January 7, 2023

3 Cara Mendapat Backlink Berkualitas untuk SEO Website

January 7, 2023

3 Cara Mendapat Backlink Berkualitas

BACKLINK
atau tautan balik merupakan salah satu faktor pemeringkat Google. Backlinking atau backlink building, dengan demikian, merupakan teknik SEO sangat penting setelah konten berkualitas.

Dalam pengoptimalan mesin telusur, backlink berkualitas mengacu pada backlink dofollow di dalam teks isi halaman di situs web berkualitas tinggi yang relevan dengan topik Anda yang mengarah ke halaman di situs web Anda. 

Tautan balik kualitas tertinggi menggunakan kata kunci yang relevan di dalam teks jangkar tautan. Backlink berkualitas juga alami --disebut natural backlink.

Bagaimana Cara Mendapat Backlink Berkualitas?

Bagaimana cara mendapat backlink berkualitas? Ada banyak cara! 

1. Konten Berkualitas

Beragam tips SEO dan berbagai algoritma Google selalu menempatkan konten sebagai fokus. Content is King akan terus berlaku.

Salah satu cara mendapatkan backlik berkualitas adalah Anda membuat konten berkualitas tinggi. Kemudian orang lain dengan suka rela memberi rekomendasi berupa link di konten mereka yang mengarah ke website Anda.

Cara ini luar biasa berat. Karena tidak semua orang mau melakukannya. Biasanya backlink gratis didapat situs-situs berita, website pemerintah, web kampus, atau website terkenal seperti Wikipedia.

2. Guest Posting 

Cara selanjutnya, Anda menjadi penulis tamu di blog atau website orang lain. Lalu kemudian, Anda menanamkan satu link yang mengarah ke website Anda.

Untuk cara ini, Anda perlu mencari website atau blog yang menerima posting tamu. Jika artikel Anda bagus, unik, mereka akan dengan senang hati menerima posting tamu.

3. Content Placement, Paid Post

Ini cara paling efektif mendapatkan backlink berkualitas dan legal! Anda "membeli backlink" dari penyedia jasa backlink profesional. Mereka biasanya memiliki sejumlah blog untuk jual backlink dengan cara content placement.

Content placement merupakan strategi membangun reputasi, pemasaran, sekaligus membangun backlink yang sangat penting dalam SEO website.

Saat ini, banyak lembaga atau perusahaan yang melaksanakan model promosi content placement. Targetnya para blogger dan/atau influencer.

Tidak seperti iklan display (banner) yang kurang disukai pengguna internet, content placement lebih ramah pengguna (user friendly) karena konsep penyajiannya berupa artikel sehingga tidak terkesan sebagai iklan.

Banyak perusahaan atau pemasang content placement bahkan tidak menyebut brand produk atau merekomendasikan pembaca agar membeli secara langsung.

Itu dia 3 Cara Mendapat Backlink Berkualitas. Jika Anda mencari cara lain, banyak pakar menyarankan strategi backlinking lain, namun lebih ke web bisnis. Untuk level blogger, apalagi pemula, tiga cara meraih tautan balik di atas harus diperjuangkan dulu.

Bagaimana dengan Komentar?

Komentar tidak akan memberikan backlink, namun ia membangun reputasi blog Anda. Tulis komentar yang relevan, panjang, menambah atau mengoreksi postingan yang ada, tidak sekadar "great post", apalagi sampai nyepam!

Dengan komentar yang baik, memiliki nilai tambah, pengunjung lain akan tertarik membuka profil Blogger Anda di mana daftar website Anda berada.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 3 Cara Mendapat Backlink Berkualitas untuk SEO Website

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *