January 10, 2023

Pengertian Ekosistem Digital dan Contohnya

January 10, 2023

Pengertian Ekosistem Digital  dan Contohnya

Di era digital, istilah yang menggunakan kata"digital" cukup banyak. Mulai dari media digital, TV digital, platform digital, teknologi digital, uang digital, agensi digital, hingga ekosistem digital. Postingan ini akan membahas pengertian ekosistem digital.

Ekosistem digital adalah sebuah kumpulan teknologi informasi yang saling terintegrasi dan terkait, yang dapat digunakan sebagai kesatuan yang utuh.

Sistem yang terbentuk kemudian dapat digunakan dan diisi oleh banyak pihak dalam bisnis, mulai dari pelanggan, pemasok, penyedia data, pihak pemerintah melalui dinas terkait, berbagai bentuk layanan dari bisnis lain, dan lain sebagainya.

Digital ecosystem terdiri dari pemasok, pelanggan, mitra dagang, aplikasi, penyedia layanan data pihak ketiga, dan seluruh teknologi yang berkaitan.

Pengertian Ekosistem Digital 

Pengertian ekosistem digital adalah sekelompok sumber daya teknologi informasi yang saling berhubungan yang dapat berfungsi sebagai satu kesatuan. 

Ekosistem digital terdiri dari pemasok, pelanggan, mitra dagang, aplikasi, penyedia layanan data pihak ketiga, dan semua teknologi terkait. Interoperabilitas adalah kunci keberhasilan ekosistem.

Ekosistem digital sering dibuat dan dikendalikan oleh pemimpin pangsa pasar; model ini berakar pada keiretsu dan dengan cepat memengaruhi perubahan di berbagai industri, termasuk produk konsumen, otomotif, dan perawatan kesehatan. 

Integrasi praktik bisnis-ke-bisnis (B2B), aplikasi perusahaan, dan data dalam suatu ekosistem memungkinkan organisasi untuk mengontrol teknologi baru dan lama, membangun proses otomatis di sekitarnya, dan mengembangkan bisnis mereka secara konsisten.

Pertumbuhan ekosistem organik yang tidak dikelola dapat berakibat fatal bagi bisnis. Penting saat membangun ekosistem untuk memastikan semua dependensi telah diidentifikasi dan dapat dikontrol. 

Peta Ekosistem Digital

Membuat peta ekosistem digital adalah kunci untuk membangun ekosistem yang kuat. Peta ekosistem digital adalah diagram visual dari semua alat dan platform digital yang digunakan dalam organisasi. Ini menggambarkan proses, bagaimana data ditransfer antar bagian ekosistem dan apakah prosesnya otomatis atau manual. 

Agar efektif, pemetaan juga harus mendokumentasikan sistem mana yang saat ini tidak terhubung atau dapat berbicara dan mentransfer data antara satu sama lain, serta siapa pengguna dari setiap sistem dan siapa yang bertanggung jawab untuk memeliharanya.

Cara Kerja Ekosistem Digital 

Kesulitan teknis, hukum, dan terkait bisnis yang ditemukan dalam ekosistem digital sangat signifikan. Orkestrasi layanan, pengiriman dan monetisasi, serta komunikasi pelanggan dan manajemen data (masing-masing CCM dan CDM) di seluruh ekosistem, adalah beberapa tantangan terbesar.

Alat untuk mengelola ekosistem dapat masuk dalam kategori berikut:
  • Alat manajemen proyek, seperti alat pengembangan perangkat lunak Agile, perangkat lunak manajemen tugas, dan sistem pelacakan masalah;
  • Aplikasi penelitian, termasuk penyimpanan dan visualisasi data, perpustakaan dan arsip sumber daya;
  • Alat keterlibatan, seperti pemasaran email, alat manajemen donor, dan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM);
  • Alat kolaborasi, termasuk email, berbagi file, perpesanan instan, dan konferensi video;
  • Platform publik, seperti situs web, aplikasi Seluler, dan saluran media sosial; dan
  • platform manajemen pengetahuan, seperti intranet dan wiki.

Demikian pengertian ekosistem digital dan contohnya. Pemahaman arti ekosistem digital dan istilah lainnya merupakan bagian dari literasi digital. (Sumber)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Pengertian Ekosistem Digital dan Contohnya

  1. Another great information, i like this kind of blog information really very nice and more new skills to develop after reading that post.
    web design in seattle

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *