June 10, 2024

Kenapa Blogger Menurun Sekarang?

June 10, 2024

Kenapa Blogger Menurun Sekarang?

Kenapa popularitas blog, blogger, atau blogging menurun sekarang? Berikut ini alasan mengapa blogging atau menjadi blogger tidak sepopuler 5-10 tahun silam.

Dulu mah, CB tiap hari buka dashboard blog ini dan "sibuk" publikasi dan jawab beragam komentar atau pertanyaan. Galeri Template CB juga dulu mah laris, banyak yang beli. Sekarang mah... sebulan sekali juga kagak!

Penghasilan dari blog juga menurun sangat drastis. Ini kali ya alasan utama banyak blogger berhenti ngeblog. Tapi mari kita bahasa kenapa popularitas dan jumlah blogger menurun sekarang?

Penyebab Blogger Menurun

Penurunan popularitas blogger dapat disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Pergeseran ke Media Sosial

Banyak orang lebih memilih platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook untuk berbagi konten. Platform ini menawarkan cara yang lebih cepat dan mudah untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan audiens.

2. Konten Video

Konten video semakin dominan dengan popularitas platform seperti YouTube dan TikTok. Video dianggap lebih menarik dan lebih mudah dikonsumsi dibandingkan teks.

3. Perubahan Algoritma Pencarian

Algoritma pencarian Google telah berubah untuk lebih mengutamakan konten yang lebih segar dan lebih relevan, sering kali mengurangi visibilitas blog tradisional.

4. Monetisasi dan Pendapatan

Influencer di media sosial dan YouTube seringkali dapat menghasilkan lebih banyak uang melalui sponsorship, iklan, dan donasi dibandingkan blogger tradisional yang mengandalkan iklan dan afiliasi.

5. Kemudahan Akses

Platform seperti Medium dan Substack menawarkan cara yang lebih mudah bagi penulis untuk menerbitkan dan memonetisasi konten mereka, dibandingkan dengan menjalankan blog sendiri yang memerlukan pemahaman teknis.

6. Perubahan Preferensi Pembaca

Pembaca modern cenderung mencari informasi yang cepat dan langsung. Blog yang panjang dan mendalam mungkin kurang menarik dibandingkan dengan konten singkat di media sosial atau video yang langsung pada intinya.

7. Persaingan

Jumlah blog di internet sangat banyak, dan menonjol di tengah lautan konten yang begitu besar menjadi semakin sulit.

8. Tren Baru

Setiap generasi membawa tren dan preferensi baru. Saat ini, generasi muda lebih cenderung mengkonsumsi konten di platform yang lebih visual dan interaktif.

Meskipun demikian, blog masih memiliki tempat dan relevansi dalam niche tertentu, terutama bagi mereka yang mencari informasi mendalam dan analisis yang lebih rinci.

Itu dia jawaban Chat GPT ketika CB tanya "Kenapa blogger menurun sekarang?" Tentu, CB edit ya.

Jadi, blogging tidak mati. Faktanya, menurut banyak sumber, blogging berkembang pesat pada tahun 2024 dan tetap menjadi saluran pemasaran konten yang relevan dan menguntungkan di masa mendatang.  Yang masing ngeblog, Good Luck and Happy Blogging!

Newest
You are reading the newest post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Kenapa Blogger Menurun Sekarang?

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *