Home » » Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly

Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly

seo user mobile friendly blog
Arti, Makna, atau Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly (Responsive) Blog.

SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly (Responsive) adalah istilah sangat penting dalam dunia blogging.

Karenanya, tiga istilah ini --SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly alias Responsive-- sangat familiar di dunia blogging atau media online (website).

Ketiganya terkait dengan Template dan Posting. Template blog kita harus SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly. Contohnya bisa dilihat di Galeri Template.

Posting blog kita harus SEO Friendly dan User Friendly --Mobile Friendly (Responsive) otomatis mengikuti template yang digunakan. Lihat: 7 Ciri Posting SEO Friendly.

Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly

Lalu, apa sebenarnya pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly (Responsive)? Berikut ini penjelasan ringkasnya.

Pengertian SEO Friendly

Istilah lainnya: SEO Optimized dan SEO Ready. Dalam bahasa Indonesia, SEO Friendly diterjemahkan sebagai Ramah Mesin Pencari atau Ramah Mesin Telusur.

SEO Friendly terdiri dari dua kata, SEO dan Friendly.

  • SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari, yaitu tips, trik, atau teknik pengoptimalan agar blog mudah dan cepat terindeks mesin pencari, khususnya Google, dan tampil di halaman depan hasil pencarian (SERP).
  • Friendly artinya ramah, bersahabat, persabahatan. Fans sepakbola sudah akrab dengan istilah Friendly Match (Pertandingan Persahabatan).

Jika blog kita seo friendly, maka akan banyak muncul di halaman pertama hasil pencarian. Jika blog atau posting muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka potensi kunjungan sangat besar. Blog akan banyak dibuka atau dibaca pengguna internet.

Jadi, SEO Friendly arti praktisnya adalah mudah dan cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya sehingga mudah ditemukan dan banyak dikunjungi pembaca.

Kita bisa menguji ke-seo-an blog kita di Chkme.

Pengertian User Friendly

User Friendly artinya ramah pengguna, yakni mudah dipindai (scannable), enak dibaca atau mudah dibaca (readable), dan mudah dimengerti. User Friendly juga berarti mudah digunakan atau memudahkan pengunjung blog.

Blog user friendly memudahkan pengguna untuk mencari informasi, termasuk memasang Kotak Pencarian serta memasang widget posting terbaru, posting terpopuler, related post, random post, dan next-previous post.

User Friendly juga berarti membuat nyaman mata pengunjung saat membaca tulisan kita. Selengkapnya: Cara Membuat Posting User Friendly.

Pengertian Mobile Friendly (Responsive) 

Istilah lainnya: Adaptif (Adaptive). Mobile Friendly artinya ramah mobil, yaitu mudah diakses atau dibuka di perangkat mobile (HP/Smartphone dan Tablet) dan tampilan blog bisa menyesuaikan (adaptif) dan merespons (responsive) ukuran layar HP.

Blogger sudah menyediakan settingan tampilan Mobile di menu Template. Namun, banyak pula template blog responsive. Template yang didesain 2013 hingga 2016 dan ke depan umumnya sudah didesain responsive.

Google mewajibkan semua blog atau website ramah mobile dengan Algoritma MobileGeddon. Google juga menyiapkan laman khusus Pengujian Situs Mobile-Friendly.

Demikian sekilas ulasan tentang Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly (Responsive).

Baca juga:

  1. Pengertian Newbie dan Mastah
  2. Pengertian Platform dan Niche Blog
Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Pengertian SEO Friendly, User Friendly, dan Mobile Friendly

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox