December 27, 2022

Cara Transkrip Wawancara Tanpa Ngetik: Transkripsi Instan

December 27, 2022

 Cara Transkrip Wawancara Tanpa Ngetik: Transkripsi Instan


Teknologi komunikasi dan informasi kian canggih. Kini kita bisa transkrip atau menyalin suara menjadi teks tanpa harus ngetik. Berikut ini cara transkrip wawancara tanpa harus mengetik.

Dalam wawancara jurnalistik atau wawancara penelitian, biasanya kita menggunakan alat perekam suara (voice recorder) termasuk menggunakan ponsel. Setelah proses wawancara dilakukan, proses selanjutnya yaitu proses transkip atau menyalinnya menjadi tulisan.

Kini kita tidak perlu repot transkrip hasil wawancara dengan mendengarkan rekaman dan menyalinnya. Transkrip wawancara sekarang bisa tanpa harus mengetik.

Cara Transkrip Wawancara Tanpa Mengetik

1. Simpan rekaman wawancara di komputer

Proses ini memudahkan kita untuk memutar dan memberhentikan rekaman secara lebih bebas dan leluasa. Sebab jika menggunakan handphone bisa jadi ruang geraknya terbatas

2. Download Aplikasi Transkripsi Instan

Aplikasi Transkripsi Instan dapat didownload secara gratis di PlayStore.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah audio menjadi teks, sehingga kita tidak perlu repot mengetik hasil wawancara.

Anda dapat menggunakan Transkripsi Instan di perangkat Android Anda untuk merekam ucapan dan suara, lalu melihatnya sebagai teks di layar Anda.

3. Buka dan jalankan aplikasi

Dalam tahapan ini kita diharuskan mengulangi isi rekamana wawancara. Proses ini merupakan proses awal konversi suara menjadi teks.

4. Salin teks dalam aplikasi

Pada bagian ini, setelah suara berubah menjadi teks kita perlu menyalinnya secara berkala untuk kemudian dibuat dalam bentuk transkrip wawancara.

Demikian Cara Transkrip Wawancara Tanpa Harus Ngetik, yaitu menggunakan aplikasi Transkripsi Instan Google. Aplikasi Android ini menyalin audio ke layar ponsel Anda secara langsung saat “mendengarnya”.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Transkrip Wawancara Tanpa Ngetik: Transkripsi Instan

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *