December 4, 2022

Mendefinisikan Kembali Pengertian Blog dari Web Pribadi ke Marketing Bisnis

December 4, 2022

Mendefinisikan Kembali Pengertian Blog dari Web Pribadi ke Marketing Bisnis

BLOG dipahami sebagai situs web pribadi (personal website). Umumnya berisi tulisan --yang disebut postingan blog atau blog post-- dengan gaya percakapan tentang pengalaman atau pengetahuan.

Blog juga dipahami sebagai media publikasi pribadi untuk berbagi pengalaman atau pengetahuan. 

Secara teknis, web pribadi ini dibuat di platform blog seperti Blogger (Blogspot) dan WordPress secara gratis, kecuali menggunakan nama domain dan hosting sendiri --disebut blog selfhosted

Contoh blog adalah halaman yang sedang Anda buka ini --www.contohblog.com-- dengan alamat aslinya di Blogger adalah contohblognih.blogspot.com.

Pengertian Awal dan Asal Kata Blog: Web Log

Nama atau istilah blog merupakan singkatan dari website log atau web log yang artinya "catatan web". Awalnya, sebuah blog berupa halaman websiter berisi catatan pemiliknya berupa link atau tautan ke website lain.

Karenanya, blog didefinsikan sebagai situs web yang berisi log atau "buku harian online" informasi, topik, atau opini tertentu. 

Seorang penulis blog (blogger, narablog) menautkan ke cerita atau situs web lain dengan informasi yang relevan dan menarik. 

Tautan ini biasanya dipisahkan menurut topik atau subtopik blog dan ditulis dalam urutan kronologis terbalik. Artinya, tautan postingan terbaru ditampilkan di bagian atas beranda blog (homepage). 

Pada perkembangannya, istilah web log (atau weblog) dan blog belum tentu sinonim. Blogger memposting konten segar terkait dengan pemikiran atau opini mereka tentang topik tertentu atau beragam, sementara web logger mengacu pada informasi yang menurut mereka relevan dan berguna.

Konon, istilahnya adalah log web bertanggal dan lebih sering digunakan di masa-masa awal Web. Menggunakan istilah "blog" jauh lebih populer. 

Di Web modern saat ini, ada banyak sistem manajemen konten (Content Management System, CMS) yang memungkinkan pembuatan website dengan mudah. Mengingat hal ini, seiring dengan munculnya blogger profesional, batas antara situs web pribadi, blog, dan penerbit online yang lebih besar menjadi kabur.

Blog yang dulu dikenal sebagai web prbadi, kini bisa merupakan website organisasi, kelompok, bisnis, bahkan situs berita. Karenanya, pengertian blog sebagai website peribadi adalah definisi lama tentang blog.

Perkembangan Blog dari Web Pribadi ke Bisnis

Blog adalah halaman web yang sering diperbarui yang digunakan untuk komentar pribadi atau konten bisnis. 

Blog seringkali bersifat interaktif dan menyertakan bagian di bagian bawah postingan blog individual tempat pembaca dapat meninggalkan komentar.

Sebagian besar postingan blog ditulis dengan gaya percakapan untuk mencerminkan suara dan pandangan pribadi blogger. 

Popularitas blog mendorong pelaku usaha atau pebisnis juga membuat blog untuk strategi pemasaran online --disebut business blogging, blog bisnis, atau blog for business.

Beberapa bisnis menggunakan blog untuk terhubung dengan audiens target dan menjual produk.

Karenanya, blog hari ini lebih cenderung menjadi jurnal online pribadi atau komentar terkait bisnis yang sering diperbarui dan ditujukan untuk konsumsi masyarakat umum. 

Blog masih sering ditentukan oleh formatnya, terdiri dari serangkaian entri yang diposting ke satu halaman dalam urutan kronologis terbalik. 

Banyak blog bersifat kolaboratif dan menyertakan banyak penulis yang sering kali menulis dengan satu tema.

Blog biasanya dikhususkan untuk subjek yang menarik bagi audiens target - seperti mode, politik, atau teknologi informasi. 

Blog dapat dianggap sebagai memberikan komentar berkelanjutan tentang suatu tema. Mereka dimaksudkan untuk terlibat dengan komunitas yang tertarik pada suatu topik dan kepribadian atau produk dari blogger atau bisnis sponsor. 

Situs blog pertama pada dasarnya adalah buku harian atau jurnal pribadi online. Mereka menjadi populer karena pembaruan konten reguler, sudut pandang pribadi, agregasi tautan menarik, dan kesempatan untuk terlibat di bagian komentar dengan blogger dan audiens mereka.

Blog telah berkembang jauh dari hari-hari awal mereka sebagai jurnal online, meskipun itu masih menjadi alasan populer orang membuat blog. 

Mereka juga menjadi cara penting bagi pembeli untuk mengumpulkan informasi tentang produk dan layanan yang mereka teliti.

Menurut Gartner, sebagian besar pelanggan melakukan banyak riset pembelian secara online, menghabiskan hanya 5% waktu mereka dengan perwakilan penjualan. 

Menanggapi tren tersebut, blogging telah menjadi cara yang efektif bagi organisasi untuk membuat konten otoritatif yang menarik bagi pembeli yang melakukan riset sendiri. 

Sebagian besar blog bisnis diakhiri dengan mengiklankan produknya dengan harapan pembaca siap membeli setelah membaca dan belajar dari blog tersebut.

Blog sebagai Pemasaran Bisnis

Blog adalah media populer untuk terhubung ke audiens dan memiliki banyak kegunaan untuk blogger individu dan bisnis.

Beberapa alasan lain orang memulai blog adalah sebagai berikut:

1. Bagikan tampilan dan terhubung dengan audiens. 

Blog menyediakan banyak penulis dan pemimpin pemikiran dengan outlet untuk berbagi informasi dan pandangan mereka dengan khalayak luas. 

Alih-alih mengandalkan publikasi untuk menerbitkan konten mereka atau menulis tentang merekabisnis, individu dan bisnis berkomunikasi langsung dengan audiens mereka. 

Blogging adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang subjek atau produk dan membangun komunitas online di sekitarnya.

2. Membangun bisnis dan menjual produk. 

Blogging adalah praktik populer untuk bisnis yang mencoba mendapatkan kredibilitas dalam industri mereka, membangun peringkat mesin pencari yang tinggi, terhubung dengan audiens target, dan mengidentifikasi prospek penjualan. 

Menggunakan strategi pengoptimalan mesin telusur (SEO), konten blog dapat mengubah blog bisnis menjadi otoritas di bidang teknologi atau pasar. 

Dengan cara ini, bisnis dapat menjangkau khalayak luas yang secara rutin mengunjungi atau menautkan ke situs webnya dan membeli produknya.

3. Meningkatkan kesadaran. 

Blog adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah dan penyebab, dan untuk mempengaruhi opini publik dan pemerintah. 

Banyak organisasi nirlaba menggunakan blog untuk membuat kampanye sosial dan politik yang menginformasikan audiens tentang suatu topik dan membuat mereka tetap terlibat dalam pengembangan topik tersebut.

Blog adalah bagian penting dari pemasaran bisnis. Mereka sering tampil di lapisan pertama corong penjualan dan membantu mengarahkan pelanggan melalui empat langkah corong untuk lebih terlibat dengan bisnis.

Sejarah blog

Bagaimana sejarah blog dari web pribadi hingga menjadi alat pemasaran bisnis? 

Blog pertama, Links.net, dibuat pada tahun 1994 oleh mahasiswa Swathmore College Justin Hall dan masih aktif. 

Namun, istilah weblog tidak diciptakan hingga tahun 1997 ketika blogger Jorn Barger menggunakannya untuk merujuk pada misi blogger "mencatat web".

Pada tahun 1999, programmer Peter Merholz menciptakan istilah blog dengan memecah frase weblog menjadi we blog di sidebar blog pribadinya. 

Belakangan tahun itu, layanan blogging Blogger dirilis, yang merupakan alat blog online pertama yang secara resmi menggunakan istilah blog, bukan weblog.

Sejak saat itu, jenis blog lain bermunculan, seperti vlog -- kependekan dari video log -- yang merupakan metode blogging berbasis video. 

Blog langsung diciptakan untuk menggambarkan serangkaian siaran langsung tentang peristiwa yang terjadi, seperti pertandingan olahraga atau debat politik. Kedua istilah tersebut tidak lagi digunakan setelah bentuk blog ini dimasukkan ke dalam kemampuan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Blog vs. situs web: Apa bedanya?

Blog umumnya diperbarui secara berkala dan menawarkan keterlibatan melalui bagian komentar. Situs web sering menawarkan informasi statis tentang seseorang, bisnis, atau topik dan tidak selalu sering berubah.

Namun, istilah tersebut tidak saling eksklusif. Sebuah blog dapat menjadi bagian dari sebuah situs web. Misalnya, blog bisnis sering kali merupakan bagian dari situs web bisnis yang melibatkan pemirsa dan sering memperbarui konten baru tentang produk dan industri.

Di sisi lain, blog seringkali merupakan situs web itu sendiri. Ini terutama berlaku untuk blog pribadi yang tidak menawarkan layanan atau produk. Dalam hal ini, ada konten terbatas selain blog. Satu-satunya halaman yang mungkin ada di luar posting blog adalah halaman kontak.

Cara memulai blog

Ada empat langkah yang harus diikuti saat membuat blog yang sukses:

1. Pilih layanan blogging dan hosting. 

Ada banyak platform -- seperti Blogger, Medium, Squarespace, Tumblr, dan WordPress -- yang membantu pengguna membuat dan mendesain blog serta menyediakan template untuk diikuti. 

Beberapa layanan juga menawarkan hosting web, tempat mereka menyimpan situs di server dengan alamat unik.

2. Pilih target audiens dan subjek. 

Audiens yang ditentukan dan materi pelajaran yang dikhususkan membuat menarik pengunjung lebih mudah. Pendekatan ini menawarkan lebih banyak peluang untuk menggunakan kata kunci bertarget yang berperingkat tinggi di mesin pencari. 

Audiens yang ditargetkan juga penting dalam hal membangun kepribadian dan suara unik untuk blog.

3. Perbarui secara teratur dengan mempertimbangkan SEO. 

Blog menghasilkan lalu lintas paling banyak ketika sering diperbarui dan menggunakan strategi SEO yang efektif. 

SEO membantu pemilik blog memilih kata kunci dan strategi yang membuat blog mereka mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari, sehingga pengunjung lebih mungkin menemukan halaman mereka. Ada banyak alat SEO gratis yang dapat digunakan blogger untuk memulai.

Beberapa monetisasi, seperti penempatan iklan dan penawaran produk dan layanan, dapat dimulai pada tahap awal sebuah blog. Bahkan jika sebuah blog baru saja dimulai, monetisasi dapat menghasilkan pendapatan untuk tampilan halaman atau pembelian produk skala kecil.

Blog sangat penting untuk meningkatkan peringkat organisasi di mesin pencari.

Masa depan blog

Blogging telah melihat banyak dari fitur-fiturnya yang pernah ditentukan dimasukkan oleh layanan dan aplikasi web lainnya. 

Kemampuan untuk berinteraksi dengan pemirsa melalui komentar, pembaruan langsung, dan vlog kini menjadi fitur yang ada di mana-mana di YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan situs media sosial lainnya.

Pertumbuhan podcast juga telah menggantikan prevalensi vlog. Layanan seperti Substack memungkinkan penulis mendapatkan bayaran untuk konten melalui langganan dan menarik penulis menjauh dari model blogging.

Namun, blogging tetap menjadi aktivitas populer bahkan setelah hampir 30 tahun. Tumblr, salah satu situs blogging paling populer, menampung lebih dari 550 juta blog. 

Blogging juga merupakan pilihan karier yang menggiurkan, dengan blog seperti HuffPost, Mashable, dan Gizmodo menikmati kesuksesan sebagai situs web populer.

Dan untuk bisnis yang menjual produk, blog tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan lalu lintas web, membangun otoritas di bidangnya, dan menarik pelanggan. Sebagian besar bisnis modern terus mencari keunggulan kompetitif melalui posting blog mereka.

Sumber: Technopedia, Techtarget

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Mendefinisikan Kembali Pengertian Blog dari Web Pribadi ke Marketing Bisnis

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *