March 8, 2022

Pengertian CPC, CPM, dan CPA dalam Iklan di Website/Blog

March 8, 2022

Pengertian CPC, CPM, dan CPA dalam Iklan di Website/Blog


POSTINGAN pengertian CPC, CPM, dan CPA dalam iklan di website atau blog ini CB bikin setelah mendapatkan email berisi "Can you work on a CPM basis?" Apakah Anda menerima iklan CPM?

Sebagai blogger kita harus pahami istilah-istilah periklanan ini. Istilah ini juga berlaku di Google AdSense

Berikut ini penjelasan CPC, CPM, dan CPA yang harus kita pahami. CB sadur dari laman Investopedia

Pengertian CPM

Apa itu CPM?

CPM adalah singkatan dari Cost Per Mille. Disebut juga Cost Per Impression, Cost Per Thousand, atau Biaya Per Seribu (BPS).

Jadi, CPM adalah istilah pemasaran atau periklanan online yang digunakan untuk menunjukkan harga 1.000 tayangan iklan pada satu halaman web. 

Jika penerbit situs web mengenakan biaya CPM $2,00, itu berarti pengiklan harus membayar $2,00 untuk setiap 1.000 tayangan iklannya. Huruf "M" dalam CPM mewakili kata "mille", yang merupakan bahasa Latin untuk "ribuan".

Tayangan adalah metrik yang menghitung jumlah tampilan iklan atau keterlibatan pemirsa yang diterima iklan.

Kerugian menggunakan CPM termasuk salah menghitung tayangan karena tampilan duplikat, iklan yang gagal dimuat, dan penipuan iklan.

Pengertian CPC

CPC adalah singkatan dari Cost Per Click atau Biaya Per Klik (BPK). Istilah ini mirip Pay Per Click (PPC).

CPC adalah model pendapatan iklan online yang digunakan situs web untuk menagih pengiklan berdasarkan berapa kali pengunjung mengklik iklan bergambar yang dilampirkan ke situs mereka.

Dalam model PPC, situs web menagih pengiklan berdasarkan biaya per klik yang merupakan model pendapatan iklan online. Pengiklan membayar berdasarkan jumlah klik dari pengunjung.

Penerbit konten sering menggunakan perusahaan pihak ketiga untuk membuat kecocokan dengan pengiklan. Platform Google AdSense adalah salah satu yang terbesar dari jenisnya. 

Bagi penayang iklan Google di blognya, makin banyak AdSense yang diklik, makin banyak pula komisi dari AdSense.

Pengertian CPA

CPA adalah singkatan dari Cost Per Acquisition atau Cost Per Action. Bahasa Indonesianya: Biaya Per Akuisisi (BPA).

CPA adalah di mana pengiklan hanya membayar setiap kali pengunjung situs web melakukan pembelian setelah mengklik iklan.

Biaya Per Akuisisi adalah metrik pemasaran yang mengukur biaya agregat untuk memperoleh satu pelanggan yang membayar pada tingkat kampanye atau saluran. 

CPA adalah ukuran penting keberhasilan pemasaran, umumnya dibedakan dari Cost of Acquiring Customer (CAC) dengan aplikasi granularnya.

CPA rata-rata dihitung dengan membagi total biaya konversi dengan jumlah total konversi. Misalnya, jika iklan Anda menerima 2 konversi, satu seharga $2,00 dan satunya lagi seharga $4,00, BPA rata-rata Anda untuk konversi tersebut adalah $3,00.

CPM, CPC dan CPA

Itu dia pengertian CPM, CPC, dan CPA. Iklan adalah sumber utama pendapatan blogger dan situs berita, sebagaimana media pada umumnya.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian CPC, CPM, dan CPA dalam Iklan di Website/Blog

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *