December 10, 2022

Apakah Google Akan Menutup Blogger?

December 10, 2022

Google sudah menutup puluhan layanan gratisnya, seperti Picasa, Google Plus, dan terbaru Google Stadia yang akan resmi ditutup pada Januari 2023. Apakah Google juga akan menutup Blogger?

Apakah Google Akan Menutup Blogger?

Umumnya Google menghentikan layanannya karena tidak laku atau sepi pengguna. Nah, dalam setahun terakhir ini, menurut perkiraan CB, pengguna platform blog Blogger atau Blogspot menurun. Banyak narablog di Blogger yang berhenti ngeblog.

Lalu, apakah Google juga akan menutup Blogger? Jawabannya adalah tidak, jika penggunanya masih banyak. Setidaknya, dalam waktu dekat ini Google tidak akan menutup Blogger.

Ketika Google Plus dihentikan, seorang blogger mengontak CB melalui email. Ia mengungkapkan kekhawatirannya Google akan menutup Blogger, sedangkan ia menggunakan blog di Blogger untuk berbisnis atau jualan online.

Saat itu, CB jawab, belum ada tanda-tanda Google akan menutup Blogger. Namun, jika kemungkinan tetap ada. 

Hingga kini sudah ada puluhan layanan Google yang ditutup karena sepi pengguna alias tidak laku, termasuk platform media sosial Google Plus yang kalah bersaing dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan kini TikTok.

Blogger adalah platform penerbitan gratis, sedangkan BlogSpot adalah penyedia layanan domain gratis. Keduanya dimiliki oleh Google dan digunakan bersama di platform Blogger. 

Blogger dimulai tahun 1999, dan masih memiliki banyak pengguna tahun 2022. Banyak pelaku bisnis masih menggunakannya, dan menawarkan domain blogspot.com serta opsi untuk membeli domain khusus. 

Apakah Google Akan Menutup Blogger?

Akankah google menutup blogger seperti yang mereka lakukan dengan Google plus dan layanan gratis sebelumnya?

CB menemukan jawaban terbaik di laman Petunjuk. Jawabannya adalah tidak akan, setidaknya tidak ada tanda-tanda apalagi rencana Google akan menghentikan layananan Blogger.

Alasan utamanya, Blogger dirancang untuk memperluas konten di internet. Dengan menyediakan platform blog gratis ini, Google mendorong pengguna internet menjadi content creator.

Jadi, Blogger dirancang untuk memperluas konten di internet. Blogger merupakan misi jangka panjang bagi Google. Platform ini tidak sekadar menambah layanan baru, tetapi juga menstimulasi bisnis utama Google, terutama sebagai mesin pencari (search engine).

Begini logikanya:
  1. Google adalah mesin pencari
  2. Mesin pencari butuh konten
  3. Blogger menyediakan konten
Nah, jadi Google ingin mendorong pengguna internet untuk membuat konten sebanyak mungkin sebab mesin pencari sangat bergantung padanya. Blogger hadir untuk menjawab kebutuhan tantangan tersebut.

Keberadaan platform gratis serta kemudahan dalam menggunakannya mampu memperluas jangkauan konten yang ada di internet, dan tentu saja Google sangat senang akan hal tersebut.

Jika Google menutup blogger, berapa banyak situs web yang akan hilang? Jadi, apakah menurut Anda Google akan menutup Blogger suatu hari nanti? 

Kemungkinan itu ada. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda Google menutup layananan pembuatan website gratis ini.

Meski demikian, sebaiknya sih memang bikin juga blog di WordPress, baik blog WP Gratis maupun selfhosted. Buat jaga-jaga!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 comments on Apakah Google Akan Menutup Blogger?

  1. Bang nanti bakal buat template blogger lagi kah?, tapi yang gratis? Soalnya template di sini gg bang

    ReplyDelete
  2. Saya baru mulai terjun di dunia blogging

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *