Home » » 10 Alasan Anda Harus Tetap Ngeblog (Manfaat Blogging)

10 Alasan Anda Harus Tetap Ngeblog (Manfaat Blogging)

Manfaat Blogging
BANYAK orang lebih memilih aktif di media sosial ketimbang di blog. Tidak salah, namun jika dilengkapi dengan ngeblog (blogging), alangkah jauh lebih baik dan menguntungkan.

Di media sosial mungkin kita hanya dapat jempol (like) dan komentar --itu pun kalo status updatenya bagus. Jualan di media sosial memang menguntungkan juga, namun jika terlalu sering promosi, kita bisa kehilangan teman (unfriend) dan follower (unfollow).

Maka, blogging adalah cara terbaik ekspresi, berbagi, dan bisnis online. Konten blog tetap masih bisa dishare di media sosial dan akan lebih bagus hasilnya.

10 Alasan Anda Harus Tetap Ngeblog (Manfaat Blogging)

Berikut ini 10 manfaat ngeblog sebagaimana dikutip dari Hongkiat.

1. Blog adalah Resume Real Time
Blog mengenalkan siapa Anda dan apa pengetahuan & keahlian yang Anda. Blog mengatakan kepada publik tentang apa yang Anda lakukan, apa yang Anda pahami dan kuasai.

Bisa jadi, seperti sudah banyak terjadi, Anda mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai hasil blogging.

Sebaliknya, orang juga jadi tahu kualitas Anda, jika posting atau konten blog Anda kebanyakan copy paste, plagiat, alias tidak orisinal. Intinya, blog Anda adalah siapa Anda.

2. Blog Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas
Perusahaan dan individu gencar melakukan branding, promosi. Blogging adalah metode atau cara termudah melakukan promosi, pencitraan, atau branding.

3. Blog Membuat Networking Jadi Lebih Mudah
Blog membangun hubungan baru, mendatangkan potensi konsumen dan klien, juga teman dan jaringan baru. Yang tidak saling kenal di dunia nyata, jadi berteman di dunia maya.

4. Blog Cara Bagus Menemukan Klien.
Blog adalah sarana bisnis online dan media internet marketing. Jika Anda mengisi blog tentang tips, trik, tutorial tentang sesuatu, maka akan banyak yang minta bantuan Anda, bahkan menyewa Anda atau mengundang Anda sebagai trainer atau konsultan.

5. Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan.
Kita bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan (passive income). Dengan blog, kita bisa menjadi publisher Google Adsense, mengikuti program afiliasi (affiliate marketing), juga menjual produk dan jasa.

Baca juga:

6. Blog Menjadikan Anda Komunikator yang Lebih Baik
It Makes You A Better Communicator. Ngeblog itu mengasah keterampilan komunikasi, khususnya komunikasi tulisan --menulis. Blogging membuat Anda menjadi penulis yang baik. Keterampilan menulis kita akan terasah dengan baik.

Menulis tiap hari adalah rahasia penulis yang baik --What makes a good writer is that they write daily.

7. Blog Mengubah Anda Jadi Guru
Posting blog menyampaikan informasi sekaligus mendidik pembaca. Saat menulis, Anda mengerahkan semua pengetahuan dan dengan begitu Anda menjadi guru bagi banyak orang.

8. Blog Membuat Anda Belajar Hal Baru
Banyak hal baru yang akan Anda dapatkan dengan ngeblog. Bukan saja teman baru, wawasan baru, tapi juga Anda akan belajar marketing, SEO, riset kata kunci, desain dasae web dan grafis, dan sebagainya.

9.  It Helps You Strengthen Your Mind
Blogging merupakan cara hebat untuk bisa mengorganisasikan pikiran. Dengan menulis reguler, Anda melatih diri sendiri untuk menyampaikan pesan secara jelas, lengkap, dan terstruktur --layaknya komunikator profesional.

10. Blog Itu Mudah
It’s Easy! Yang Anda butuhkan untuk blogging adalah niat, kemauan. Soal mengisi atau menulis postingnya, akan terlatih dengan sendirinya. (Baca: Cara Membuat Blog)

Membuat blog itu seperti membuat akun email atau akun media sosial. Asalkan rajin "coba-coba", trial and error, lambat-laun Anda akan terbiasa dan... bisa! Dari newbie menjadi mastah.

Mulai saja konten blog Anda dengan menceritakan apa hobi Anda dan mengapa. Fokus pada bidang atau topik (niche blog) yang sesuai dengan minat, bakat, dan wawasan pengetahuan Anda. Yang paling mudah, awali dengan hobi. Setiap orang punya kesukaan, bukan?

Demikian 10 alasan Anda harus ngeblog, merujuk pada betapa besar manfaat atau keuntungan blogging di era internet sekarang ini. Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

*** Untuk Pemula: Panduan Lengkap Membuat Blog SEO Friendly

Thanks for reading & sharing 10 Alasan Anda Harus Tetap Ngeblog (Manfaat Blogging)

Previous
« Prev Post

4 comments:

Comment Page:
  1. tks gan,sangat menarik dan bagus sekali blog nya

    ReplyDelete
  2. sorry mas bro kalo ane keluar topik, tapi ane lagi galau nih sama kegiatan ngeblog ane. Jadi gini, ane udah lumayan sering ngepost artikel di blog ane dan ternyata baru sekarang ini ane sadar kalo artikel ane ga ke indeks sama google. .
    Gimana ya cara memperbaikinya?
    Soalnya sebelumnya ane cuma ngepost dan submit artkel ke webmaster google-bing-yandex. . submit sitemap juga udah tapi kenapa ga keindeks ya??
    Mohon bantuannya mas bro

    ReplyDelete
  3. Halo gan,saya lagi galau mikirin SEO blog saya.
    kalo ada yang berbaik hati tolong bantuin saya cariin solusinya ya.
    saya uda cari kesana sini tapi toh juga ga ada hasilnnya.
    kalo ada yang berbaik hati bisa chat via email.

    ( watasnurat@gmail.com) << itu alamat email saya.
    aktif kok tiap hari. saya berharap anda2 sekalian bisa memberikan solusinya.thanks.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox