebut sponsored post, paid guest post, atau content placement. Blogger dibayar ketika mempublikasikan sebuah artikel dari sebuah perusahaan atau blogger lain.

Banyak perusahaan kini melakukan strategi pemasaran dan SEO dengan content placement. Perusahaan membayar blogger untuk membuat konten tentang merek atau produk mereka. 

Sebuah blog harus memiliki target audience yang cukup besar agar promosinya menjangkau banyak viewer. Blogger juga menjangkau langsung bisnis yang menawarkan produk yang ingin mereka sponsori.

4. Jualan Produk atau Layanan 

Di blog ini CB menjual template premium di Galeri Template. CB juga menyediakan layanan premium mulai dari blog siap pakai hingga modifikasi desain tema blogger.

Banyak blogger lain adalah bisnis atau orang yang berpikiran bisnis yang menjual produk digital atau fisik. Blog adalah cara yang bagus untuk menarik audiens ke produk blogger. 

Blogger yang telah menetapkan otoritas sebagai pakar di bidangnya sering kali menawarkan layanan pribadi dan konten eksklusif kepada audiens mereka. 

Blogger juga dapat menjadi pelatih dan konsultan, dan menawarkan kursus, keanggotaan, dan bahkan langganan di mana pemirsa membayar mereka secara langsung untuk mendapatkan nasihat ahli atau konten eksklusif. 

5. Donasi

Kalau yang ini CB belum pernah nih. Belum pernah ada pembaca yang kasih donasi. Kalau bilang "klik iklan" sih pernah ada. Katanya sebagai tanda terima kasih.

Membuka donasi adalah hal yang lumrah apalagi bagi para penyedia konten yang memilih untuk tidak memonetiasi blognya. Seorang blogger bisa membuat ajakan berdonasi misalnya dengan memanfaatkan fitur PayPal.

Jika pembaca merasa puas, senang, terbantu, tentu mereka tergerak bukan hanya LKS (Like, Komen, Share), tapi juga bisa tergerak memberikan donasi sebagai tanda terima kasih.

Mau donasi ke CB? Boleh. Ini PayPal ID CB Blogger: cbblogger2014@gmail.com atau klik aja PayPal Me CB Blogger.

Demikian lima cara blogger menghasilkan uang dari blognya. Tentu masih banyak cara monetisasi blog lain, tapi lima cara di atas yang utama. 

Good luck and happy blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 5 Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *