January 24, 2023

SMM: Pengertian dan Strategi Pemasaran Media Sosial

January 24, 2023

Media sosial sejatinya adalah sarana pergaulan atau interaksi sosial untuk berteman dan berbagi informasi. Namun, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis: Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing). Berikut Pengertian dan Strategi Pemasaran Media Sosial.

SMM: Pengertian dan Strategi Pemasaran Media Sosial

Dalam blogging juga memanfaatkan media sosial. Selain untuk membagikan tautan (link), media sosial juga bagian dari strategi SEO, yaitu Social Media Optimization (SMO).

Karena hakikatnya bukan platform pemasaran, maka diperlukan strategi khusus dalam pemasaran di media sosial. Dasarnya orang tidak suka iklan. Bagaimana mengatasinya? Berikut ini pengetrian pemasaran media sosial dan strateginya untuk bisnis.

Pengertian Pemasaran Media Sosial

Seperti namanya, pemasaran media sosial adalah bentuk pemasaran produk atau jasa yang menggunakan media sosial. Pemasaran media sosial bagian dari pemasaran internet.

Beberapa aplikasi media sosial populer termasuk Meta (Facebook), Twitter, LinkedIn, YouTube, Pinterest, Instagram, TikTok, dan Snapchat. 

Platform media sosial ini memungkinkan pebisnis atau perusahaan untuk terhubung dengan audiens mereka untuk:
  • membangun merek;
  • meningkatkan penjualan;
  • mengarahkan lalu lintas kunjungan ke situs web; dan
  • membangun komunitas pengikut untuk berbagi dan terlibat dengan konten.
Dalam SMM, warganet adalah audiens. Pengguna medsos adalah penggemar, calon pelanggan, dan bahkan calon karyawan.

Jangan lupakan blog bisnis untuk menunjang strategi pemasaran medsos bisnis Anda.

5 Pilar Memasaran Media Sosial

Ada lima pilar pemasaran media sosial yang akan mengarah pada program yang sukses.

1. Strategi sosial

Dengan kampanye atau aktivitas pemasaran apa pun, strategi yang tepat harus ditata terlebih dahulu. Organisasi perlu menentukan tujuan program, saluran yang akan digunakan, dan jenis konten apa yang akan dibagikan. 

Berikut beberapa contohnya:

- Tentukan tujuan

Menggunakan media sosial untuk pemasaran harus selaras dengan bisnis dan tujuan program pemasaran lainnya. 

Beberapa sasaran yang dapat digunakan bisnis untuk mengukur keberhasilan antara lain meningkatkan kesadaran merek, mendorong lalu lintas dan prospek situs web, serta meningkatkan pendapatan.

- Pilih platform media sosial. 

Ada banyak platform sosial yang tersedia, tetapi tidak masuk akal bagi bisnis untuk menggunakan semuanya. Organisasi perlu mengetahui audiens mereka dan memilih platform yang paling sesuai dengan demografis mereka.

- KontenCampuran. 

Setiap platform sosial memiliki cita rasa unik untuk mendistribusikan konten -- termasuk video, citra, tautan, dan pesan langsung. Jadi, merek perlu mengidentifikasi konten mana yang kemungkinan besar akan diikuti oleh persona pemasaran mereka.

2. Perencanaan dan penerbitan

Setelah menetapkan strategi, sekarang saatnya untuk mulai menerbitkan. Ini bisa sesederhana memposting postingan blog baru, berbagi informasi tentang acara mendatang, atau memposting video produk baru. 

Tetapi konsisten adalah kunci dari program SMM yang efektif. Untuk membangun audiens, organisasi harus sering memposting ke halaman mereka. Memposting konten yang relevan secara konsisten akan membuat audiens kembali lagi.

Konten yang diposkan organisasi ke media sosial harus selaras dengan promosi pemasaran lainnya. 

3. Mendengarkan dan keterlibatan

Bisnis yang menciptakan aktivitas di platform sosial dapat melihat pertumbuhan interaksi dan percakapan tentang merek dan produk. 

Pengguna akan mengomentari dan membagikan kiriman, menandai perusahaan di kiriman mereka sendiri, dan bahkan mulai berkomunikasi melalui fungsi pesan instan. 

Jenis interaksi ini ideal karena ada pemberitahuan untuk memperingatkan manajer media sosial. Ini memungkinkan mereka untuk mempraktikkan layanan pelanggan yang baik, yang pada gilirannya meningkatkan pengalaman pelanggan.

Orang-orang di media sosial juga dapat mendiskusikan merek, produk, atau layanan tanpa menandai atau berbicara langsung dengan perusahaan. 

4. Analisis dan pelaporan

Semakin banyak konten yang diterbitkan dan pemirsa bertambah, merupakan ide bagus untuk terus mengukur kinerja. Pertanyaan yang harus diajukan antara lain sebagai berikut:
  • Pos mana yang mendapatkan keterlibatan paling banyak?
  • Dari mana asal pengikut merek?
Keberhasilan program pemasaran apa pun bergantung pada data dan output analitiknya. Tim pemasaran dapat menggunakan informasi inin untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang kampanye mendatang dan memanfaatkan apa yang berhasil.

Setiap platform sosial memiliki data analitiknya sendiri, tetapi ada alat lain yang dapat mengumpulkan data dari banyak saluran ke satu lokasi. Hal ini memungkinkan pemasar untuk mengevaluasi keseluruhan keberhasilan dan kegagalan kampanye pemasaran mereka.

5. Iklan

Sebagian besar pemasaran media sosial gratis -- dengan pengecualian waktu sumber daya dan alat khusus. Membangun audiens dan menerbitkan konten di situs media sosial gratis adalah cara yang bagus untuk mencapai tujuan pemasaran, tetapi seiring pertumbuhan program, anggaran juga meningkat.

Fitur pemasaran berbayar bisa sangat berharga bagi organisasi. Mereka dapat menargetkan iklan mereka pada audiens berdasarkan banyak faktor, termasuk informasi demografis, penargetan ulang, dan perilaku.

Ada alat untuk membantu mengelola pemasaran media sosial pada volume, tetapi menggunakan fungsi iklan asli untuk memulai sudah cukup untuk mempromosikan posting, menangkap prospek, dan memastikan pesan sampai ke audiens yang tepat.

Strategi pemasaran media sosial

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk membangun strategi pemasaran media sosial yang efektif:

1. Identifikasi tujuan 

Mulailah dengan menetapkan tujuan yang tidak hanya berfungsi sebagai panduan cara menggunakan media sosial, tetapi juga tolok ukur data untuk diukur. 

Contoh tujuan antara lain sebagai berikut:
  • meningkatkan pengunjung ke situs web
  • mendorong lebih banyak prospek
  • meningkatkan pendapatan
  • menumbuhkan audiens

2. Meneliti dan menentukan audiens target

Penting untuk mengetahui siapa target pasarnya, apa yang mereka pedulikan dan mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan perusahaan. 

Platform media sosial kaya dengan data tentang pengguna, sehingga latihan ini dapat dilakukan tanpa proyek riset pasar yang substansial. Mengetahui informasi demografis dan siapa yang mengikuti saluran sosial adalah titik awal yang bagus.

Penting juga untuk mengetahui bahwa platform yang berbeda menarik pengguna yang berbeda. 

Mengetahui saluran sosial apa yang menjadi target audiens perusahaan memungkinkan mereka memilih saluran mana yang akan menginvestasikan waktu dan sumber daya.

3. Lakukan penilaian kompetitif

Mengetahui apa yang dilakukan pesaing memungkinkan tim pemasaran untuk mengidentifikasi apa yang bekerja dengan baik dan apa yang tidak untuk persaingan. Ini memberikan wawasan industri serta peluang untuk membawa produk atau pesan ke pasar.

Alat pendengar sosial juga dapat membantu merek menyiapkan aliran pemantauan yang berbeda untuk konten kompetitif dan kata kunci industri.

4. Buat konten yang relevan

Mengetahui tujuan, audiens, dan lanskap kompetitif akan membantu menentukan jenis konten yang perlu dibuat merek. 

Konten yang menarik hadir dalam berbagai bentuk dan media. Itu bisa dibuat oleh perusahaan, dikurasi dari tempat lain untuk berbagi berita industri atau pemikiran kepemimpinan lainnya.

Bisnis harus sering menerbitkan konten dan konsisten untuk mengembangkan basis pengikut yang terlibat. Merek dapat memposting promosi untuk meningkatkan keterlibatan. Mereka juga dapat membuat postingan yang menunjukkan sisi yang lebih dapat diterima dan manusiawi bagi organisasi.

5. Tepat waktu dengan posting dan tanggapan

Memposting saat nyaman untuk bisnis tidak selalu nyaman bagi pelanggan. Memanfaatkan waktu terbaik untuk memposting keterlibatan adalah informasi yang dapat dikumpulkan dari analitik. 

Kemudian organisasi dapat menjadwalkan postingan sebelumnya menggunakan alat publikasi yang tersedia. Ketepatan waktu konten juga penting karena siklus berita bergerak cepat.

Elemen lain untuk tepat waktu di media sosial adalah waktu respons. Jika pelanggan terlibat dengan merek di media sosial, mereka juga mengharapkan balasan cepat. Sebuah merek dapat membangun otoritas dan rasa hormat dengan kliennya melalui hubungan satu lawan satu ini.

6. Dapatkan dukungan 

Departemen pemasaran perlu melibatkan departemen dan pemangku kepentingan lain dalam suatu organisasi. Pemasaran dapat belajar banyak dari penjualan untuk menginformasikan kampanye sosial di masa mendatang, tetapi penjualan juga dapat memanfaatkan jangkauan pemasaran. 

Penyelarasan penjualan dan pemasaran sangat bagus, tetapi dukungan pemangku kepentingan senior juga merupakan kebutuhan.

Mendukung upaya departemen lain adalah tanda umum dari program media sosial yang kuat. Setiap departemen dalam perusahaan dapat memperoleh manfaat dari dukungan sosial, tetapi SDM biasanya merupakan tempat terbaik berikutnya untuk bermitra. Media sosial bisa menjadi alat rekrutmen dan brand builder bagi calon karyawan.

7. Ukur dan optimalkan

Elemen terakhir dalam membangun program pemasaran media sosial yang sukses adalah mengukur apa yang berhasil dan apa yang tidak. 

Organisasi harus memantau hal-hal berikut:
  • postingan yang mendapatkan keterlibatan teratas;
  • pengikut yang terus membeli; dan
  • iklan yang menghasilkan ROI tertinggi.
  • Bisnis yang mendapat manfaat dari pemasaran media sosial
Organisasi yang meluncurkan kampanye pemasaran media sosial yang efektif akan melihat banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang dapat memanfaatkan program pemasaran media sosial:

Kesimpulan 

Pemasaran media sosial adalah alat yang hebat untuk bisnis kecil dan pemula. Ini adalah cara bagi bisnis baru untuk membangun kesadaran seputar penawaran mereka. 

Menggunakan media sosial untuk menjual produk dan layanan ke pasar baru bisa menjadi jalan masuk untuk membangun basis pelanggan.

Jika Anda ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk menjadi seseorang yang sedikit berbicara, namun lebih banyak mendengarkan.

Luangkan waktu untuk menemukan influencer online di pasar Anda yang memiliki pengikut yang berkualitas dan cenderung tertarik dengan produk, layanan, dan bisnis Anda. (Sumber)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on SMM: Pengertian dan Strategi Pemasaran Media Sosial

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *