5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog

5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog
Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas - Trik SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Blog.

CB pernah menulis posting tentang backlink tidak lagi penting karena Google dikabarkan tengah mempertimbangkan algoritma baru bernama Knowledge-Based Trust (KBT), yaitu dasar pemeringkatan situs web berdasarkan keakuratan informasi (accuracy of information).

Ternyata, backlink (tautan balik, pranala balik) alias incoming link (link masuk) atau inbound link masih penting bagi SEO blog, namun backlink yang berkualitas (quality backlink).

Backlink dari situs atau blog yang tidak berkualitas, atau backlink yang didapat secara ilegal (melanggar aturan) akan diabaikan, bahkan membuat blog kita kena penalti Google. 

Algoritma terbaru Google, Fred Update, bahkan sudah memakan banyak korban. Banyak situs atau blog kehilangan trafik atau pengunjung secara drastis akibat kebanyakan backlink tidak berkualitas atau didapat secara ilegal dan tidak natural (alami).

Anda bisa menyangkal tautan balik jika blog Anda kebanyakan link tidak berkualitas.

Pengertian dan Fungsi Backlink

Backlink adalah tautan atau link berisi alamat blog atau url/link postingan blog kita yang ada di blog atau situs web orang lain.

Fungsi backlink adalah meningkatkan popularitas dan integritas blog. Jumlah backlink yang disahkan Google akan meningkatkan kualitas Pengoptimalan Mesin Pencari (Search Enginze Optimization/SEO) dan peringkat di Halaman Hasil Pencarian (Seacrh Engine Result Page/SERP) blog kita dan meningkatkan jumlah visitor (pengunjung).

Mesin Pencari (Search Engine) sering menggunakan jumlah backlink yang memiliki sebuah situs web sebagai salah satu faktor terpenting untuk menentukan bahwa situs web mesin pencari peringkat, popularitas, dan penting.

Cara membuat atau mencari backlik disebut linkbaiting. Salah satu metode linkbaiting adalah berkomentar di blog orang lain sambil meninggalkan link, namun teknik ini sudah usang dan terkendala script dofollow di kode kolom komentar dan script anti-komentar spam.

Pengertian Backlink Berkualitas

Backlink Berkulitas (Quality Baclink) adalah tautan balik yang alami, dari situs trafik tinggi, dari website ternama, dan ada dalam postingan (artikel).

Selengkapnya, ciri-ciri backlink berkualitas, menurut berbagai sumber a.l. dari Cognitive SEO, adalah sebagai berikut:
  1. Relevan. Berasal dari blog atau postingan dengan topik (blog niche) yang relevan atau mirip bahkan sama dengan niche blog kita.
  2. Contextual Links. Tautan Kontekstual adalah links yang berada di dalam konten atau postingan (artikel). Link yang ada dalam tulisan biasanya relevan dengan isi artikel atau topik yang ditulis. 
  3. Authority. Backlink yang berasal dari domain dengan PageRank (PR) tinggi. Karena PageRank sudah tidak update lagi sejak 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Situs lembaga, instansi, populer, situs berita, ekstensi domain co.id atau or.id tergolong ber-DA dan PA tinggi. 
  4. Domain Lama Trafik Tinggi. Link yang berasal dari blog atau situs yang sudah lama ada, berusia setahun ke atas, populer dan banyak pengunjung. Link yang berada di website dengan trafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih bagus daripada links yang berada di website dengan trafik rendah.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Kita sudah paham pengertian backlink dan maksud backlink berkualitas. Kini saatnya membahas cara mendapatkan backlink berkualitas itu.

Berikut ini CB bahas lima saja tentang cara mendapatkan incoming link berkualitas, agar mudah bagi blogger pemula.

Lima cara ini pun butuh perjuangan, keseriusan, ketekunan, kesabaran, karena kunci sukses blogging memang kerja keras, ketekunan, dan kesabaran.

Selengkapnya bisa disimak di 15 Way to Get Quality Backlinks atau yang lebih banyak lagi di Top 50 Way to Build Quality Backlinks.

1. Profil Media Sosial.

Buatlah akun media sosial --Facebook, Twitter, Instagram, Path, Flickr-- dan lengkapi profil Anda dengan alamat blog/website. 

2. Situs Berbagi Dokumen.

Manfaatkan situs-situs tempat berbagi dokumen, seperti SlideShare, Scribd, Box, 4Shared, Media Fire, dan masih banyak lagi. Silakan Googling dengan kata kunci "Dofollow High PR Document Sharing Sites" untuk menemukan situs berbagi file yang dofollow.

3. Guest Blogging.

Guest Blogging adalah menulis di blog orang lain. Beberapa blogger sudah melakukannya di blog CB ini, dalam bahasa Inggris. Cek saja Guest Post.

4. Konten Unik.

Ini tips lama Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog, yaitu menulis konten unik yang membuat blogger lain mengutip bahkan copas dan mencantumkan linknya.

Memang, seperti dialami CB Blogger, banyak blogger yang copas atau "nyontek" postingan blog tanpa menyebutkan atau mencatumkan linknya.

5. Memanfaatkan Forum dan Platform Blog Lain.

Ini juga tips lama Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog, yaitu aktif d forum-forum online, seperti Kaskus, Yahoo Answer, Digital Point, dll.

Kita juga bisa memanfaatkan platform blog gratis selain Blogger, seperti WordPress.com, Blog.com, Livejournal.com, Tumblr.com, dan lain-lain dan menyimpan link blog kita, misalnya di halaman About atau di postingan.

Demikian 5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog. Lima cara di atas jauh lebih baik ketimbang blogwalking dan menebar komentar spam seperti yang dilakukan para penjual obat dan pelaku judi online.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Tips SEO
0 Komentar untuk "5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO Blog"

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *